Sukses


Fakta-Fakta Unik Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Irak di AFC U-23 Asian Cup: Gol Membelah Lautan Ivar Jenner Belum Cukup Menolong Garuda Muda!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 harus mengakui kekalahan dari Irak pada babak perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (2/5/2024) malam WIB itu, Timnas Indonesia U-23 dipaksa mengakui keunggulan Irak U-23 setelah ditekuk dengan skor 1-2.

Timnas Indonesia U-23 sanggup membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-19. Sepakan keras Ivar Jenner dari luar kotak penalti sempat melambungkan harapan timnya karena unggul 1-0.

Namun, Irak sukses membalas dua gol lewat Zaid Tahseen (27’) dan Ali Jasim (96’). Sepanjang pertandingan, Garuda Muda memang kalah jumlah peluang. Berikut Bola.com menyajikan rapor para pemain Timnas Indonesia U-23.

Hasil ini membuat Irak lolos ke Olimpiade 2024, sementar Indonesia harus melakoni play-off melawan Guniea. Berikut ini fakta-fakta menarik dari duel Irak versus Timnas Indonesia U-23 yang dirangkum Bola.com.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Gol Roket Jenner

Timnas Indonesia U-23 membuka keunggulannya atas Irak. Tendangan roker Ivar Jenner dari luar kotak penalti, menjebol gawang Irak yang dikawal Hussein Hasan Amoyed Rasetim pada menit ke-19.

Gol berawal dari bola muntah yang diblok oleh para pemain Irak di kotak penalti. Bola liar di luar kotak penalti, tanpa ampun ditendang Ivar Jenner dan masuk ke gawang Irak tanpa bisa dihalau kiper.

3 dari 5 halaman

Save Ciamik Nathan

Fakta unik berikutnya adalah aksi memukau gelandang jangkar Timnas Indonesia U-23, Nathan Tjoe-A-On. Ia menyelematkan gawang tim Merah-Putih dari kebobolan.

Tepatnya pada menit ke-72, gawang Timnas Indonesia U-23 hampir saja jebol untuk kedua kalinya. Beruntung, Nathan Tjoe-A-On menjadi pahlawannya.

Berawal dari sebuah serangan balik cepat Irak dari lini tengah dengan memberikan bola daerah kepada Nihad Mohammed Owaid Watifi. Sang pemain Irak berlari cepat bahkan melewati lajut Pratama Arhan dan kiper Ernando Ari.

Bola sontekan kaki kirinya mengarah ke gawang. Namun Nathan berlari lebih cepat dan membuang bola yang bergulir menuju gawang Timnas Indonesia U-23, diakhiri dengan sambi bergelantungan di jala gawang

4 dari 5 halaman

Ali Jassim Menyala

Bintang Irak, Ali Jassim memastikan kemenangan timnya melalui gol pada extra time, tepatnya di menit ke-96. Pemain bernomor punggung 7 itu tak menyia-nyiakan kesalahan Justin Hubner untuk menaklukkan Ernando Ari dengan tembakan ke pojok gawang.

Skor 2-1 bertahan hingga laga usai, dan Irak berpesta atas keberhasilannya lolos otomatis ke Olimpiade 2024. Gol ke gawang Indonesia merupakan koleksinya yang keempat di turnamen ini dan menjadi pencetak gol terbanyak sementara.

5 dari 5 halaman

Sering Main 120 Menit

Timnas Indonesia U-23 untuk kedua kalinya bermain selama lebih dari 120 menit setiap pertandingannya. Sebelumnya, pasukan Shin Tae-yong menempuh laga 120 menit plus adu penalti saat melawan Korea Selatan di perempat final.

Hasilnya saat itu adalah Indonesia menang 11-10. Kemudian baru saja terjadi saat mengakui keunggula Irak, melalui gol penentu dari Ali Jassim pada babak perpanjangan waktu yang pertama.

Video Populer

Foto Populer