Sukses


Liga Inggris: Bisa Apa Liverpool Tanpa Virgil Van Dijk?

Bola.com, Liverpool - Liverpool membagikan kabar buruk yang bisa mengancam harapan mempertahankan gelar Liga Inggris musim ini. Sang kapten dan bek tengah paling tangguh, Virgil van Dijk, dipastikan cedera panjang.

Virgil Van Dijk diserang cedera pada duel imbang Liverpool di kandang Everton (2-2) akhir pekan lalu. Dia dihantam Jordan Pickford di kotak terlarang. Hantaman Pickford ternyata fatal, Van Dijk mengerang kesakitan.

Saat itu, di lapangan, tayangan ulang menunjukkan bahwa hantaman Pickford mengenai titik yang riskan. Lalu Senin (19/10/2020) dini hari WIB tadi, pihak Liverpool akhirnya merilis pengumuman resmi.

Van Dijk dikonfirmasi menderita cedera anterior cruciate ligament (ACL). Ini merupakan salah satu cedera paling fatal bagi pesepak bola, yang memaksa pemain menepi sampai beberapa bulan.

Musim lalu Liverpool berhasil mewujudkan mimpi menjuarai Premier League. Sebagian karena sosok sang pelatih, Jurgen Klopp. Sebagian karena trio penyerang, dan sebagian lain karena Van Dijk.

Ya, Van Dijk tampil tangguh pada jantung pertahanan Liverpool. Dia tidak hanya tangguh menghalau serangan lawan, perannya lebih dari itu.

Van Dijk adalah pemain yang menularkan kepercayaan diri pada barisan pertahanan The Reds. Kehadirannya di lapangan saja sudah cukup mendongkrak performa keseluruhan tim, lini belakang percaya diri, lini depan bisa menyerang dengan tenang.

Sejak tiba di Anfield pada Januari 2018 lalu, Van Dijk bahkan tidak pernah dicadangkan. Dia pemain yang tak tergantikan, ngotot tampil meski harus menahan nyeri.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Liverpool Bukan Favorit Utama Lagi

Absennya Virgil Van Dijk selama beberapa bulan diyakini akan mengubah peta persaingan merebut trofi Liga Inggris musim ini. Liverpool sebelumnya jadi favorit, sekarang tidak terlalu.

Sulit menebak siapa yang bakal jadi juara musim 2020/21 ini, hampir semua tim tampil inkonsisten, bahkan Manchester City. Absennya Van Dijk diyakini mengurangi sebagian besar kekuatan Liverpool.

Sebagaimana disampaikan oleh mantan pemain Liverpool, Jamie Carragher. Dia mengajukan pertanyaan besar, bisakah Liverpool mempertahankan gelar?

"Ya, saya kira pertanyaan besarnya sekarang adalah, apakah Liverpool bisa menjuarai liga tanpa Van Dijk di sana?" buka Carragher.

Masih ada dua bulan sebelum akhir tahun 2020. Paling tidak selama itulah Liverpool harus bertahan sebelum mencoba mencari solusi di bursa transfer Januari, yakni dengan mencari bek tengah baru.

"Saya kira ini [cedera Van Dijk] membuat persaingan gelar juara semakin terbuka, sungguh," lanjut Carragher.

 

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 19/20/2020)

Video Populer

Foto Populer