Sukses


Liga Inggris: Keuangan Lagi Blangsak, Liverpool Ogah Ikut-ikutan Buru Erling Haaland

Bola.com, Jakarta - Pemilik Liverpool, Fenway Sports Group (FSG), lebih mementingkan neraca keuangan tim ketimbang trofi. Oleh karena itu, sang juara bertahan Premier League diragukan bakal merekrut Erling Braut Haaland pada musim panas nanti.

Belakangan ini, Liverpool sering terlihat terjun ke bursa transfer dalam kondisi perut terikat kencang. Mereka nampak berhati-hati saat mengeluarkan uang dan hanya akan merogoh kocek dalam-dalam untuk pemain yang benar-benar dibutuhkan.

Contoh yang paling jelas terlihat pada bursa transfer musim panas 2019-2020 lalu. Mereka hanya mengeluarkan uang 10,4 juta euro saja! Di mana pembelian termahalnya adalah Takumi Minamino yang direkrut dari RB Salzburg sebesar 8,5 juta euro.

Pada musim ini, mereka mengeluarkan dana sebesar 82,6 juta euro. Diogo Jota menjadi pembelian terbesar mereka saat itu, di mana the Reds harus menggelontorkan dana senilai 44,7 juta euro untuk diserahkan kepada Wolverhampton.

Mengingat situasi pandemi belum berakhir, Liverpool nampaknya akan lebih berhati-hati dalam membelanjakan uangnya di bursa transfer. Toh, seperti klaim Kevin Maguire yang dikenal sebagai pakar sepak bola Inggris, pemilik Liverpool tidak mengutamakan gelar.

Maguire menjelaskan kalau Liverpool tidak tertarik untuk ikutan terjun dalam perburuan tanda tangan Erling Haaland seperti klub-klub raksasa Eropa lainnya. Padahal, kalau punya Haaland, the Reds mungkin bisa meraih treble musim depan.

"Liverpool akan menganggap itu sebagai rintangan karena sang pemilik FSG lebih tertarik dengan hasil akhir perhitungan uang ketimbang trofi," ungkapnya kepada The Athletic.

2 dari 4 halaman

Financial Fair Play

Maguire mengungkapkan bahwa biaya mendatangkan Haaland pada musim panas tahun ini bisa mencapai 400 juta pounds, sudah termasuk kontrak berdurasi lima tahun. Dari penilaiannya, hanya ada tiga klub Inggris yang bisa membawanya pergi dari Borussia Dortmund.

"Apakah Chelsea secara fisik bisa membelinya? Jawabannya iya. Selalu ada momok Financial Fair Play yang harus dipertimbangkan, tetapi kami tidak tahu ke mana arahnya," tambah Maguire.

"Kami tahu Roman Abramovich memiliki uang jika memang ingin melakukannya. Chelsea dan Manchester City adalah dua klub yang bisa membelinya secara teori. Manchester United juga demikian."

Bahkan, Tottenham pun diklaim mampu mendatangkan Haaland. "Namun mereka takkan melakukannya, tentu saja. Namun tagihan gaji mereka berada di belakang rekan-rekannya tersebut," tutup Maguire.

Sumber asli: The Athletic

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, Published 14/4/2021)

3 dari 4 halaman

Yuk, intip posisi Liverpool di klasemen Premier League

4 dari 4 halaman

Video

Fans Manchester United Mana Suaranya? Edinson Cavani Perpanjang Kontrak 1 Tahun

Video Populer

Foto Populer