Sukses


3 Faktor yang Bisa Gagalkan Arsenal Juara Liga Inggris Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Arsenal seperti raksasa yang telah bangkit dari tidur panjangnya. Kemenangan demi kemenangan diraih, meningkatkan peluang untuk mengakhiri rentetan hasil impresif dengan gelar juara Liga Inggris 2022/2023. Tetapi, apakah perjalanan mereka bakal mulus sampai tuntas?

Alih-alih hanya mempertahankan posisi empat besar, yang otomastis membawa The Gunners kembali melenggang ke zona Liga Champions, Mikel Arteta justru berpeluang besar untuk mengakhiri musim ini dengan trofi juara Liga Inggris.

Sir Alex Ferguson terkenal dengan ucapannya soal persaingan menuju tangga juara. Ia mengatakan kalau belum masuk periode Februari atau Maret, haram hukumnya membicarakan peluang jadi kampiun. Kebetulan Februari sudah dekat, dan Arteta tentu sudah bisa melihat peta persaingan menuju puncak.

Meski saat ini memimpin atas rival terdekat, Man City, segala kemungkinan masih sangat bisa terjadi. Arsenal bisa kapan saja terpeleset dan kehilangan posisi terdepan di klasemen Liga Inggris.

Lantas, apa saja faktor yang bisa menggagalkan Arsenal meraih gelar juara Liga Inggris 2022/2023?

 

2 dari 5 halaman

Dihajar Serangkaian Jadwal Sulit

Februari bisa jadi menentukan langkah Arsenal. Meskipun sukses menekuk Manchester United, jadwal pada bulan kedua tahun ini akan sangat menguji konsistensi The Gunners.

Everton akan jadi lawan tricky buat Arsenal. Kemudian ada Brentford yang musim ini menunjukkan pada kita semua bahwa mereka bukanlah tim enteng.

Pertandingan menghadapi Man City sangat mungkin mengubah posisi teratas Liga Inggris. Apalagi berikutnya Arsenal akan bertandang ke markas Aston Villa dan Leicester.

Jika meraih hasil buruk melawan Man City, kemudian mental mereka terganggu pada dua pertandingan berikutnya, Arsenal bisa kehilangan momentum. Belum lagi Liga Europa akan kembali digulirkan, yang membuat Arteta praktis bakal terpecah konsentrasinya.

 

3 dari 5 halaman

Erling Haaland dan Ruben Dias Kunci Konsistensi Man City

Gary Neville mengatakan kepada Sky Sports setelah pertandingan keyakinannya bahwa Manchester City asuhan Pep Guardiola akan kembali menemukan konsistensinya. Terlebih jika Erling Haaland dan Ruben Dias sudah ke pakem terbaiknya.

“Jika Erling Haaland mulai menggila, jika City mulai mengaum, jika pertahanan mulai sedikit lebih kuat dari yang telah dilakukan, dan mereka membutuhkan Ruben Dias kembali jika mereka bisa, saya pikir City akan memenangkannya," kata Gary Neville.

"Pada titik tertentu, akan ada periode yang sangat sulit bagi Arsenal musim ini. Apakah mungkin Arsenal akan terus seperti ini? Saya kira tidak. Bisakah mereka seri dua kali dan kalah satu kali dalam tiga pertandingan?"

"Tapi saya masih berpikir bahwa musim ini akan jauh lebih baik untuk Arsenal daripada yang pernah saya bayangkan."

 

4 dari 5 halaman

Cedera Membayangi

Akan datang suatu periode di musim ketika para pemain muda dan kurangnya pengalaman mereka akan merugikan Arsenal. Newcastle memperlihatkan hal itu akhir musim lalu ketika, dengan empat besar dipertaruhkan, mereka gagal menunjukkan konsistensi.

Jika mereka dapat menjaga pemain kunci mereka tetap sehat, dan memastikan Gabriel Jesus fit dan bersemangat ketika dia kembali dari cedera, Arsenal dapat mengakhiri penantian gelar selama 19 tahun.

Tetapi pasukan Mikel Arteta masih sangat rentan, terlebih kalau mereka kehilangan salah satu dari Granit Xhaka dan Thomas Partey. Eddie Nketiah jadi satu-satunya striker 'senior' di lini depan. Jika diterpa cedera, bisa dibayangkan bagaimana pusingnya Arteta.

Tidak diragukan lagi Arsenal telah menikmati awal yang sangat baik, tetapi mempertahankan itu semua adalah masalah lain. Man City, dan mungkin Newcastle, akan terus menekan dan The Gunners mesti menunjukkan lebih.

5 dari 5 halaman

Posisi Arsenal Saat Ini

Video Populer

Foto Populer