Sukses


7 Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh, Menguatkan Imun Tubuh

Bola.com, Jakarta - Kalsium adalah satu di antara banyak macam zat penting bagi tubuh. Kalsium berperan dalam pembentukan rangka manusia. Selain itu, kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi.

Tulang manusia yang mengalami kekurangan kalsium akan mengalami beberapa gangguan, seperti mudah keropos dan menimbulkan osteoporosis.

Secara khusus, kalsium sangat penting bagi mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan karena membantu membentuk tulang serta bagi orang lanjut usia untuk menjaga kepadatan tulang.

Pertumbuhan tulang biasanya akan terjadi dari masa kanak-kanak hingga remaja sekitar usia 20 tahun.

Ada berbagai sumber makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium, beberapa di antaranya adalah susu, sayuran hijau, dan ikan salmon.

Pada dasarnya kebutuhan kalsium dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium sesuai takaran. Namun, mengonsumsi suplemen kalsium juga dapat membantu mendapatkan asupan kalsium dengan baik.

Berikut tujuh manfaat kalsium untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir dari Organicfact, Kamis (7/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Tulang  

Kalsium adalah zat yang paling diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, terutama bagi anak-anak dan remaja. Penyerapan kalsium akan mencapai puncaknya saat remaja memasuki usia 20 tahun.

Jumlah kalsium dan vitamin D yang cukup, membantu meningkatkan massa tulang pada anak-anak yang sedang tumbuh dan menguatkan tulang pada remaja.

Kalsium juga membantu lansia untuk menjaga kepadatan tulang dan menghindarkan dari tulang keropos sehingga risiko terkena osteoporosis berkurang.

2. Membantu Dalam Pembekuan Darah

Selain menguatkan tulang, asupan kalsium yang terjaga memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah.

Dalam proses pembekuan darah, kalsium dibantu protein fibrinogen dan vitamin K, yang dapat menutup dan memulihkan luka gores pada permukaan tubuh.

Jika asupan kalsium dan vitamin K pada tubuh tidak tercukupi, proses pembekuan tidak berjalan dengan normal dan akan terjadi pendarahan yang cukup parah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh

3. Melindungi Otot Jantung 

Kalsium dapat melindungi otot jantung dari ketegangan. Jumlah kalsium yang cukup dapat membantu otot jantung untuk berkontraksi dan rileks.

Hal tersebut juga membantu sistem saraf untuk mengatur tekanan darah. Jika Anda mengalami kekurangan kalsium, dapat memicu pelepasan hormon calcitriol yang dapat menegangkan otot dan membuat tekanan darah menjadi tinggi.

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah yang berhubungan dengan jantung, seperti serangan jantung dan stroke.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Mengonsumsi berbagai makanan dan minuman mengandung kalsium dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Kalsium secara efektif dapat menjaga keseimbangan berat badan bagi semua kalangan, pria maupun wanita.

Jika tubuh kekurangan kalsium, hal tersebut akan melepaskan hormon aratiroid, yang pada akhirnya dapat merangsang tulang untuk melepaskannya ke dalam aliran darah.

Hormon aratiroid dapat merangsang produksi lemak dalam tubuh yang pada akhirnya dapat membuat Anda menjadi gemuk. Memastikan konsumsi kalsium adalah hal harus dilakukan agar Anda tidak mengalami obesitas.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh

5. Menyehatkan Gigi 

Kalsium dapat menjaga kesehatan gigi dan menjaga kekuatan tulang rahang. Hal tersebut dapat menjaga posisi gigi agar tidak bergeser dan menjaga mulut jauh dari kuman. Selain itu, karang gigi tidak akan muncul jika asupan kalsium dapat terjaga.

Konsumsilah berbagai makanan dan minuman yang kaya akan kandungan kalsium untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

6. Memperkuat Sistem Imun Tubuh 

Kalsium dapat membantu untuk merangsang dan mengaktifkan enzim-enzim yang penting untuk memperkuat sistem imun tubuh dan menghasilkan energi.

Sistem imun tubuh yang kuat dapat menghindarkan kita terkena berbagai macam penyakit. Seseorang yang memiliki kadar kalsium yang rendah, biasanya akan terlihat lemas dan pucat.

7. Mengurangi Depresi Pramenstruasi

Kalsium dalam jumlah yang cukup mengurangi gejala sindrom pramenstruasi seperti pusing, perubahan suasana hati, hipertensi, dan banyak lainnya. 

Kadar mineral yang rendah dapat memicu pelepasan hormon yang bertanggung jawab untuk perubahan suasana hati pramenstruasi termasuk mudah tersinggung dan depresi.

 

Sumber: Organicfact

 

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Bola Beli: Mengulas Kualitas Jersey Sepeda Consina Ultra Series

Video Populer

Foto Populer