Sukses


Macam-Macam Tanaman Pengusir Hama, Mudah Ditanam di Rumah

Bola.com, Jakarta - Hama adalah hewan yang merusak tanaman atau hasil tanaman karena aktivitas hidupnya, khususnya aktivitas untuk mendapatkan makanan dan bertempat tinggal.

Hama tanaman memiliki kemampuan merusak. Adanya hama tersebut tidak hanya mengganggu pertumbuhan tanaman, tetapi juga dapat mematikan tumbuhan hingga berdampak pada gagal panen.

Tak hanya menyerang tanaman sayuran atau buah, hama bisa menyerang tanaman hias.

Adapun beberapa jenis-jenis hama antara lain Insekta (serangga), Rodenta (tikus), Moluska (bekicot, keong), Mamalia (babi), Nematoda, dan lain sebagainya.

Beragam cara bisa dilakukan untuk mengusir hama agar tidak mengganggu dan merusak tumbuhan yang ada. Selain zat kimia, untuk mengusir hama bisa juga dengan tanaman.

Ada beberapa jenis tanaman yang berguna untuk menolak dan mengusir hama. Tanaman-tanaman tersebut bisa dimanfaatkan dalam wujud tanaman hidup maupun olahannya.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam tanaman pengusir hama yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman distankp.tegalkab.go.id, Kamis (27/1/2022).

2 dari 6 halaman

Macam-Macam Tanaman Pengusir Hama

Artemisia

Artemisia merupakan satu di antara tumbuhan jenis semak yang bisa digunakan untuk mengusir kupu-kupu, ngengat, kutu, lalat, dan hama penggerek. Adapun yang dimanfaatkan dari tanaman tersebut adalah bagian dahan dan rantingnya yang telah dikeringkan.

Caranya dengan ditempatkan dalam satu wadah untuk diletakkan dekat tanaman budidaya.

Kantung Semar

Kantung semar adalah tumbuhan endemik dari Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Pada waktu tertentu, bunga kantung semar bisa mengeluarkan bau menyengat.

Bau tersebut berguna untuk menarik perhatian serangga. Tanaman kantung semar juga mempunyai cairan khusus yang ada di dalam kantong yang berguna untuk mencerna serangga yang terjebak.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Tanaman Pengusir Hama

Bawang Putih

Bawang putih termasuk tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir hama. Bawang putih berguna untuk mengusir aphids, kumbang Jepang, lalat wortel, hama penggerek, siput, dan ulat akar.

Jika bawang putih ditanam bersamaan dengan bawang merah, dapat mengusir hama tikus.

Lavender

Lavender merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh di tanah yang buruk. Tumbuhan lavender sering digunakan sebagai bahan dasar losion antinyamuk.

Bunga lavender memiliki aroma yang sangat harum. Selain nyamuk, menanam lavender dapat mengusir lalat, ngengat, dan kutu rumah.

4 dari 6 halaman

Macam-Macam Tanaman Pengusir Hama

Marigold

Marigold sering dikenal dengan nama Tagetes. Tagetes mempunyai bunga yang unik dengan warna yang mencolok.

Marigold banyak digunakan sebagai border atau pembatas tanaman oleh para petani. Biasanya, Tagetes ditanam bersamaan dengan tanaman semusim.

Kebanyakan serangga tidak menyukai aroma Tagetes yang berbau busuk.

Rosemary dan Mint

Mint termasuk tanaman yang mudah tumbuh di tanah yang kering, tetapi lembap, tahan naungan, dan butuh perawatan minimal. Mint memiliki aroma yang kuat.

Rosemary dan Mint bisa digunakan untuk mengusir kupu kobis, lalat wortel, bekicot. Mint juga bisa mencegah serangga bertelur pada tanaman yang ada di kebun.

5 dari 6 halaman

Macam-Macam Tanaman Pengusir Hama

Tanaman Basil

Basil merupakan satu di antara tanaman paling populer dan biasa digunakan untuk menambah aroma serta rasa pada makanan. Basil dapat ditanam di bedengan sayuran.

Selain itu, Anda dapat menanam beberapa tanaman basil di sekitar tanaman yang diganggu hama dan beberapa area lainnya di sekitar jendela rumah. Basil dapat mengusir hama serangga seperti lalat dan nyamuk.

Geranium

Tanamlah geranium dalam pot dengan lubang pembuangan. Gunakan campuran tanah pot yang dikeringkan dengan baik dan letakkan pot di tempat mereka mendapatkan sinar matahari 4-6 jam.

Tanaman ini dapat membantu Anda mengusir kumbang, nyamuk, dan wereng.

6 dari 6 halaman

Macam-Macam Tanaman Pengusir Hama

Calendula

Bunga ini suka sinar matahari, tanah yang subur, dan berdrainase baik. Selain dapat mengusir hama seperti kumbang asparagus dan cacing gelang tomat, Calendula dapat menarik serangga baik seperti hoverflies yang membantu mengendalikan populasi kutu daun.

Krisan

Saat menanamnya, ingat bahwa krisan butuh ruang. Bunga ini dapat tumbuh hingga 91 sentimeter.

Bunga krisan suka berada di bawah sinar matahari. Tanamlah bunga ini di tanah yang lembap merata dengan drainase baik. Krisan bisa digunakan untuk mengusir hama kutu, tungau laba-laba, dan semut.

 

Sumber: Web Dinas Tan & KP Kab. Tegal

Video Populer

Foto Populer