Sukses


Cara Ampuh dan Efektif Menjaga Kesehatan Gigi

Bola.com, Jakarta - Kebersihan gigi memiliki dampak besar pada kesehatan individu secara keseluruhan. Selain itu, tanpa perawatan gigi yang tepat, timbulnya masalah pada gigi maupun gusi dapat menyebabkan rasa sakit sehingga akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Gigi merupakan satu di antara bagian tubuh yang penting keberadaannya. Tanpa gigi, kita tidak bisa mencerna makanan dengan sempurna.

Gangguan penyakit seperti gigi berlubang bisa sangat menganggu kinerja gigi yang membuatnya tidak bekerja secara maksimal. Anda pun akan merasakan ketaknyamanan akibat kondisi tersebut.

Itulah mengapa penting untuk merawat gigi kita dengan benar mengikuti cara terbaik dan rekomendasi dari para ahli dan dokter gigi.

Sampai saat ini, masih banyak yang menganggap bahwa perawatan gigi hanya sebatas menyikat gigi. Padahal, tidak hanya itu, ada bermacam perawatan gigi yang tak boleh Anda lewatkan.

Contohnya mengurangi berbagai makanan manis dan menghindari hal berbahaya seperti merokok.

Berikut cara ampuh dan efektif menjaga kesehatan gigi, seperti dikutip dari Helthline dan Theneemtree, Selasa (23/8/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh dan Efektif Menjaga Kesehatan Gigi

1. Minum Lebih Banyak Air

Air menjadi minuman terbaik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk kesehatan mulut. Para peneliti merekomendasikan minum air setelah setiap makan. Hal  dapat membantu menghilangkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang lengket serta asam di dalam mulut.

2. Makan Buah dan Sayuran yang Renyah

Makanan siap saji memang enak, tetapi tidak terlalu bagus untuk gigi Anda. Mengonsumsi produk segar dan renyah tidak hanya bermanfaat pada kandungan serat yang lebih sehat, tetapi juga menjadi cara menjaga kesehatan gigi Anda.

Biasakan memakan makanan yang keras sejak dini. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang terlalu lembek. Dengan begitu, gigi akan tumbuh menjadi kuat.

3. Menyikat Gigi dengan Benar

Cara Anda menyikat sama pentingnya dengan seberapa sering Anda menyikat. Faktanya, menyikat gigi dengan buruk hampir sama buruknya dengan tidak menyikat gigi sama sekali.

Luangkan waktu Anda, gerakkan sikat gigi dengan gerakan melingkar yang lembut untuk menghilangkan plak. Ada banyak tutorial dan deskripsi mendalam tentang cara serta teknik menyikat gigi yang paling efektif.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh dan Efektif Menjaga Kesehatan Gigi

4. Menyikat Gigi sebelum Tidur

Bukan rahasia lagi bahwa rekomendasi umum untuk merawat gigi adalah menyikat setidaknya dua kali sehari. Namun, banyak dari kita mengabaikan menyikat gigi di malam hari.

Menyikat gigi sebelum tidur dapat menghilangkan kuman dan plak yang menumpuk sepanjang hari. Hal ini menghindarkan gigi Anda dari serangan kuman, yang bisa menimbulkan penyakit.

5. Batasi Konsumsi Makanan Manis

Gula berubah menjadi asam di mulut, yang pada dasarnya mengikis enamel gigi Anda. Itulah sebabnya penting untuk menghindari makanan dengan kandungan gula tinggi sebanyak yang Anda bisa.

Asam yang diubah gula menjadi penyebab gigi berlubang. Bahkan makanan yang mungkin tampak baik untuk Anda seperti buah-buahan, dapat mengandung kadar gula yang tinggi.

Penting untuk menjaga keseimbangan. Maka itu, Anda tidak perlu menghindari makanan ini sama sekali, tetapi penting untuk memperhatikan apa yang Anda konsumsi dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi kesehatan mulut Anda.

6. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Ketika sedang mencari pasta gigi, ada elemen yang lebih penting untuk dicari daripada pemutih atau rasa. Apa pun versi yang Anda pilih, pastikan pasta gigi tersebut mengandung fluoride. Fluoride merupakan zat yang menjadi andalan dalam kesehatan mulut.

Fluoride merupakan pertahanan utama untuk mengatasi kerusakan gigi. Fluoride bekerja dengan memerangi kuman yang dapat menyebabkan pembusukan serta memberikan pelindung untuk gigi Anda.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh dan Efektif Menjaga Kesehatan Gigi

7. Jangan Menyikat Gigi Terlalu Keras

Jangan biasakan menyikat gigi terlalu keras. Hal itu dapat memberikan banyak tekanan pada gigi dan berpengaruh pada enamel.

Enamel cukup kuat untuk melindungi gigi dari semua yang terjadi di dalam mulut Anda, dari makan dan minum hingga memulai proses pencernaan.

Namun, anak-anak dan remaja masih memiliki enamel lebih lembut daripada orang dewasa sehingga mereka lebih rentan terkena gigi berlubang dan erosi dari makanan dan minuman.

8. Hindari Rokok

Merokok dapat membuat gigi menjadi kuning dan menyebabkan bau mulut. Merokok juga dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan bagi Anda, tetapi jika menyangkut kesehatan mulut, merokok meningkatkan risiko penyakit gusi.

9. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Sama halnya air, makan makanan yang bernutrisi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Makanan bernutrisi seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan produk susu dapat memberikan nutrisi yang Anda butuhkan.

Sebuah studi menemukan bahwa omega-3, jenis lemak sehat dalam makanan laut, mengurangi risiko peradangan sehingga dapat menurunkan risiko penyakit gusi.

10. Rawat Kebersihan Lidah

Plak bisa menumpuk di lidah Anda. Hal ini tidak hanya menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, tetapi juga dapat menimbulkan masalah kesehatan mulut lainnya. Sikat lidah Anda dengan lembut setiap kali Anda menyikat gigi. 

 

Sumber: Healthline, Theneemtree

Yuk, baca artikel cara dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer