Sukses


4 Manfaat Sikat Gigi saat Puasa Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Selama menjalani puasa Ramadan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan umat muslim agar tidak sia-sia ibadahnya.

Satu di antaranya ialah menyikat gigi. Menyikat gigi saat puasa kerap menjadi perdebatan di kalangan umat muslim.

Sebab, menyikat gigi saat puasa tidak boleh sembarangan. Ada waktu-waktu tertentu yang dianjurkan untuk menyikat gigi agar tidak membatalkan puasa.

Beberapa ulama ada yang menyarankan untuk sikat gigi sebelum waktu imsak datang atau setelah buka puasa.

Jika dalam keadaan sangat mendesak sehingga diharuskan sikat gigi di siang hari saat puasa, kamu cukup menggunakan kayu siwak atau tanpa menggunakan pasta.

Kendati begitu, menyikat gigi saat puasa wajib dilakukan untuk menjaga napas agar tidak bau dan memicu masalah kesehatan lainnya.

Dengan teratur menyikat gigi saat puasa, kamu bisa mendapatkan sejumlah manfaat. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini empat manfaat sikat gigi saat puasa untuk kesehatan, disadur dari Klikdokter, Kamis (23/3/2023).

2 dari 5 halaman

Napas Lebih Segar

Bau mulut atau halitosis sering dihubungkan dengan keadaan mulut saat puasa. Kondisi ini dapat terjadi karena mulut kering, sehingga semakin banyak penumpukan kotoran dan sisa-sisa makanan.

Manfaat sikat gigi saat puasa secara rutin dua kali sehari dapat membuat bau mulut berkurang dan napas lebih segar.

3 dari 5 halaman

Mencegah Gigi Berlubang

Menurut American Dental Association (ADA), frekuensi menyikat gigi yang disarankan adalah dua kali dalam sehari selama dua menit.

Dengan rutin melakukannya dan menggunakan pasta gigi mengandung fluoride, gigi dapat tetap sehat dan kuat, serta terhindar dari kerusakan atau gigi berlubang.

4 dari 5 halaman

Mencegah Penumpukan Plak Gigi

Plak di permukaan gigi bila tidak segera dibersihkan lama-kelamaan akan mengeras menjadi karang gigi. Hal ini tentu bisa berdampak negatif bagi kesehatan gigi dan mulut.

Gigi akan mudah rapuh dan penyakit gusi bisa muncul. Oleh karena itu, kamu perlu gosok gigi saat puasa dengan teknik yang tepat agar dapat menghilangkan plak dan sisa makanan yang menempel.

5 dari 5 halaman

Mencegah Sariawan

Manfaat sikat gigi saat puasa secara teratur dan benar juga dapat mencegah sariawan. Karena, rongga mulut selalu dalam keadaan bersih.

 

Disadur dari: Klikdokter.com

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer