Sukses


Pengertian Manajemen Perkantoran, Tujuan, dan Fungsinya

Bola.com, Jakarta - Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sumber daya manusia dan sumber lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran.

Dalam praktiknya, manajemen ada di berbagai bidang, termasuk di perkantoran. Upaya penataan ataupun pengelolaan suatu pekerjaan di kantor ini disebut dengan manajemen perkantoran.

Manajemen perkantoran adalah satu di antara kegiatan pengolahan data yang disertai dengan informasi yang dikerjakan secara teratur, sistematis, dan kontinyu dengan mengikuti berbagai kegiatan organisasi agar tujuan organisasi yang bersangkutan bisa tercapai dengan baik.

Manajemen perkantoran adalah upaya pengarahan pada aktivitas atau kegiatan ketatausahaan dari suatu kantor secara menyeluruh agar bisa mencapai tujuan seefisien mungkin dan harus diadakan penataan agar pekerjaan ini bisa dilakukan dengan baik.

Berikut ini pengertian manajemen perkantoran menurut ahli, tujuan, dan fungsinya, dilansir dari simpkb.id, Rabu (26/7/2023).

2 dari 4 halaman

Pengertian Manajemen Perkantoran Menurut Para Ahli

Adapun pengertian manajemen perkantoran menurut para ahli di antaranya yaitu:

Arthur Grager

Manajemen perkantoran adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi serta pelayanan waktu dan juga suatu organisasi.

William Leffingwell & Edwin Robinson

Manajemen perkantoran sebagai sesuatu fungsi adalah merupakan cabang dari seni dan juga ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran tersebut harus dilakukan.

Hal Nourse

Manajemen perkantoran dalam arti lebih luas bisa mencakup tidak hanya fungsi-fungsi pelayanan perkantoran yang sudah diterima pada umumnya, melainkan juga bidang-bidang tentang kontrol fungsional serta pengarahan administratif terhadap kebanyakan pekerjaan kertas dan tulis.

George R. Terry

Manajemen perkantoran adalah sebuah perencanaan, pengawasan, dan pengorganisasian pekerjaan kantor dan menggerakkan mereka yang melaksanakan pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan-tujuan yang sudah ditentukan.

Prajudi Atmosudirjo

Manajemen perkantoran merupakan suatu gabungan serta kombinasi antara corporate management yaitu kantor sebagai kesatuan yang terdiri atas gedung, tanah, personil, dan perlengkapannya, serta operation management atau pekerjaan kantor.

Moekijat

Manajemen perkantoran merupakan penerapan dari fungsi-fungsi manajemen pada kantor, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, serta pengawasan kantor supaya tujuan kantor bisa tercapai dan juga pegawai-pegawai akan merasa puas.

3 dari 4 halaman

Tujuan Manajemen Perkantoran

Setelah memahami semua aspek manajemen perkantoran di atas maka tujuan manajemen perkantoran dikerucutkan menjadi:

  • Memberikan semua informasi yang diperlukan kepada individu yang bertanggung jawab terhadap tugas administrasi.
  • Memberikan catatan dan laporan yang bermanfaat dengan harga yang dirasa sesuai.
  • Membantu organisasi dan bisnis dalam mempertahankan dan memenuhi tuntutan mereka.
  • Melakukan tugas-tugas administrasi dengan cermat dan memberikan pelayanan yang baik kepada klien atau mitra bisnis.
  • Membuat catatan yang lengkap, relevan, dan terkini dengan tepat waktu, akurat, dan akuntabel.
4 dari 4 halaman

Fungsi Manajemen Perkantoran

Berikut ini adalah berbagai fungsi dalam manajemen perkantoran:

1. Planning

Fungsi planning atau fungsi perencanaan dalam manajemen perkantoran adalah suatu fungsi yang digunakan dalam menentukan seluruh bentuk tindakan untuk menyentuh seluruh target yang diinginkan.

Jadi, dalam fungsi perencanaan ini, seorang manajer wajib memikirkan apa saja pekerjaan yang akan dikerjakan dengan berbagai sumber daya yang telah dimiliki.

2. Organizing

Fungsi organizing atau pengorganisasian dalam manajemen perkantoran akan membantu manajer dalam melakukan kegiatan pengawasan dan menentukan siapa saja yang diperlukan untuk melakukan tugas yang kelak didelegasikan.

Adanya fungsi pengorganisasian dalam suatu manajemen penting karena mampu membantu menjalankan struktur organisasi secara jelas dan juga mampu mendeskripsikan seluruh tugas dari setiap bidang ataupun bagian organisasi secara jelas.

Selanjutnya, tanggung jawab dan wewenang dalam organisasi ini akan menjadi lebih jelas dana mampu memperlihatkan antar setiap tugas unit organisasi serta sumber daya manusia dan material yang sedang diperlukan pun bisa diketahui.

3. Commanding

Fungsi pengarahan ataupun commanding dalam manajemen perkantoran merupakan fungsi manajemen yang erat kaitannya dengan usaha dalam memberikan suatu bimbingan, saran, perintah, maupun instruksi pada bawahan dalam upaya menjalankan tugasnya.

Tujuannya agar tugas tersebut bisa dilakukan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

4. Controlling

Controlling atau fungsi pengawasan dalam suatu manajemen perkantoran akan sangat dibutuhkan agar menjaga seluruh bentuk kegiatan dan efektivitas pemanfaatan sumber daya tidak digunakan secara menyimpang dari rencana sehingga tujuan utama dari organisasi tersebut bisa tercapai.

 

Sumber: simpkb.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer