Sukses


Penyebab Orang Kecanduan Berbohong yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kecanduan akan hal-hal yang negatif bisa mengubah gaya hidup seseorang. Kondisi tersebut juga bisa membuat seseorang lebih sering berbohong kepada orang-orang di sekitarnya.

Faktanya, orang yang kecanduan dalam bentuk apa pun lebih mungkin berbohong untuk menutupi kondisinya tersebut.

Orang tersebut bahkan rela membohongi pasangan, keluarga, atau rekan terdekatnya demi menyembunyikan kondisi kecanduannya.

Kondiri tersebut dalam bahasa psikologis bernama Mythomania atau psychological lying.

Berikut beberapa penyebab orang kecanduan berbohong, disadur dari Klikdokter, Minggu (6/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Penyebab Orang Kecanduan Berbohong

1. Menghindari Konfrontasi atau Ketegangan

Seseorang yang kecanduan mungkin akan memilih untuk berbohong mengenai kondisinya guna menghindari ketegangan antara dirinya dengan orang lain.

Ia mungkin berpikir bahwa berkata jujur tentang kecanduannya bisa membuat hubungan dengan orang lain menjadi tidak baik. Alhasil, ia lebih memilih untuk merahasiakan kondisinya.

Jika sewaktu-waktu seorang pecandu mencoba jujur tentang kondisinya, kamu mesti menjadi pendengar yang bijak. Jangan langsung menghakimi tanpa berpikir panjang dengan kepala dingin.

2. Menghindari Perubahan yang Dipaksa

Sebagian besar pecandu memilih berbohong karena tahu bahwa orang lain mungkin akan memaksanya untuk berubah dan meninggalkan kebiasaannya tersebut.

Maka itu, apabila seorang pecandu mulai bersikap terbuka dengan kondisinya, kamu sebaiknya jangan langsung memaksanya untuk berubah. Lebih baik dengarkan, berikan arahan dengan bijak agar ia mau berubah atas keinginannya sendiri.

3. Tidak Dapat Menghindari Kecanduannya

Orang yang kecanduan suka berbohong karena mereka menyadari bahwa tindakannya tersebut bersifat negatif atau tidak sesuai dengan norma.

Pecandu menyadari bahwa perilakunya salah. Di sisi lain, mereka tidak dapat mengendalikan kondisi yang dialaminya. Alhasil, pecandu berpikir bahwa berkata jujur tentang kondisinya malah membuat orang-orang memandang negatif tentang dirinya.

3 dari 3 halaman

Penyebab Orang Kecanduan Berbohong

4. Terjadi Perubahan pada Otak

Kecanduan akibat penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan terlarang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian otak, seperti lobus frontal.

Kerusakan pada bagian tersebut terbukti dapat meningkatkan potensi perilaku menyimpang, seperti tindakan berisiko atau kecenderungan untuk berbohong.

5. Menghindari Rasa Malu

Kecanduan sering dianggap sebagai perilaku negatif. Oleh karena itu, saat orang lain mengetahui kondisi kecanduan pada seseorang, mereka mungkin akan mempermalukannya agar ia menyesal.

Guna menyiasati agar tidak berada pada keadaan demikian, pecandu akan memilih berbohong untuk menutupi kondisinya.

6. Self Esteem Rendah

Kecenderungan untuk berbohong pada pecandu juga bisa mengindikasikan bahwa mereka memiliki self esteem rendah.

Seorang pecandu tidak tahu bagaimana cara menghadapi orang-orang yang mengetahui kondisinya. Karenanya, mereka pun lebih memilih berbohong guna melindungi harga dirinya sendiri.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 6/2/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer