Sukses


Daftar Contoh Wirausaha Bermodal Kecil tapi Menjanjikan Keuntungan Besar

Bola.com, Jakarta - Memiliki usaha sendiri atau wirausaha memang sangat mengiurkan. Banyak orang yang bermimpi bisa memiliki usaha sendiri karena bisa menjadi bos untuk diri sendiri, waktu kerja lebih fleksibel, dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses tergolong besar.

Akan tetapi, modal tak jarang menjadi kendala ketika seseorang memiliki niat untuk membuka usaha atau wirausaha. Memang benar modal menjadi satu di antara faktor penghambat seseorang dan bisa mengurungkan niatnya untuk berwirausaha.

Namun, tentu ada berbagai cara yang bisa diupayakan untuk memulai berwirausaha tanpa mengeluarkan modal besar.

Wirausaha bisa dimulai dengan modal kecil atau pas-pasan. Satu di antaranya dengan terjun ke usaha kecil menengah atau jenis usaha rumahan.

Apabila kamu tertarik membuka usaha sendiri, di bawah ini ada beberapa contoh wirausaha dengan modal kecil yang bisa kamu jajaki dan berpotensi menghasilkan keuntungan.

Berikut ini daftar contoh wirausaha dengan modal kecil, yang bisa menginspirasimu, dikutip dari laman Kunci-sukseszone dan Uprint, Kamis (19/8/2021).

2 dari 4 halaman

Daftar Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil

1. Jasa Mencari Rumah Sewaan dan Kos-Kosan

Wirausaha pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan membuka jasa mencari rumah sewaan dan kos-kosan. Wirausaha ini bisa dijalani dengan modal minim.

Kebutuhan akan tempat tinggal sementara saat ini menalami pertumbuhan pesat seiring meningkatnya jumlah orang yang belum mampu membeli rumah dan mereka yang bekerja atau menjalani pendidikan.

Banyak penduduk pendatang baru yang membutuhkan tempat tinggal. Jadi, wirausaha di bidang jasa mencari rumah sewaan dan kos-kosan sangat dibutuhkan. Banyak juga orang yang tidak mau repot mencari tempat tinggal sementara.

Bagi mereka yang jeli melihat peluang bisnis di bidang jasa ini, tentu mereka tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk meraih dan mengeruk keuntungan besar di dalamnya.

2. Wirausaha Menjadi Pedagang Perantara Portofolio Pinjaman

Bisnis perdagangan portofolio pinjaman merupakan bisnis yang sangat berhubungan dengan 'uang' dan 'kertas'. Bisnis ini bisa dikategorikan sebagai bisnis dagang di sektor keuangan yang menggiurkan dan menjanjikan keuntungan besar.

Jenis wirausaha ini di Indonesia masih jarang dan langka, serta jarang diketahui orang. Di luar negeri, bisnis seperti ini hanya di jalankan oleh segelintir wirausahawan yang mengetahui betul-betul konsep dan peluang bisnis di dalamnya.

Contoh wirausaha bisnis menjadi pedagang portofolio pinjaman ini kali pertama dipopulerkan oleh Kevin S.Clark, yakni seorang spesialis atau pakar keuangan di Amerika Serikat.

3 dari 4 halaman

Daftar Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil

3. Jasa Cuci Motor atau Mobil

Bisnis ini hampir tidak pernah sepi peminat. Usaha jasa cuci kendaraan dibutuhkan oleh masyarakat. Modal yang dikeluarkan relatif terjangkau untuk membuka usaha ini.

Bagi pemula, sebaiknya dimulai dengan usaha cuci motor dulu. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor.

Semua barang tersebut bisa didapatkan dengan dana paling tidak Rp2 juta untuk jasa cuci motor sederhana, atau maksimal hingga sekitar Rp10 juta jika kamu ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional.

Pengeluaran biasanya dilakukan untuk sewa tempat Rp2 juta, untuk membeli peralatan Rp5 juta, dan untuk biaya operasional termasuk gaji pegawai Rp3 juta.

4. Laundry

Bisnis di bidang ini sudah menjamur, khususnya di daerah yang dekat dengan kampus maupun tempat kerja. Banyaknya pebisnis yang terjun membuat persaingan menjadi ketat sehingga tarifnya juga ikut bersaing.

Membuka usaha laundry terbilang mudah. Hal paling utama yang perlu dipertimbangkan adalah pangsa pasar. Tempat yang terdapat banyak mahasiswa dan karyawan adalah lokasi yang paling tepat untuk membuka usaha ini.

4 dari 4 halaman

Daftar Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil

5. Menjahit Pakaian

Bagi kamu yang memiliki keterampilan dalam hal menjahit pakaian, cobalah memanfaatkannya menjadi ide usaha untuk menghasilkan uang.

Kamu bisa membeli mesin jahit bekas di toko terdekat atau bisa memesan dari internet. Dana minimal yang diperlukan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar dua jutaan saja.

Selanjutnya, cari pelanggan dari orang-orang di sekitar. Batasi pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki. Kemudian, jika sudah mulai dikenal dan pesanan mulai bertambah, kamu bisa membayar tenaga kerja yang standar hasil jahitannya sesuai keinginan.

6. Menjual Pakaian

Kamu dapat mencoba untuk menawarkan barang, seperti pakaian dan perlengkapan sandang lainnya. Modal yang digunakan sebenarnya tergolong kecil, tergantung stok yang ingin diambil. Misalnya, dengan modal Rp1 juta, kamu bisa membeli sejumlah pakaian baru dari toko grosir.

7. Menjual Aneka Kue

Saat ini sudah banyak orang yang beralih ke bisnis makanan. Satu di antaranya menjual aneka kue. Tidak perlu modal besar untuk menjalani usaha ini.

Modal yang diperlukan paling hanya berkisar Rp10 juta selama satu bulan pertama, dengan perincian Rp9 juta untuk bahan baku (Rp300 ribu x 30 hari), Rp300 ribu untuk biaya gas, dan Rp250 ribu untuk biaya listrik dan air. Tempat usaha adalah dapur milikmu sendiri tentunya.

 

Sumber: Kunci-sukseszone.blogspot.com, Uprint.id

Video Populer

Foto Populer