Sukses


7 Manfaat Tanaman Sarang Semut bagi Kesehatan, Jaga Kesehatan Ginjal

Bola.com, Jakarta Masyarakat Indonesia familer dengan berbagai macam pengobatan alternatif. Sarang semut merupakan pengobatan alternatif yang banyak manfaatnya.

Sarang semut sudah lama dimanfaatkan masyarakat pedalaman Papua untuk menobati berbagai macam penyakit. Penggunaan sarang semut sebagai pengobatan herbal diterapkan secara turun-menurun di pedalaman Papua.

Sarang semut adalah tumbuhan yang tumbuh di dahan atau batang pohon. Dalam bahasa Yunani, sarang semut disebut genus myrmecodia.

Tumbuhan epifit ini menumpang hidup di pohon lain, tapi tidak merugikan. Kandungan polifenol dalam sarang semut berperan sebagai zat antikanker, antidiabetes, dan antimikroba.

Tumbuhan ini adalah tumbuhan unik asal Papua. Selain di Papua, tumbuhan ini banyak ditemukan di sejumlah tempat, di wilayah Asia Tenggara hingga Australia.

Tumbuhan sarang semut menjuntai atau menggantung di sekitar cabang atau pohon yang ditempeli. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/2/2020), manfaat sarang semut baik untuk kesehatan. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. Pengobatan Tumor dan Kanker

Sarang semut memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi melawan tumor atau kanker. Kanker yang dipercaya dapat diobati dengan tanaman sarang semut mencakupi hampir semua jenis. Contohnya, kanker otak, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker hati, kanker usus, kanker darah (leukemia), kanker rahim, dan kanker payudara.

Kandungan flavonoid juga menghambat siklus tumor, misalnya inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptoses dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis, dan pembalikan resistensi multiobat atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut.

Tetapi belum ada hasil penelitian pasti bahwa sarang semut bisa sebagai sarana penyembuhan tumor. Dilansir dari laman DokterSehat, penanganan yang diketahui secara medis hanya operasi, radioterapi, dan kemoterapi untuk pengobatan pada kasus penyakit tumor dan kanker.

3 dari 8 halaman

2. Mengatasi Ambeien

Ambeien adalah kondisi pembuluh darah vena di sekitar anus meradang atau bengkak. Kondisi ini juga sering disebut sebagai hemoroid atau lebih dikenal dengan wasir.

Meskipun tak masuk kategori mematikan, penyakit yag terletak di sekitar dubur tersebut sangat mengganggu aktivitas Anda. Dengan kandungan flavonoid yang tinggi, sarang semut berkhasiat untuk mengobati ambeien dan terbukti dari penelitian bisa mengobati wasir.

4 dari 8 halaman

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Sarang semut mempunyai antioksidan (flavonoid dan tokoferol) serta multimineral. Kandungan flavonoid dan tokoferol yang ada mampu mengatasi gangguan fungsi ginjal dan prostat.

Antibiotik sarang semut mampu mengatasi berbagai penyakit ringan hingga berat.

5 dari 8 halaman

4. Mengatasi Diabetes

Kemampuan obat herbal ini dapat membantu pengobatan diabetes. Sarang semut bermanfaat bagi penderita diabetes yang membutuhkan insulin.

Hormon insulin yang cukup bagi tubuh dan gula darah dapat diolah menjadi zat yang mudah diserap oleh tubuh.

Kadar insulin dalam tubuh harus tetap terjaga pada posisi normal. Sarang semut bermanfaat menjadi penyeimbang insulin di tubuh Anda.

6 dari 8 halaman

5. Mengatasi Rematik dan Migran

Sarang semut menjadi inhibitor enzimxanthine yang berfungsi untuk mengatasi rematik. Kandungan flavonoid dan tokoferol yang terdapat dalam sarang semut bekerja sangat baik dalam mengobati rematik.

Cukup minum air rebusan sarang semut dan rasakan manfaatnya. Rematik merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang orang usia lanjut.

Tak hanya rematik yang bisa diatasi, migran pun bisa. Migran adalah sakit kepala yang terasa berdenyut dan biasanya terjadi pada satu sisi kepala saja.

Migran muncul karena padatnya aktivitas yang seseorang lakukan. Migran dapat diatasi dengan mengonsumsi sarang semut. Kandungan flavonoid dan multimineral, khusunya kalsium, natrium, dan magnesium.

7 dari 8 halaman

6. Meningkatkan Stamina

Aktivitas padat membuat Anda kekurangan banyak stamina. Sarang semut bisa menjadi pilihan makanan untuk mendapatkan kembali stamina yang hilang.

Kandungan dalam sarang semut dapat memaksimalkan penyerapan kalsium dan mampu membentuk energi. Saran semut bisa diolah dengan cara direbus, lalu minum air rebusan agar dapat mengembalikan stamina Anda.

8 dari 8 halaman

7. Mengatasi Darah Tinggi

Sarang semut memiliki kandungan flavonoid yang mampu mencegah penggumpalan darah, yang akan mengakibatkan Anda terhindar dari tekanan darah tinggi. Selain flavonoid, kandungan tokoferol yang ada terbukti mampu mengencerkan darah sehingga penggumpalan darah dan darah tinggi dapat teratasi.

Biasanya penyebab darah tinggi timbul adalah pola makan yang kurang sehat, makanan yang mengandung kolesterol banyak.

Video Populer

Foto Populer