Sukses


VIDEO Bursa Transfer: Resmi! Lionel Messi Tak Bisa Lagi Bersama Barcelona

Bola.com, Barcelona - Lionel Messi sudah berstatus tak memiliki klub sejak 1 Juli 2021. Barcelona belum lama mengumumkan bahwa tak ada kontrak baru untuk La Pulga pada Kamis (5/8/2021) waktu setempat. Kesepakatan sudah didapat tetapi diumumkan Messi tak lagi bisa bersama Blaugrana karena kendala finansial dan struktural.

“Barcelona dan Messi sudah sepakat dan ingin menandatangani kontrak baru. Namun, hal itu tidak bisa terlaksana karena kendala finansial dan struktural. Hasil dari situasi tersebut, Messi tidak akan bertahan di Barcelona," bunyi pernyataan resmi Barcelona di situs klub.

"Mengingat situasinya, Lionel Messi takkan lanjut bersama Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyayangkan bahwa keinginan pemain dengan klub tidak dapat dipenuhi."

"FC Barcelona mengucapkan terima kasih kepada sang pemain atas kontribusinya untuk kemajuan klub dan kami mendoakan yang terbaik untuk masa depan Messi dalam kehidupan pribadi dan karier profesional."

Apa permasalahannya? La Liga menetapkan aturan terkait batasan alokasi gaji setiap klub di liga. Jadi, meski Barcelona dan Lionel Messi sepakat soal kontrak baru, aturan dari La Liga itu yang membuat bintang asal Argentina tersebut tidak lagi bisa bersama Blaugrana.

Menurut Sport dalam artikelnya pada 6 Juli 2021, batasan alokasi gaji (tidak hanya untuk pemain, tetapi juga pelatih dan staf) untuk Barcelona pada musim 2020/2021 itu sebesar 347 juta euro atau sekitar 5,9 triliun rupiah. Saat itu, Blaugrana bahkan mengakhiri musim tersebut dengan melebihi batasan yang ditetapkan. Untuk musim 2021/2022, La Liga menetapkan setiap klub tidak bisa lagi melewati batasan terkait alokasi gaji tersebut. 

Jadi, diandaikan gaji Lionel Messi tak lagi sebesar musim sebelumnya, Barcelona diperkirakan tak bisa memenuhi batasan aturan alokasi gaji itu. Tujuan batasan alokasi dana gaji itu salah satunya untuk membuat klub secara finansial cukup stabil untuk masa depan.

Video Populer

Foto Populer