Sukses

5 Kiper Gaek di Eropa yang Masih Menjadi Pilihan Utama

Bola.com - Publik sepak bola tanah air kembali berduka setelah kehilangan satu di antara kiper terbaiknya, Choirul Huda. Kiper legendaris tersebut mengembuskan napas terakhirnya setelah bebenturan dengan rekan satu timnya, Ramon Rodrigues.

Semasa hidupnya, Huda setia membela Laskar Joko Tingkir walaupun sering dikaitkan dengan klub lain. Ia menganggap bermain bagi Persela adalah sebuah kebanggaan.

Dari semua cerita tentang Huda yang berseliweran di media tanah air, satu yang menarik adalah bagaimana sang legenda masih dipercaya berdiri di bawah mistar walaupun telah berusia 38 tahun.

Memang, banyak anggapan jika kiper hanya bertugas menghalau bola tanpa perlu berlari sepanjang 90 menit. Akan tetapi, masuk starting lineup meski telah berusia gaek tentu bukanlah hal yang mudah.

Sementara itu, jika kita menilik kancah sepak bola Eropa, masih terdapat beberapa klub yang mengandalkan portiere -istilah kiper di Italia- gaek. Para portiere tersebut dinilai memiliki pengalaman segudang meski telah memasuki masa senja.

Berikut ini lima kiper gaek yang masih eksis di klub besar Eropa:

1 dari 6 halaman

Iker Casillas (36 tahun) - FC Porto

Penjaga gawang FC Porto asal Spanyol, Iker Casillas. (AFP/Miguel Riopa)

Mendengar nama Iker Casillas tentulah teringat masa keemasannya bersama Real Madrid. Bermain sejak musim 1999-2000, Saint Iker menyumbangkan berbagai trofi seperti La Liga, Liga Champions, Super Copa Spanyol dan Piala Dunia Antarklub.

Meski begitu, Los Blancos 'membuang' Casillas ke FC Porto pada musim 2015- 2016 setelah dianggap gagal bersaing dengan Keylor Navas. Hingga kini, sang pemain belum memutuskan untuk menggantung sarung tangan.

 

2 dari 6 halaman

Pepe Reina (35 tahun) - Napoli

Pepe Reina masih menjadi andalan Napoli di bawah mistar gawang. (AFP/Filippo Monteforte)

Pepe Reina sudah mencicipi berbagai kompetisi bergengsi. Menurut data, kiper berkepala plontos tersebut pernah bermain di La Liga, Premier League, Bundesliga dan Serie A.

Kini, ia membela Napoli dan terus menunjukkan konsistensi penampilan. Reina telah membukukan 12 penampilan di berbagai ajang selama musim 2017-2018.

 

3 dari 6 halaman

Petr Cech (35 tahun) - Arsenal

Petr Cech masih menunjukkan keandalannya dalam mengawal gawang Arsenal. (Reuters/Stefan Wermuth)

Petr Cech dikenal sebagai satu di antara kiper terbaik yang masih aktif bermain di Premier League. Sang pemain selalu menjadi pilihan utama baik ketika di Chelsea ataupun Arsenal.

Eks Stade Rennais tersebut mencatatkan 37 clean sheet dari 88 penampilan selama membela The Gunners. Sementara itu, sang pemain berhasil memenangi tujuh penghargaan pemain terbaik Republik Ceska.

4 dari 6 halaman

Julio Cesar (38 tahun) - SL Benfica

Julio Cesar melanjutkan karier bersama Benfica setelah malang melintang di Italia dan Inggris.

Julio Cesar mengawali karier di Serie A Brasil bersama Flamenggo pada musim 1999-2000. Satu dekade berselang, sang pemain mengantarkan Inter Milan meraih treble.

Julio Cesar menunjukkan grafik menurun selepas meninggalkan Inter Milan pada bursa transfer musim panas 2012. Meski begitu, kiper asal Brasil tersebut telah membukukan empat penampilan selama musim 2017-2018 bersama Benfica.

5 dari 6 halaman

Gianluigi Buffon (39 tahun) - Juventus

Gianluigi Buffon masih dianggap sebagai kiper terbaik di Italia. (AFP/Marco Bertorello)

Italia dikenal sebagai satu di antara negara pemasok kiper terbaik di dunia. Kiper-kiper kelas wahid seperti Dino Zoff, Walter Zenga, dan Gianluca Pagliuca silih berganti menghiasi starting lineup Gli Azzuri.

Pada masa kini, status kiper terbaik di Italia layak disematkan kepada Gianluigi Buffon. Pemain 39 tahun tersebut masih menjadi kiper utama di Juventus maupun timnas Italia.

Bahkan, Gianluigi Donnarumma yang digadang-gadang sebagai kiper muda terbaik di Eropa belum mampu menggeser posisi Super Gigi di timnas Italia.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

1 Komentar

Video Populer

Foto Populer