Sukses


3 Klub China yang Berpeluang Rekrut Wayne Rooney

Bola.com — Striker Manchester United, Wayne Rooney kembali menghiasi pemberitaan media-media Eropa setelah dikabarkan selangkah lagi mencapai kesepakatan dengan salah satu klub Chinese Super League. Indikasinya lantaran Paul Stretford, agen Wayne Rooney, telah berada di China. 

Menurut The Sun, Paul Stretford tiba di China dan menetap di Renaissance Tianjin Downtown Hotel, sejak awal pekan ini. Ia diberitakan ingin membicarakan perihal proposal tawaran gaji sebesar 1 juta pounds (sekitar Rp 16 miliar) yang diajukan ke Tianjin Quanjian.

Wayne Rooney masih terikat kontrak di Manchester United hingga 30 Juni 2019. Namun, mantan pemain Everton tersebut berniat hengkang dari Old Trafford setelah tidak lagi menjadi pilihan utama manajer Manchester United, Jose Mourinho. 

Wayne Rooney bergabung dengan Manchester United pada 2004. Selama kurang lebih 13 tahun berkarier bersama Setan Merah, pemain berusia 31 tahun itu mencatatkan berbagai rekor, satu di antaranya adalah sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah klub. 

Lantas, klub mana yang akan menjadi pilihan Wayne Rooney jika benar memutuskan hijrah dari Manchester United? Berikut ini adalah tiga klub Chinese Super League yang berpeluang besar mendapatkan tanda tangan sang pemain: 

2 dari 4 halaman

Beijing Guoan

Beijing Guoan merupakan salah satu klub besar di Chinese Super League. Klub yang dibesut mantan pelatih Granada, Jose Gonzalez, tersebut pernah menjuarai Chinese Super League pada 2009.

Setidaknya ada dua faktor yang dapat membuat Beijing Guoan bisa mengamankan jasa Wayne Rooney. Pertama, mereka masih memiliki satu slot pemain asing, setelah tiga slot sisanya menjadi milik Renato Augusto (Brasil), Burak Yilmaz (Turki), dan Ralf (Brasil).

Selain itu, Beijing Guoan juga merupakan salah satu klub kaya di China. Bahkan, menurut Forbes, Beijing Gouan adalah klub kedua termahal dengan total banderol skuat yang mencapai 167 juta dolar AS (Rp 2,2 triliun) dan pendapatan 30 juta dolar AS (Rp 400 miliar) pada 2015.

3 dari 4 halaman

Jiangsu Suning

Jiangsu Suning juga berpeluang mendapatkan tanda tangan Wayne Rooney karena masih memiliki satu slot lagi untuk pemain luar negeri. Runner-up Chinese Super League 2016 itu sebelumnya telah merekrut Ramires (Brasil), Alex Teixeira (Brasil), dan Roger Martinez (Kolombia).

Jiangsu Suning pun dikenal sebagai salah satu klub "raksasa" dalam hal anggaran untuk belanja pemain-pemain baru. Pada 2016, Suning Holding Group bahkan mampu mengakuisisi mayoritas saham Inter Milan.

4 dari 4 halaman

Tianjin Quanjian

Tianjin Quanjian menjadi klub yang paling berpeluang memboyong Wayne Rooney. Pelatih Tianjin Quanjian, Fabio Cannavaro, tersebut bahkan telah mengonfirmasi memang memasukkan nama Wayne Rooney sebagai target transfer.

Proses negosiasi antara perwakilan klub dan agen dikabarkan masih berlangsung. Jika Tianjin Quanjian sepakat memberikan gaji sebesar 1 juta pounds per pekan, kepindahan Wayne Rooney ke China pun akan semakin dekat dengan kenyataan.

Tianjin Quanjian juga masih memiliki satu slot kosong untuk pemain asing. Jika bergabung, Wayne Rooney akan berada satu tim bersama Axel Witsel (Belgia), Geuvanio (Brasil), serta Aleksandre Pato (Brasil).

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer