Dokter Tim PSS Berikan Tips untuk Pemain agar Terhindar dari Virus Corona

oleh Vincentius Atmaja diperbarui 04 Mar 2020, 14:30 WIB
PSS Sleman Shopee Liga 1 2019 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Sleman - Virus Corona yang mulai muncul di Indonesia cukup mengkhawatirkan. Pelaku sepak bola Indonesia mulai waspada agar tidak ikut terpapar virus dari daratan China tersebut.

Berbagai cara diterapkan klub di Shopee Liga 1 2020 untuk melindungi pemainnya dari virus Corona. Terutama tentang cara hidup yang lebih sehat, sehingga meminimalkan serangan berbagai macam virus dan penyakit.

Advertisement

Dokter tim PSS, Elwizan Aminudin punya beberapa tips untuk para pemainnya untuk meningkatkan ketahanan tbuh. PSS juga menerapjan aturan cukup sebelum adanya wabah virus ini.

Pihaknya tidak melarang pemain untuk melakukan aktivitas di luar sepak bola. Di antaranya mengunjungi pusat perbelanjaan atau tempat keramaian lainnya. Hanya, para pemain tim Elang Jawa diminta untuk waspada dan menjaga kebersihan.

Selain itu, daya tahan tubuh pemain juga penting. Menurut Elwizan, pemain sepak bola rentan mengalami sakit dan mudah capek, sehingga sistem imun pemain wajib ditingkatkan.

"Untuk sementara menjauhi keramaian itu lebih baik, istirahat cukup sangat dianjurkan terutama adalah penambahan suplemen antioksidan. Sebelum virus corona merebak pun kami tim dokter PSS sudah menambahkan suplemen itu," kata Elwizan Aminudin, Rabu (4/3/2020).

"Pemain mau ke mal atau pusat keramaian silakan, tapi jaga kontak dengan orang yang tidak dikenal karena virus itu tidak terlihat, poin utama adalah tangan, jadi harus selalu cuci tangan setiap kali melakukan aktivitas apapun," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Waspada saat Laga Tandang

Dejan Antonic memimpin skuat PSS Sleman berlatih di lapangan UII, Sleman, Selasa (3/3/2020) sore. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Hal lain yang masuk dalam daftar kewaspadaan adalah saat terbang ke kota lain untuk melakoni pertandingan tandang. Bandara yang merupakan tempat berkumpulnya banyak orang, sehingga rentan dalam menularkan virus corona.

"Untuk laga tandang, kalau bisa hindari seminimal mungkin kontak dengan orang asing. Kecuali dengan kelompok kita yang sering bertemu," tuturnya.

"Hand sanitizer selalu kami sediakan. Selain di mes, hotel tim, hingga setiap kali latihan atau di stadion lawan, kami juga wajib bawa. Minimal tangan kita steril dulu, karena di situ sumber bakteri," jelasnya kepada Bola.com.

Berita Terkait