Sukses


10 Transfer Terbaik Musim Panas 2023 di Luar Liga Inggris: PSG Cerdik dan Gercep

Bola.com, Jakarta - Kejayaan Liga Inggris belum memudar setelah bertahun-tahun. Bahkan, dominasi Liga Inggris makin menjadi-jadi, terutama berbicara tentang pemain bintang dan aktivitas transfer. 

Didukung modal yang melimpah, klub-klub Liga Inggris begitu dominan di Eropa. Mungkin, saat ini hanya klub-klub Liga Arab Saudi yang bisa menyaingi tim-tim Premier League dalam urusan jor-joran belanja pemain. 

Klub-klub Inggris mampu mendatangkan pemain-pemain berbanderol mahal, yang terkadang tidak masuk jangkauan finansial klub-klub Liga Italia, bahkan raksasa Liga Spanyol, Barcelona. 

Seiring dengan semakin menyempitnya dunia sepak bola dan proses introspeksi terhadap budaya sepak bola yang semakin ketat, banyak orang akan melewatkan sepak bola luar biasa yang dimainkan di luar negeri Inggris.

Padahal, banyak momen-momen menarik yang terjadi di luar sepak bola Inggris. Berikut ini 10 kesepakatan transfer terbaik yang tidak melibatkan klub-klub Liga Inggris.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 11 halaman

10. Lois Openda (Lens ke RB Leipzig)

Lens finis kedua di Ligue 1 musim 2022/2023, hanya kalah satu poin dari sang kampiun, Paris Saint-Germain. 

Meskipun berhasil lolos ke Liga Champions 2023/2024, klub dari Prancis Utara ini kesulitan mempertahankan pemain pada musim panas 2023. Ada 11 pemain hengkang, tiga di antaranya merupakan starter penting.

Lois Openda adalah salah satu pemain yang berperan penting bagi Lens selama musim 2022/2023. Pemain berusia 23 tahun yang eksplosif itu mencetak 21 gol hanya dalam 42 pertandingan, dengan rata-rata mengemas satu gol dalam setiap 2 pertandingan.

Statistik yang benar-benar menakjubkan itu memainkan peran dalam kengototan RB Leipzig dalam memburunya. Klub Jerman itu menyetujui kesepakatan senilai 43 juta pounds (Rp825,2 miliar) untuk penyerang Belgia tersebut.

3 dari 11 halaman

9. Felix Nmecha (Wolfsburg ke Borussia Dortmund)

Menyusul transfer Jude Bellingham ke Real Madrid, Borussia Dortmund memiliki dana besar. Mereka bisa menjajaki opsi pemain yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan dengan rivalnya, Bayern Munchen.

Dalam upaya mengisi kekosongan yang ditinggalkan Bellingham, Dortmund mendatangkan Felix Nmechadengan harga 30 juta pounds (Rp575,6 miliar).

Mantan pemain muda Manchester City berusia 22 tahun itu mencatatkan sembilan kontribusi dalam gol atau assist musim lalu dan berharap dapat berkolaborasi secara efektif dengan mitra lini tengah barunya, Marcel Sabitzer.

4 dari 11 halaman

8. Benjamin Sesko (RB Salzburg ke RB Leipzig)

Klub Bundesliga, RB Leipzig, merekrut striker pendatang baru dari RB Salzburg, Benjamin Sesko. 

RB Leipzig tentu berharap perkembangan Benjamin Sesko secepat Erling Braut Haaland. Jika demikian, 20 juta pounds (Rp383,6 miliar) yang dikeluarkan untuk pemain Slovenia itu akan melambangkan tawar-menawar yang layak.

Pada usia 20 tahun, penyerang tengah tersebut telah memiliki rekam jejak yang luar biasa yaitu 79 kali terlibat gol atau assist dalam 137 penampilan. Nilai pasarnya tampaknya akan meroket jika lintasan kariernya terus berlanjut dengan cara yang sama.

 

5 dari 11 halaman

7. Ousmane Dembele (Barcelona ke PSG)

Pada usia 20 tahun, Ousmane Dembele adalah salah satu talenta muda paling cemerlang di dunia sepak bola. Performa gemilangnya di klub raksasa Jerman, Borussia Dortmund, membuatnya menarik perhatian orang-orang di Catalunya.

Direkrut ke Barcelona dengan harga 135 juta pounds yang menakjubkan, pemain Prancis itu tersanjung tidak terlaku moncer selama di Camp Nou. 

Ia tampaknya terus-menerus dikaitkan dengan kepindahan dari tim La Liga tersebut. Tidak mengherankan pemain sayap yang cerdik ini telah meninggalkan Barcelona dan kembali ke negara asalnya, bergabung dengan Luis Enrique di PSG dengan harga 43 juta pounds (Rp822,9 miliar).

Pemain Prancis itu berharap dia dapat menyalakan kembali kinerja garangnya di rumah barunya, Parc des Princes.

 

6 dari 11 halaman

6. Arda Guler (Fenerbahce ke Real Madrid)

Tampaknya ada lebih banyak pemikiran dan tindakan dalam urusan transfer Real Madrid musim panas ini seperti yang dicontohkan dalam kepindahan Jude Bellingham ke ibu kota Spanyol, serta perekrutan pemain yang kurang dikenal yaitu Arda Guler.

Pemain Turki itu bergabung ke Los Blancos dari Fenerbahce dengan biaya 20 juta pounds (Rp382,7 miliar). Pemain berusia 18 tahun, yang telah mencatatkan 81 penampilan senior, terlibat dalam 48 gol atau assist. Dia digadang-gadang  bisa berkembang pesat. 

Gelandang serang ini telah mengesankan rekan setim barunya di Real Madrid selama persiapan pramusim, dengan pujian cemerlang dari gelandang veteran, Toni Kroos.

Menurut Kroos, Gauler memiliki bakat hebat untuk pemain di usianya.

 

7 dari 11 halaman

5. Kim Min-jae (Napoli ke Bayern Munchen)

Korea Selatan adalah negara yang sedang naik daun dalam sepak bola. Korsel lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, setelah melewati babak penyisihan grup yang sangat sulit.

Kim Min-jae adalah salah satu pemain yang menjadi andalan negara Asia Timur itu dalam waktu tiga tahun ke depan, menuju ke Piala Dunia 2026. Bek tengah berusia 26 tahun itu kini bermain untuk tim kuat Jerman, Bayern Munchen di Bundesliga.

Menyusul tahun yang luar biasa di Napoli yang berujung gelar Serie A, mantan pemain Fenerbahce ini pindah ke Bavaria seharga 50 juta pounds (Rp957,8 miliar). Ia tampaknya siap menjalin kemitraan yang hebat dengan pemain Belanda, Mathjs De Ligt.

Kim menunjukkan kemampuannya bermain dari belakang musim lalu, mencatatkan rata-rata umpan terbanyak per pertandingan di seluruh Serie A. Ia duduk di peringkat kedelapan dalam kategori tingkat penyelesaian umpan.

Itu membuktikan ia bukan sekadar simbol soliditas pertahanan, namun juga merupakan pendorong kreativitas ofensif.

8 dari 11 halaman

4. Samuel Chukwueze (Villareal ke AC Milan)

Bisa dibilang kesepakatan terbaik musim panas ini jatuh ke tangan AC Milan, yang pertama adalah mendatangkan Samuel Chukwueze yang sangat berbakat dari Villareal. Namun yang kedua, dan mungkin yang lebih penting, menghindari persaingan dari Arsenal untuk mendapatkan dia dengan harga hanya 20 juta pounds (Rp383,2 miliar).

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli, baru saja mendapatkan jasa salah satu bintang paling menakutkan di dunia.

Pemain Nigeria ini memiliki kecepatan yang luar biasa, penguasaan bola yang sangat dekat, dan naluri pemburu yang kuat. Ia  mencatatkan rekor 74 terlibat gol atau assist dalam 227 penampilan senior. Pada usia 24 tahun, ia memiliki banyak untuk ditawarkan.

 

9 dari 11 halaman

3. Manuel Ugarte (Sporting Lisbon ke PSG)

Sporting Lisbon sudah terbiasa melihat pemain bintang mereka dirayu dan diambil klub elite Eropa.

Dalam kasus Manuel Ugarte, pemain internasional Uruguay ini menjadi gelandang bertahan tengah berbakat kedua yang meninggalkan ibukota Portugal dalam dua musim berturut-turut, setelah transfer Joao Palhinha ke Fulham musim panas 2022.

Pemain berusia 22 tahun yang berperingkat tinggi itu adalah penekel paling produktif di Liga Portugal musim lalu dengan rata-rata 3,9 tekel per laga. Ugarte rata-rata melakukan enam tekel per pertandingan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Liga Europa.

Gelandang lincah ini dengan cepat menarik perhatian para pelamar Eropa. PSG yang memenangi persaingan untuk mengontrak pemain tersebut dengan biaya senilai 51 juta pounds (Rp977,1 miliar).

  

10 dari 11 halaman

2. Randal Kolo Muani (Eintracht Frankfurt ke PSG)

Eintracht Frankfurt menaklukkan Eropa selama musim 2021/2022. Die Adler mengalahkan Barcelona, ​​West Ham, dan kemudian Rangers dalam perjalanan ke final Liga Europa 2022.

Sebagai produk sampingan dari kesuksesan tersebut, tim Bundesliga tersebut mendatangkan talenta hebat Randal Kolo Muani dengan status bebas transfer dari Nantes.

Dalam manuver yang terlihat sebagai salah satu bisnis paling cerdas di pasar agen bebas, Kolo Muani berhasil mencatatkan 29 keterlibatan gol atau assist pada musim lalu.

Catatan itu membuatnya dilirik PSG. Frankfurt meraup uang segar sebesar 77 juta pounds (Rp1,47 triliun) saat menjualnya ke PSG.

Klub raksasa Ligue 1 tersebut mendapat keuntungan dari kemampuan mencetak golnya.

11 dari 11 halaman

1. Jude Bellingham (Borussia Dortmund ke Real Madrid)

Ketika Borussia Dortmund menariknya dari genggaman Birmingham City sudah terlihat Jude Bellingham ditakdirkan untuk menjadi pemain besar.

Sebagai salah satu transfer termahal di Inggris yang pernah ada, gelandang yang saat itu berusia 17 tahun tersebut pindah ke Dortmund untuk mulai mengukir namanya di depan tembok kuning bersejarah.

Bellingham tidak hanya mampu bertahan di Dortmund, namun meroket dengan penuh percaya diri. Tiga tahun setelah kepindahan yang mengubah hidupnya, bintang mudah Inggris ini telah menjadi pemain internasional, membawa Dortmund hampir menjuarai Bundesliga 2022/2023.

Real Madrid bergerak cepat merekrutnya, dengan mahar yang bisa meningkat menjadi 110 juta pounds (Rp2,1 triliun). 

Kini, Bellingham menjadikan Real Madrid dan Santiago Bernabeu sebagai rumah barunya. Pemain berusia 20 tahun ini mengenakan seragam nomor lima yang terkenal ketika tampil memukau di La Liga saat bertandang ke markas Athletic Bilbao.

Dengan banderol harga yang menggiurkan, dan kemampuannya yang luar biasa, transfer Bellingham ke klub terbesar di dunia tidak dapat disangkal merupakan bagian bisnis paling signifikan di luar Liga Inggris musim panas ini.

Sumber: Give Me Sport 

Video Populer

Foto Populer