Sukses


Suporter Arema Tak Masalah Liga 1 Tanpa Penonton dan Dilarang Nobar, tetapi...

Bola.com, Malang - PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan kontestan Liga 1 sepakat menggelar kompetisi 2021 tanpa penonton. Kegiatan nonton bareng juga tidak diperbolehkan demi bisa segera mendapatkan izin pertandingan dari Polri.

Semua itu merupakan pengorbanan, sekaligus keseriusan pelaku sepak bola di Tanah Air agar Liga 1 bisa segera mendapatkan garansi untuk bergulir pada tahun ini.

Suporter Arema FC, Aremania, juga setuju dengan keputusan itu. Mereka tidak masalah jika kompetisi digelar tanpa penonton, karena sudah mengetahuinya sejak tahun lalu.

Tetapi untuk acara nonton bareng (nobar), hal itu perlu disosialisasikan langsung kepada semua suporter. Lantaran kegiatan itu melibatkan pengusaha cafe atau kuliner yang biasa menyelenggarakan nobar.

"Kami paham dan tidak ingin juga sepak bola jadi cluster baru penyebaran virus corona. Sehingga pertandingan musim 2021 digelar tanpa penonton tidak masalah bagi kami," jelas Aremania Korwil Klayatan, Achmad Ghozali.

"Namun, untuk larangan nobar harus dijelaskan seperti apa teknisnya nanti. Harapan kami, ada sosialisasi langsung dari penyelenggara Liga 1 atau federasi kepada suporter. Tidak perlu bertemu langsung. Lewat virtual bisa," lanjutnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Kesadaran Suporter

Selama ini, ketika tidak bisa melihat pertandingan langsung di stadion, nobar biasanya menjadi solusi. Untuk meniadakan nobar, hal itu juga butuh kesadaran semua pihak, baik penyelenggara nobar maupun suporter.

"Kalau federasi atau PT LIB meniadakan nobar dengan mengandalkan kesadaran suporter, syarat utamanya harus disosialisasikan secara langsung dulu. Sehingga nantinya suporter bisa memilih untuk menonton pertandingan di rumah masing-masing," tegas dia.

Sebenarnya, suporter sudah sangat rindu ingin melihat sekaligus memberikan dukungan langsung kepada klub favorit di stadion.

Namun, Ghozali yakin semua Aremania dan kelompok suporter lainnya bisa menahan diri untuk tidak datang ke stadion, sampai pandemi virus corona bisa berlalu. Apalagi, saat ini vaksinasi COVID-19 sudah mulai dilakukan di Indonesia.

"Semua harus bisa menahan diri sekarang. Jika tidak, efeknya pandemi ini bisa berjalan lebih lama. Dan itu artinya akan lebih lama pertandingan sepak bola digelar tanpa penonton," sambungnya.

Video Populer

Foto Populer