Sukses


BRi Liga 1: Persebaya Batal Latihan karena Hujan Deras, Persiapan Taktik Hadapi Persela Tertunda

Bola.com, Sleman - Persebaya Surabaya menghadapi kendala saat akan berlatih, Senin (18/10/2021) sore ini. Mereka membatalkan agenda latihan tim karena hujan deras yang mengguyur Kabupaten Sleman.

Tim asal Kota Pahlawan itu seharusnya berlatih di Maguwoharjo Football Park, Sleman. Tapi, genangan air di lapangan membuat agenda itu terpaksa ditunda. Kondisi lapangan seperti itu akan menyulitkan pemain.

“Lapangannya sudah tidak memungkinkan untuk kami gunakan. Ya, terpaksa latihannya tadi dibatalkan. Padahal lapangan dan rumputnya di sini bagus,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya Surabaya, kepada Bola.com, Senin malam.

Sebagai pengganti, Aji meminta kepada anak asuhnya untuk berlatih di pusat kebugaran. Hal ini dilakukan demi tetap menjaga kondisi fisik untuk menatap duel kontra Persela Lamongan dalam pekan kedelapan BRI Liga 1 2021/2022, Kamis (21/10/2021).

Skuat Persebaya Surabaya, lanjut Aji, sebenarnya sudah menjajal lapangan tersebut saat berlatih pada Minggu (17/10/2021). Melihat kondisi lapangan yang bagus, dia ingin para pemain Bajul Ijo kembali berlatih di lapangan itu.

“Kebetulan pemiliknya itu teman saya. Tempatnya memang bagus untuk berlatih tim. Ini tadi seharusnya pemain-pemain yang terakhir bertanding (melawan Persipura Jayapura) juga sudah ikut latihan,” imbuh pelatih asli Malang itu.

 

2 dari 4 halaman

Mundurkan Rencana

Aji membagi skuatnya menjadi dua tim dalam sesi latihan yang berbeda setelah menang 3-1 atas Persipura, Sabtu (16/10/2021). Pekan lalu, latihan dikhususkan kepada pemain yang tidak bertanding, dan hari ini semua anggota skuat ikut berlatih.

Akibat kejadian ini, arsitek tim berusia 51 itu terpaksa memundurkan rencana memberi porsi latihan. Padahal, waktunya juga tidak banyak untuk bersiap melakoni duel sesama tim Jawa Timur melawan Persela.

“Seharusnya sore ini tadi kami sudah persiapan latihan taktik karena waktunya mepet. Pemain bisa berkumpul dan mematangkan persiapan. Kami baru akan latihan lagi besok pagi (Selasa, 19/10/2021), sebelum official training hari Rabu (20/10/2021),” ujarnya.

Persebaya sedang dalam kepercayaan diri tinggi setelah menekuk Persipura di pekan lalu. Kini, Taisei Marukawa dkk. sedang dalam ambisi meneruskan catatan kemenangan dengan mengalahkan Persela Lamongan.   

3 dari 4 halaman

Persebaya Mulai Bangkit

Persebaya Surabaya mulai bangkit dari keterpurukan yang dirasakan tim pada seri pertama BRI Liga 1 2021/2022. Mengawali seri kedua, mereka menang 3-1 atas Persipura Jayapura dalam pekan ketujuh di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (16/10/2021) malam.

Meski sudah menang, masih ada satu rapor Persebaya yang kurang apik. Laga semalam meneruskan catatan tim Bajul Ijo yang selalu kebobolan di BRI Liga 1. Total, sudah 13 gol yang bersarang ke gawang mereka dalam tujuh laga.

Di laga kontra Persipura, Persebaya tertinggal dulu lewat gol Ricky Kayame pada menit ke-53 setelah gelandang Henrique Motta yang melepas tendangan jarak jauh. Bola sempat diamankan Andhika Ramadhani yang kemudian terlepas.

Andhika melakukan penyelamatan yang kurang sempurna sehingga disambar oleh Ricky Kayame yang berdiri bebas tanpa kawalan. Jika bola berhasil diamankan, tentu saja Persebaya mencatatkan clean sheet pertama musim ini.

"Sebenarnya kami memang inginnya clean sheet. Gol (Persipura) tadi kiper seharusnya bisa dihalau dengan memukul bola itu, tapi kemudian ditangkap dan lepas. Kalau clean sheet itu lebih sempurna karena kami mendapat tiga poin dan anak-anak bermain bagus," ungkap Aji.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persipura

Video Populer

Foto Populer