Sukses


Jelang Persib vs Persija di BRI Liga 1: Mengenang Duel Maung Bandung dan Macan Kemayoran Saat Jalani Laga Usiran

Bola.com, Bandung - Stadion Manahan, Solo, menjadi arena pertemuan pertama Persib Bandung dan Persija Jakarta di BRI Liga 1 2021/2022. Duel tersebut bakal digelar Sabtu (20/11/2021) malam WIB.

Bermain di tempat netral bukanlah hal baru dalam pertemuan antara Persib Bandung dan Persija Jakarta. Stadion Gajayana, Malang, merupakan arena partai usiran pertama laga Persija dan Persib di kompetisi liga, tepatnya pada musim 2008/2009, yaitu pada 10 Juni 2009.

Kala itu, Persib menang 2-1 atas Persija. Dua gol Persib dicetak Airlangga Sucipto dan Cristian Gonzales. Sementara satu-satunya gol Persija dicetak oleh pemain asing asal Brasil, Fabio Lopes.

Pertemuan antara Persib dan Persija juga pernah digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, yaitu pada laga Indonesia Super League 2013 yang berakhir imbang 1-1.

Sementara pada 2016, Persib Bandung dan Persija Jakarta kembali bertemu di Stadion Manahan Solo, di mana kedua tim bermain imbang tanpa gol di Indonesia Soccer Championship A 2016.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manahan 2017, Laga Merugikan bagi Persib

Stadion Manahan kembali menjadi tempat duel Maung Bandung vs Macan Kemayoran di Liga 1 2017. Dalam pertandingan itu, Persija Jakarta menang 1-0 namun akhirnya Persija menang 3-0 karena Persib Bandung menolak melanjutkan pertandingan lantaran ada beberapa keputusan wasit yang merugikan.

Itu menjadi kenangan buruk bagi Persib saat menghadapi Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo. Kenangan buruk itu antara lain dalam laga itu adalah parahnya cedera Kim Jeffrey Kurniawan.

Gelandang yang saat itu menjadi andalan Persib harus istirahat cukup lama setelah kaki kirinya mengalami patah karena mendapat tekel keras dari pemain Persija Jakarta, Rudi Widodo.

Kemudian, gol Ezechiel N'douassel yang tidak dianggap wasit, padahal sudah jelas-jelas bola masuk ke gawang Andritany Ardhiyasa setelah membentur mistar gawang. Tandukan Ezechiel N'douassel dimenit 27 yang menggetarkan gawang Andritany malah tidak dianggap wasit asing asal Australia, Evans Shaun Robert.

Akibatnya Persib memutuskan untuk tidak melanjutkan pertandingan. Rencana PSSI menggunakan wasit asing tidak berlanjut pada musim berikutnya.

 

3 dari 4 halaman

Dipta dan Maguwoharjo juga Pernah Gelar Persib Vs Persija

Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, juga pernah menjadi tempat berlangsungnya duel Persib Bandung kontra Persija Jakarta pada Liga 1 2019. Saat itu Persib Bandung menang 2-0 dalam laga yang digelar tanpa penonton..

Sementara pada 2021 ini, dua stadion yakni Stadion Maguwoharjo Sleman dan Stadion Manahan Solo menjadi tempat final turnamen Piala Menpora 2021.

Saat itu, Persib kalah 0-2 dari Persija di final leg pertama di Stadion Maguwoharjo Sleman dan kembali kalah di leg kedua, yaitu 1-2 yang dilangsungkan di Manahan Solo.

4 dari 4 halaman

Posisi Persib dan Persija Saat Ini

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer