Sukses


BRI Liga 1: Irfan Jaya Cedera dan Anekdot Ruang Ganti Tim Tamu yang Dimentahkan Bali United

Bola.com, Denpasar - Persebaya Surabaya, Bali United, Persib Bandung, dan Persita Tangerang sudah merasakan kemenangan di Stadion Ngurah Rai saat mereka bertindak sebagai tuan rumah. Hingga pekan ke-18 BRI Liga 1 2021/2022, belum ada tim tamu yang berhasil menang di stadion angker ini.

Jumat malam (13/1/2022), pada pekan ke-19 BRI Liga 1, tim tamu akhirnya mampu menang. Bali United meskipun bermain di rumah sendiri saat menghadapi Persib Bandung, tapi mereka berstatus sebagai tim tamu.

Banyak prediksi yang terjadi sebelum pertandingan. Ada yang mengatakan Bali United bisa memenangkan pertandingan. Tapi ada juga yang mengatakan Bali United sulit menang.

Ada anekdot dari zaman Gelora Dewata yang mengatakan jika tim tamu tidak akan pernah menang di Stadion Ngurah Rai. Apalagi mereka memakai ruang ganti yang ada di sisi selatan. Tapi beruntungnya mitos tersebut berhasil ditepis Bali United.

Mengenakan jersey merah dengan corak tridatu, Bali United menang tipis 1-0 lewat gol sundulan Stefano Lilipaly pada menit ke-38.

Mengenai jersey pun, pelaku sejarah di Stadion Ngurah Rai sudah menjelaskan jika tim asal Pulau Dewata wajib hukumnya untuk mengenakan jersey tridatu (merah-putih-hitam).

2 dari 4 halaman

Kepercayaan

Memang terbukti ketika di era Gelora Dewata, klub bentukan H. Mislan ini sulit kalah di kandang sendiri. Mendengar pertanyaan apakah faktor jersey berpengaruh terhadap kemenangan Bali United, I Made Andhika Wijaya dan asisten pelatih Bali United, Yogie Nugraha hanya tersenyum.

“Kalau seperti itu, lebih baik kami pakai jersey merah terus agar bisa menang,” seloroh Yogie.

Andhika punya pemikiran berbeda. Sebagai pemain asli Pulau Dewata, dia tahu betul mitos-mitos tersebut dan dia percaya jika masyarakat Bali hidup berdampingan dengan makhluk lain.

“Banyak mantan pemain Gelora Dewata setelah kami lawan Persebaya, berbicara kalau seharusnya kami sebagai pemain Bali harus sembahyang dulu di pohon beringin di stadion, H-1 sebelum pertandingan. Tujuannya bukan apa-apa. Kami sembahyang untuk memohon perlindungan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa). Itu saja,” jelasnya.

3 dari 4 halaman

Irfan Jaya

Pada saat yang bersamaan, Yogie tidak memainkan Irfan Jaya menghadapi Persib. Padahal hal tersebut menjadi kesempatan baik untuk menunjukkan kembali kemampuannya di depan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang datang langsung ke Stadion Ngurah Rai.

Bahkan dia tidak masuk dalam daftar susunan pemain. Kemana Irfan pergi? Yogie menjelaskan jika kondisi pencetak tiga gol di Piala AFF 2020 tersebut cedera dan dia tidak mau memaksakan kondisi Irfan agar bisa dimainkan menghadapi Persib.

“Irfan Jaya dalam kondisi yang kurang bagus. Kami tidak mau pemain kami cedera. Waktu karantina dengan Timnas Indonesia dia cukup lama tidak latihan. Setelah itu kami coba mainkan lawan Barito pekan lalu. Dia mengalami nyeri di aduktornya. Saya tidak mau pikirkan sekarang harus main karena masih ada 15 pertandingan lainnya untuk Bali United,” tutup mantan asisten pelatih Persija Jakarta itu.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer