Sukses


Titik Balik Persebaya Bisa ke Papan Atas BRI Liga 1 2023 / 2024, Padahal Sempat di Zona Degradasi

Bola.com, Surabaya - - Persebaya Surabaya sedang menjalani masa indah di BRI Liga 1 2023/2024. Mereka telah melewati lima pertandingan tak terkalahkan, rinciannya adalah empat menang dan satu imbang.

Bajul Ijo hanya kehilangan dua angka alias meraup 13 angka dalam lima pertandingan tersebut. Apalagi, Persebaya sebenarnya sempat mengalami momen buruk dalam enam pertandingan pertama.

Tim asal Kota Pahlawan itu sempat mengawali Liga 1 dengan menyakinkan dengan menang 3-2 di markas Persis Solo (1/7/2023). Yang terjadi berikutnya, performa Persebaya justru menunjukkan tren menurun.

Bajul Ijo gagal menang di markas sendiri setelah ditahan imbang 1-1 saat menjamu Barito Putera pada pekan kedua lalu (8/7/2023). Mereka kemudian takluk 0-2 di markas PSIS Semarang (16/7/2023).

Persebaya juga ditahan imbang 2-2 oleh RANS Nusantara dalam pekan keempat (23/7/2023). Mereka kalah 0-1 dari Persija Jakarta (30/6/2023).

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pemecatan Aji Santoso

Setelah itu, manajemen klub mengirim ultimatum agar Aji Santoso bisa meraih tujuh poin di tiga laga berikutnya.

Tiga laga yang dimaksud adalah menghadapi Persikabo 1973, Bhayangkara FC (8/8/2023), dan Persita Tangerang (12/8/2023).

Duel melawan Bhayangkara akan berlangsung dalam partai tandang, sedangkan dua lainnya berstatus tuan rumah.

Dengan target itu, artinya Persebaya tidak boleh menelan kekalahan. Tim Bajul Ijo wajib memenangi dua dari tiga laga ke depan. Yang terjadi, Bajul Ijo malah kalah di kandang sendiri saat melawan Persikabo.

Persebaya hanya mengoleksi lima poin dari enam pertandingan dan berada di peringkat ke-16 atau masuk zona degradasi di klasemen sementara.

Aji Santoso pun kehilangan jabatannya dan Uston Nawawi diangkat sebagai pelatih interim.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Performa Apik Bersama Uston Nawawi

Di bawah arahan Uston Nawawi ini Persebaya mampu menunjukkan performa maksimal. Kebetulan, laga pertama dilakoni di markas Bhayangkara FC yang juga sedang dalam momen terpuruk.

Persebaya pun sukses menang 2-1 di kandang Bhayangkara FC. Duel ini berlangsung tak mudah karena tuan rumah unggul dulu lewat gol Sani Rizki di menit ke-20. Beruntung, Persebaya membalas dua gol berkat Bruno Moreira (26’) dan Sho Yamamoto (64’).

Berikutnya, Bajul Ijo melakoni dua laga kandang dengan menjamu Persita Tangerang (12/8/2023) dan PSM Makassar (18/8/2023). Hasilnya, mereka menang dengan skor identik 1-0 dalam dua pertandingan itu.

Masing-masing pencetak gol adalah Sho Yamamoto dan Song Ui-young dalam laga yang berakhir gol tunggal. Tiga kemenangan beruntun ini seolah menambah kepercayaan diri pemain lain untuk tampil agresif.

Rentetan kemenangan beruntun lantas terhenti di pekan ke-10. Bukan kalah, Persebaya bermain imbang 0-0 di markas PSS Sleman (26/8/2023). Hasil ini sudah cukup apik mengingat mereka berupaya tetap mendapat poin.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Faktor Uston Nawawi

Teranyar, mereka menghadapi Borneo FC yang sempat melewati tujuh laga tanpa kekalahan. Pesut Etam bahkan melewati tiga laga beruntun dengan kemenangan. Di luar dugaan, Persebaya juga berhasil menang dengan skor 2-1.

Kali ini, dua gol Persebaya dicetak oleh Bruno Moreira dan Ze Valente. Sama seperti Sho Yamamoto dan Song Ui-young, Ze Valente juga mencetak gol pertama musim ini saat di bawah arahan Uston Nawawi.

Pertandingan Persebaya saat menjamu Borneo FC sendiri menampilkan permainan yang sangat apik. Umpan-umpan pendek kembali muncul hingga akhirnya mereka sukses mengamankan tiga angka.

Keberadaan Uston Nawawi tampaknya telah mengubah permainan Persebaya menjadi lebih optimal. Bruno Moreira mungkin jadi bintang utama, tapi para pemain lain juga mampu memberi kontribusi.

Dari zona degradasi, Persebaya kini berada di posisi keenam klasemen sementara dengan 18 poin dalam 11 pertandingan. Mereka terpaut lima angka saja dari Madura United yang ada di puncak klasemen dengan 23 angka.

Kebetulan, berikutnya Persebaya akan menghadapi Madura United memasuki pekan ke-12. Duel bertajuk Derbi Suramadu itu bakal digelar Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (17/9/2023).

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer