Sukses


3 Langkah Strategis yang Harus Dilakukan Persis Solo untuk Hindari Zona Degradasi BRI Liga 1 2023 / 2024

Bola.com, Solo - Jeda kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 yang berlangsung panjang, wajib dimaksimalkan Persis Solo untuk memperbaiki sejumlah kelemahannya. Perbaikan harus dilakukan jika mereka tak ingin tersungkur di zona degradasi.

Posisi Persis Solo saat ini memang sudah semakin terjepit. Mereka baru saja melewati lima pertandingan tanpa kemenangan dan harus tergusur di peringkat ke-15 klasemen dengan koleksi 25 poin.

Situasi ini memunculkan sinyal bahaya bagi Laskar Sambernyawa. Pasalnya, mereka hanya terpaut satu posisi saja dari zona merah. Persis terpaut empat poin dari Arema FC yang berada di peringkat ke-16.

Ada beberapa problem yang mesti mendapatkan perhatian dari jajaran tim pelatih. Masalah ini membutuhkan perbaikan agar Persis Solo bisa kembali ke jalur kemenangan dan menjauhi zona degradasi.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Perbaiki Sektor Pertahanan

Salah satu permasalahan utama Persis Solo untuk bisa bersaing pada lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 berada di area pertahanan. Sektor ini memang terhitung rapuh, terutama jika merujuk jumlah kebobolannya.

Dari total 22 pertandingan, gawang Laskar Sambernyawa sudah kemasukan 34 gol. Angka ini memang terhitung berbahaya. Sebab, Persis menduduki urutan kelima dalam daftar tim yang paling banyak kebobolan.

Mereka hanya unggul dari Persita Tangerang (37 gol), Bhayangkara FC (39 gol), Arema FC (40 gol), dan Persikabo 173 (44 gol). Tiga tim yang disebut terakhir merupakan penghuni zona merah klasemen.

Buruknya catatan ini juga bisa dilihat dari jumlah cleansheet yang diukir Persis Solo. Mereka hanya bisa mengakhiri dua laga tanpa kebobolan, yakni saat melawan Dewa United (0-0) dan PSIS Semarang (2-0).

3 dari 5 halaman

Masalah Produktivitas Gol

Dari lima pertandingan terakhir, produktivitas gol Persis Solo memang mengalami penurunan yang drastis. Mereka memang nyaris selalu bisa menjebol gawang lawan pada lima pertandingan tersebut.

Namun, jumlahnya hanya mencapai empat gol dari lima laga. Laskar Sambernyawa tak pernah sekalipun mencetak lebih dari satu gol pada duel ini. Terakhir kali mereka bisa melakukannya ialah pada pekan ke-17 saat menang 2-1 atas Bhayangkara FC.

Padahal, sebetulnya Laskar Sambernyawa bukan tanpa peluang pada laga-laga ini. Mereka banyak mendapatkan kesempatan untuk mengoyak gawang lawan, tetapi tak bisa memaksimalkan dengan baik.

Perbaikan konversi peluang Persis jelas masuk dalam catatan evaluasi yang genting. Hal ini sebetulnya juga sempat dikeluhkan caretaker-nya, Tithan Suryata, saat timnya kalah 1-2 dari Dewa United.

4 dari 5 halaman

Butuh Mesin Gol Baru

Saat ini, Laskar Sambernyawa memang mengalami ketergantungan kepada Ramadhan Sananta. Pada dua pertandingan terakhir, dua gol yang dicetak Laskar Sambernyawa bersumber pada striker Timnas Indonesia ini.

Sananta memang belakangan jadi tulang punggung utama bagi tim asal Kota Bengawan. Apalagi, mereka baru saja berpisah dengan pencetak gol terbanyaknya, Fernando Rodriguez, pada paruh musim.

Satu-satunya striker asing yang tersisa, David Gonzales, juga tak bisa berbuat banyak untuk mengatasi permasalahan ini. Sepanjang musim ini, pemain yang akrab disapa Roni itu baru bisa menyumbang tiga gol dan tiga assist.

Selebihnya, tak ada pemain lain yang bisa mencetak lebih dari tiga gol. Kehadiran Sho Yamamoto juga masih belum berdampak banyak karena baru menghasilkan satu gol dari tiga pertandingan.

Mengingat bursa transfer paruh musim telah berakhir, Persis sudah tak bisa mendatangkan pemain baru. Satu-satunya opsi ialah memperbaiki kualitas lini serang agar produktivitas gol mengalami peningkatan.

5 dari 5 halaman

Intip Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer