Sukses


4 Fakta Menarik Persebaya Pecundangi Arema FC: Raja Penalti Kali Ini Gagal Menang

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya menikmati pesta kemenangan atas Arema FC. Bajul Ijo sukses menang 1-0 atas Singo Edan dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (27/3/2024) malam.

Gol tunggal laga ini dicetak oleh bek asing Persebaya Surabaya, Yan Victor, pada menit ke-40. Pemain asal Brasil itu mampu memanfaatkan situasi sepak pojok.

Arema FC sebenarnya tampil lebih mendominasi dalam pertandingan. Mereka terus melakukan serangan sepanjang laga, bahkan sampai menit akhir waktu tambahan. Tapi, pertahanan Persebaya benar-benar solid.

Hasil ini membuat Persebaya naik ke posisi ke-10 klasemen sementara dengan 39 poin dalam 30 laga. Sedangkan Arema masih mengoleksi 31 angka dan rawan masuk zona degradasi lagi pekan ini.

Bola.com telah merangkum empat fakta menarik keberhasilan Persebaya Surabaya mengalahkan Arema dalam Derbi Jatim ini. Simak ulasan berikut:

2 dari 6 halaman

Gol Perdana Yan Victor di Derbi Jatim

Bek Persebaya Surabaya, Yan Victor, untuk kali pertama menghadapi duel panas bertajuk Derbi Jatim. Dia merupakan bek asing yang baru didatangkan Persebaya memasuki putaran kedua BRI Liga 1 2023/2024.

Menariknya, Yan Victor langsung mencetak gol dalam laga pertamanya di Derbi Jatim. Apalagi, itu juga merupakan gol pertama yang disumbangnya untuk Persebaya sejak bergabung.

Dia memanfaatkan situasi tendangan sudut. Bola sempat disundulnya, tapi mengenai Bruno Moreira yang ada di depannya. Bola pantulan itu yang dikonversi jadi gol oleh Yan Victor lewat sepakan kaki kanannya.

Sejak pertama direkrut, bek berpaspor Brasil itu tak pernah absen dan selalu tampil 90 menit dalam 13 laga beruntun. Kali ini, dia mampu mencetak gol yang jadi penentu kemenangan tim Bajul Ijo.

3 dari 6 halaman

Penalti Gagal

Sebelum laga ini, Arema FC tercatat sebagai tim yang paling banyak mendapatkan penalti sebelum laga ini, yakni 11 kali. Semuanya mampu dimanfaatkan sebagai gol. Dan di laga ini, mereka kembali mendapat hadiah penalti.

Momen itu terjadi di menit ke-63. Wasit Gideon Dapaherang menunjuk titik putih karena menganggap Kadek Raditya melakukan handsball. Padahal, tayangan ulang menunjukkan bola mengenai badan.

Dalam situasi ini, Dedik Setiawan maju sebagai eksekutor ke-64. Namun, bola yang mengarah ke sisi kiri gawang berhasil diblok oleh kiper Andhika Ramadhani. Untuk kali pertama, Arema gagal mencetak gol lewat titik putih di musim ini.

Total, Arema sudah 12 kali diberi penalti oleh wasit dan itu masih jadi rekor terbanyak yang didapat oleh sebuah tim Liga 1 musim ini.

4 dari 6 halaman

10 Penyelamatan Kiper

Andhika Ramadhani pantas disebut sebagai pahlawan Persebaya Surabaya. Tanpa aksi impresifnya, tim Bajul Ijo mungkin gagal menundukkan Arema. Satu momen penting diciptakannya saat menepis penalti Arema.

Dia mampu membaca arah bola eksekusi tendangan penalti Dedik Setiawan di menit ke-64. Bola yang mengarah ke sisi kiri gawang berhasil diblok oleh kiper asli Surabaya itu.

Menariknya, Arema FC melepaskan 10 tembakan dan tak ada yang berbuah gol. Artinya, Andhika benar-benar tampil cemerlang di bawah mistar Persebaya dengan melakukan 10 penyelamatan.

Meski berstatus kiper kedua, Andhika punya catatan statistik yang luar biasa. Dia mampu membukukan tujuh clean sheet dan hanya kebobolan 14 gol dalam 18 penampilan musim ini.

 

5 dari 6 halaman

Dominasi Persebaya

Kali terakhir Arema berhasil mengalahkan Persebaya Surabaya terjadi pada Liga 1 2019, tepatnya 15 Agustus 2019 atau sudah hampir lima tahun lalu. Saat itu, Arema sukses menang 4-0. Setelah itu, Persebaya tak pernah kalah lagi.

Persebaya melanjutkan dominasi dalam rivalitas sengit bertajuk Derbi Jatim melawan Arema. Bajul Ijo sudah tidak terkalahkan dalam delapan pertemuan terakhir di semua ajang. Hasilnya, Persebaya menang tujuh kali, dan hanya sekali seri.

Jika menilik pertemuan di Liga 1, Persebaya berhasil selalu menang dalam lima pertemuan terakhir dengan Arema FC. Hal itu semakin menambah kuat status Bajul Ijo sebagai tim yang mendominasi Singo Edan.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer