Sukses


7 Cara Menghemat Listrik di Rumah, Tekan Pengeluaran dan Ramah Lingkungan

Bola.com, Jakarta - Listrik menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan masa sekarang. Tanpa listrik, kita akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari.

Di rumah, misalnya, listrik digunakan untuk berbagai keperluan penting, seperti lampu, peralatan elektronik (televisi, mesin cuci, lemari es, AC, kipas angin, microwave, kompor, gadget, komputer, dan masih banyak lagi lainnya).

Pentingnya listrik dalam kehidupan sehari-hari di rumah terkadang dibarengi dengan lonjakan biaya tagihan listrik atau Anda harus berulang kali membeli token listrik.

Itulah mengapa, Anda perlu hemat dalam pemakaian listrik. Tidak hanya agar pengeluaran bulanan tidak membengkak, menghemat pemakaian listrik di rumah menjadi satu di antara cara kita ikut menjaga lingkungan.

Seperti diketahui, energi listrik masih bergantung pada energi fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

Ada cara-cara agar Anda dan keluarga bisa menghemat pemakaian listrik di rumah. Anda bisa terapkan mulai sekarang, dengan didukung dan dipraktikkan seluruh anggota keluarga.

Berikut beberapa cara menghemat listrik di rumah, seperti disadur dari Merdeka, Jumat (10/12/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Menghemat Listrik di Rumah

1. Matikan Lampu ketika Tidak Digunakan

Cara menghemat energi listrik di rumah yang pertama adalah dengan mematikan lampu saat sudah tidak dibutuhkan. Gunakan lampu hanya saat diperlukan dan matikan pada siang hari. 

Coba untuk mematikan lampu di bagian rumah yang tidak diperlukan, seperti di ruang tamu, di kamar mandi, dan ruangan lainnya.

2. Matikan Peralatan Elektronik yang Tidak Dibutuhkan

Sama halnya lampu, matikan elektronik yang sudah tidak dibutuhkan, seperti televisi, kipas, dan komputer. 

Meninggalkan elektronik dalam keadaan menyala berarti listrik terus keluar secara sia-sia. Daya listrik yang tetap menyala dapat menambah 10 persen dari penggunaan listrik tahunan rata-rata rumah tangga.

3. Cabut Steker dari Colokan

Cara selanjutnya, mencabut steker dari colokan setelah selesai digunakan. Sebab, meski tidak digunakan, steker yang tetap menancap di colokan akan tetap menyalurkan energi listrik.

Hal ini mungkin tampak sepele, listrik yang dikonsumsi mungkin tampak kecil, tetapi ketika dibiarkan dalam waktu lama dengan jumlah yang banyak, semuanya akan menyebabkan pemborosan energi.

Pastikan untuk mencabut steker peralatan listrik apa pun, termasuk charger ponsel yang sudah tidak digunakan. Mencabut satu steker mungkin tak seberapa. Tetapi, jika jumlah steker di rumah banyak, tentu cara ini membantu.

Selain menghemat listrik, mencabut steker bisa mencegah terjadinya korsleting listrik.

3 dari 4 halaman

Cara Menghemat Listrik di Rumah

4. Gunakan Barang Hemat Energi

Saat ini telah banyak beredar di pasaran peralatan rumah hemat energi dan ramah lingkungan. Seperti, lampu LED yang dirancang untuk memberikan cahaya yang tampak lebih alami dengan menggunakan energi yang jauh lebih sedikit daripada bola lampu pijar tradisional. 

Beberapa produk elektronik seperti AC, televisi, dan mesin cuci juga sudah banyak tersedia dalam bentuk hemat energi.

5. Perhatian Perawatan Barang Elektronik

Berikutnya, perlu diketahui bahwa peralatan elektronik, seperti TV, AC, microwave, dan lainnya akan bekerja lebih efektif dan menghemat listrik di rumah jika dirawat dengan baik. 

Semisal, ketika filter AC tersumbat, suhu AC menjadi tidak stabil, dan Anda cenderung menurunkan suhu.

Hal Ini dapat membuat kinerja AC lebih berat dan memakan banyak energi. Sistem yang sama berlaku untuk mesin pencuci piring, pengering, dan peralatan lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Menghemat Listrik di Rumah

6. Manfaatkan Cahaya Matahari

Cara menghemat energi listrik di rumah selanjutnya adalah degan memanfaatkan cahaya matahari di siang hari. Saat membangun rumah pasang jendela yang dapat menangkap cahaya matahari maksimal di siang hari.

Anda juga bisa mencoba memasang atap transparan di rumah untuk mendapatkan pencahayaan alami. Dengan begitu, ruangan tetap terang di siang hari tanpa bantuan penerangan lampu.

Tidah hanya menjadi penerang di siang hari, atap transparan tersebut bisa dipasang di ruang jemuran untuk mengeringkan baju. Jadi, tidak perlu lagi menggunakan mesin pengering yang juga akan menghemat energi listrik.

7. Hemat Air

Bukan hanya mematikan lampu dan barang-barang elektronik, secara tidak langsung Anda bisa menghemat energi listrik dengan cara menghemat penggunaan air. 

Beberapa orang menggunakan pompa air berdaya listrik untuk mendapatkan sumber air. Cara ini tentunya memakan cukup banyak energi listrik.

Dengan hemat penggunaan air maka mesin pompa air tidak sering menyala. Coba untuk memiliki tempat penampungan air supaya mesin otomatis pompa juga tidak terlalu sering menyala. 

Lalu, saat menyikat gigi, keramas atau mencuci mobil, matikan air sampai benar-benar membutuhkannya.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 18/3/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer