Sukses


Jenis-Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Berwisata

Bola.com, Jakarta - Olahraga menjadi satu di antara aktivitas yang tidak boleh dilewatkan siapa saja. Selain bermanfaat untuk kesehatan, rutin berolahraga berdampak pada kebugaran tubuh.

Bahkan, saking penting olahraga, saat liburan pun tetap menjadi agenda wajib yang perlu dilaksanakan. Jadi, olahraga bisa juga dilaksanakan sambil berwisata.

Kini, seiring berjalannya waktu, olahraga yang digabungkan dengan menjelajahi destinasi wisata mulai diminati masyarakat dan trennya makin meningkat.

Olahraga sambil berwisata tentunya tak hanya menyehatkan, tetapi juga menyenangkan. Jadi, tak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga.

Lantas, jenis olahraga apa saja yang bisa dilakukan sambil berwisata?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan sambil berwisata, seperti disadur dari bola.net, Rabu (29/12/2021).

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga

Bersepeda

Saat ini, ada beberapa tempat wisata menyediakan jasa penyewaan sepeda. Coba untuk menyewa dan bersepeda keliling tempat wisata.

Selain bisa membuat tubuh lebih bugar, daya jelajah sepeda yang lebih luas dapat membantu menemukan lokasi wisata yang lebih beragam. Siapa tahu dengan bersepeda di tempat wisata, dapat menemukan tempat wisata baru yang belum diketahui sebelumnya.

Rafting

Rafting bisa menjadi satu di antara pilihan olahraga sekaligus berwisata yang tepat untuk mengusir kepenatan. Wisatawan dapat teriak sepuas-puasnya tanpa perlu ada yang melerai. Sebab, memang di sana tempatnya.

Kelebihan lain dari rafting adalah dapat memacu adrenalin hingga melatih otot-otot tubuh. Selain itu, mata akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang mengapit sungai nan sedap dipandang.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga

Selancar

Bagi penggemar selancar, tak ada destinasi yang lebih menarik selain pantai dengan ombak yang luar biasa gahar. Sebab, di sanalah justru 'surga' wisata para peselancar berada.

Selain benar-benar memuaskan pikiran, selancar menjadi olahraga yang merangsang gerakan otot tubuh secara keseluruhan pun dalam menjaga keseimbangan. Tak heran, tubuh para peselancar terlihat atletis dan menjadi dambaan.

Berenang

Berenang saat berwisata bukan saja bisa dilakukan dengan pergi ke waterpark. Namun, renang juga bisa dilakukan di lokasi-lokasi alam yang memang memungkinkan. Danau misalnya.

Selain air yang dingin, tempat yang masih alami rasanya pas untuk menyegarkan diri berlama-lama di dalam air. Meski begitu, usahakan waspada dengan kesehatan mata karena berenang berlama-lama juga rentan menyebabkan iritasi mata.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga

Diving

Selain berenang, wisata yang tak kalah menyehatkan adalah menyelam atau diving. Sekalipun terlihat kalem, diving membutuhkan tubuh yang prima dan teknik pernapasan yang benar.

Jadi, selain bisa bertemu makhluk hidup laut, diving membuat tubuh jadi lebih bugar selama berwisata.

Mendaki Gunung

Mendaki gunung adalah aktivitas olahraga dengan berjalan naik dan turun gunung. Kegiatan ini biasa dilakukan berkelompok, dan menjadi satu program kegiatan unit pencinta alam baik di sekolah, mahasiswa, maupun umum.

Kegiatan ini menumbuhkan kesenangan karena dapat melihat panorama alam di sepanjang perjalanan naik dan turun gunung serta ketika berada di puncak gunung.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga

Snorkeling

Snorkeling atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan peralatan yang disebut snorkel. Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah.

Snorkel berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air. Kegiatan snorkeling bisa dilakukan semua orang, meski tidak dapat berenang.

Penyelam yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung bisa mengenakan baju pelampung. Jika air bersuhu rendah, penyelam dapat memakai baju selam untuk menjaga tubuh dari kedinginan sekaligus untuk melindungi dari sengatan binatang air.

Panjat Tebing

Panjat tebing cocok untuk anak muda. Olahraga ini termasuk menguji adrenalin karena memiliki tantangan yang tinggi. Tebing yang makin ekstrem akan makin menantang. Olahraga ini disukai para pencinta alam.

Bagi Anda yang menyukai tantangan, olahraga ini dapat menjadi pilihan. Tetapi, perlu diingat, faktor keselamatan perlu diperhatikan.

 

Disadur dari: Bola.net (Published: 15/12/2016)

Video Populer

Foto Populer