Sukses


8 Manfaat Senam Ketangkasan bagi Kesehatan, Bikin Tubuh Makin Bugar

Bola.com, Jakarta - Olahraga senam mengalami perkembangan pesat, yang disesuaikan dengan kebutuhan. Satu di antara jenis senam yang baik untuk kesehatan dan kebugaran ialah senam ketangkasan.

Senam ketangkasan adalah senam yang menggerakkan semua anggota badan untuk melenturkan tubuh, memberikan kesehatan fisik, dan kekuatan pada fisik tubuh.

Senam ketangkasan dikenal juga sebagai senam artistik karena gerakan olahraga ini memiliki bentuk-bentuk yang teratur. Jenis senam ini menitikberatkan gerakan pada aspek ketrampilan dan penampilan.

Senam ketangkasan dapat dilakukan baik menggunakan alat ataupun tanpa alat. Adapun tujuan penggunaan alat bantu dalam senam ketangkasan untuk membuat gerakannya menjadi tepat dan terarah.

Alat yang digunakan dalam senam ketangkasan ialah palang sejajar, palang tunggal, gelang-gelang palang bertingkat, dan kuda-kuda pelana.

Pada dasarnya senam ketangkasan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini ulasan mengenai manfaat senam ketangkasan bagi kesehatan, dikutip dari laman Dosenpenjas dan Studioliterasi, Rabu (15/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Senam Ketangkasan bagi Kesehatan

1. Menjaga Kebugaran Jasmani

Senam ketangkasan mampu menjaga serta meningkatkan kebugaran jasmani. Gerakan lincah yang sistematis bisa merangsang perkembangan otot dan kekuatan tulang.

Hal ini mampu meningkatkan semangat, baik semangat untuk melakukan kegiatan olahraga maupun aktivitas sehari-hari lainnya.

2. Meningkatkan Imunitas

Rajin berolahraga senam ketangkasan mampu meningkatkan imunitas tubuh. Apabila imunitas tubuhmu bagus, kamu tidak akan mudah terserang penyakit yang berbahaya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Senam Ketangkasan bagi Kesehatan

3. Mengencangkan Otot

Manfaat senam ketangkasan yang ketiga ialah mampu mengencangkan otot tubuh. Senam ketangkasan memiliki gerakan yang bisa meningkatkan kekuatan otot tangan, kaki, dan perut, sehingga kerja otot akan lebih mudah saat melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Melatih Kelenturan

Kelenturan atau fleksibilitas merupakan keleluasaan gerakan, khususnya pada area otot persendian. Unsur kelenturan tubuh dapat dibentuk dengan menjalani senam ketangkasan.

Praktiknya, kelenturan berperan menciptakan rangkaian gerakan yang lebih teratur dan meningkatkan nilai estetika. Tak hanya mengurangi risiko cedera, manfaat senam ketangkasan ini juga menjadikan tubuh terasa lebih ringan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Senam Ketangkasan bagi Kesehatan

5. Memperindah Bentuk Tubuh

Manfaat yang bisa didapat dari senam ketangkasan kelima ialah memperindah tubuh. Rutin melakukan senam ketangkasan diyakini bisa membuat tubuh makin indah. Tak hanya itu, kamu juga akan makin percaya diri dengan bentuk tubuh yang indah.

6. Mencegah Bermacam Penyakit

Rutin melakukan senam ketangkasan bisa mencegah tubuhnya dari berbagai penyakit seperti obesitas, masalah pernapasan dan jantung.

Gerakan-gerakan dalam senam ketangkasan dapat membakar banyak kalori sehingga penyakit tidak datang.

5 dari 5 halaman

Manfaat Senam Ketangkasan bagi Kesehatan

7. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Rutin melakukan senam ketangkasan bisa meningkatkan kemampuan motorik. Tak hanya untuk orang dewasa, senam ketangkasan juga bermanfaat bagi tumbuh kembang motorik anak-anak.

8. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi Tubuh

Melakukan senam ketangkasan secara rutin bisa membentuk keseimbangan dan kooordinasi tubuh yang baik. Keseimbangan tubuh diperlukan, khususnya bagi orang yang sudah lanjut usia agar mampu berjalan dengan tegak.

 

Sumber: Dosenpenjas, Studioliterasi

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer