Sukses


Ini Daftar Klub yang Menembus 16 Besar Liga Champions

Bola.com - Pertandingan fase grup Liga Champions musim ini telah rampung digelar. Sebanyak 16 tim berhasil mengamankan tiket lolos ke fase knock-out kompetisi elit antar klub Eropa tersebut.

Laga penyisihan grup Liga Champions diikuti oleh 32 tim dan dihelat pada 13-14 September, 27-28 September, 18-19 Oktober, 1-2 November, 22-23 November, dan 6-7 Desember 2016. Total ada 96 pertandingan serta menghasilkan 278 gol atau rata-rata 2,9 gol per laga.

Borussia Dortmund menjadi tim yang paling produktif di fase grup. Die Borussen sukses mencetak 21 gol sekaligus memecahkan rekor 20 gol milik Manchester United (musim 1998-1999), Barcelona (musim 2011-2012, 2016-2017), dan Real Madrid (musim 2013-2014) pada babak penyisihan grup.

Selain itu, Spanyol menjadi klub yang paling banyak mengirimkan wakilnya ke fase 16 besar Liga Champions, yakni empat tim. Disusul Inggris dan Jerman dengan tiga tim, serta Italia, Prancis dan Portugal yang sama-sama memiliki dua tim.

Rencananya, pengundian 16 besar Liga Champions akan dihelat di Nyon, Swiss pada 12 Desember 2016. Untuk pertandingan leg pertama 16 besar berlangsung pada 14, 15, 21, dan 22 Februari 2017, sedangkan leg kedua pada 7, 8, 14, dan 15 Maret  2017.

Berikut ini 16 klub yang berhasil lolos ke fase knock-out Liga Champions 2016-2017:

2 dari 9 halaman

Grup A

Persaingan sengit terjadi antara Arsenal dan Paris Saint-Germain dalam memperebutkan status juara grup. Kedua klub bahkan sempat memiliki jumlah poin yang sama karena memetik empat kemenangan dan satu hasil imbang.

Namun pada akhirnya, The Gunners lah yang bercokol di puncak grup. Pada pertandingan terakhir fase grup, Arsenal meraih kemenangan 4-1 atas Basel, sedangkan PSG ditahan 2-2 Ludogorets Razgrad.

Arsenal melenggang ke-16 besar sebagai juara Grup A dengan nilai 14, unggul dua poin dari Paris Saint-Germain di tempat kedua. Sementara itu, Ludogorets Razgrad yang berada di posisi ketiga dengan tiga poin melanjutkan kiprahnya ke-32 besar Liga Europa.

3 dari 9 halaman

Grup B

Empat tim yang menghuni Grup B terlibat persaingan yang cukup ketat untuk bisa lolos ke-16 besar. Napoli, Benfica, Besiktas, dan Dynamo Kyiv berhasil memetik kemenangan.

Setelah menjalani enam pertandingan, Napoli yang akhirnya keluar sebagai juara Grup B. Partenopei mengoleksi 11 poin hasil dari tiga kemenangan, dua hasil imbang, dan sekali kalah.

Mereka unggul tiga poin atas Benfica di tempat kedua, sedangkan Besiktas yang mengumpulkan tujuh poin bakal berlaga di Liga Europa.

4 dari 9 halaman

Grup C

Laju Barcelona pada fase grup sulit dibendung. Skuat Catalan memetik lima kemenangan dan hanya menelan satu kekalahan. Blaugrana pun akhirnya lolos ke fase knock-out Liga Champions dengan menempati puncak Grup C dengan nilai 15.

Mereka unggul enam poin atas Manchester City yang melenggang ke-16 besar sebagai runner-up. Sementara itu, Borussia Monchengladbach yang berada di peringkat ketiga dengan angka tiga akan berlaga di Liga Europa.

5 dari 9 halaman

Grup D

Atletico Madrid dan Bayern Munchen menjadi dua klub yang paling tangguh di Grup D. Laju keduanya sulit dibendung oleh Rostov dan PSV Eindhoven.

Meski menelan kekalahan 0-1 dari Bayern pada pertandingan terakhir, Atletico tetap menembus 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup D. Los Rojiblancos mengumpulkan 15 poin unggul tiga poin atas Bayern di tempat kedua.

Sementara itu, Rostov berada di posisi ketiga dengan lima poin, dan PSV Eindhoven di dasar grup dengan dua poin.

6 dari 9 halaman

Grup E

Dari Grup E, AS Monaco keluar sebagai juara grup dan lolos ke-16 besar. Monaco mendulang 11 poin hasil dari tiga kemenangan, dua hasil imbang, dan hanya menelan satu kekalahan.

Tempat kedua diisi oleh Bayer Leverkusen. Klub asal Jerman itu mengumpulkan 10 poin, disusul Tottenham Hotspur di peringkat ketiga dengan nilai tujuh.

7 dari 9 halaman

Grup F

Berstatus sebagai juara bertahan, Real Madrid digadang-gadang tidak akan kesulitan untuk lolos ke-16 besar Liga Champions dan mengamankan status pemuncak grup. Namun, Madrid mendapatkan perlawanan sengit dari Borussia Dortmund.

Die Borussen keluar sebagai juara grup dengan mengumpulkan 14 poin. Sementara itu, El Real bercokol di posisi kedua dengan mengoleksi nilai 12. Legia Warsawa berada di urutan ketiga dengan empat poin, dan Sporting CP di dasar grup dengan tiga angka.

8 dari 9 halaman

Grup G

Kejutan Leicester City di ajang Premier League musim lalu berlanjut di Liga Champions musim ini. The Foxes mampu mengamankan puncak Grup G dengan mengoleksi 13 poin hasil dari empat kemenangan, satu hasil imbang, dan menelan satu.

Mereka unggul 11 angka atas klub raksasa asal Portugal, FC Porto, yang lolos ke-16 besar dengan status runner-up Grup G, sedangkan Copenhagen di peringkat ketiga dan Club Brugge di dasar grup.

9 dari 9 halaman

Grup H

Juventus menjadi salah satu klub yang tampil apik pada fase penyisihan grup. I Bianconeri mampu mendulang 14 poin hasil dari empat kemenangan, dua hasil imbang, dan belum pernah kalah.

Juve pun lolos ke-16 besar sebagai juara Grup H. Anak asuh Massimiliano Allegri tersebut unggul tiga poin atas Sevilla di posisi kedua. Sementara itu, Olympique Lyon yang berada di tampat ketiga terlempar ke-32 besar Liga Europa.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.
    Juventus adalah klub sepakbola asal Italia

    Juventus

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

Video Populer

Foto Populer