Sukses


Ayo Diskusi Bincang Taktik Filosofi Sepak Bola Luis Milla

Bola.com, Jakarta - Bola.com bekerja sama dengan lembaga kepelatihan sepak bola KickOff! Indonesia kembali menggelar acara diskusi rutin Bincang Taktik pada Rabu (29/3/2017). Untuk kali ini, tema yang kami pilih “Pelajaran Penting dari Filosofi Sepakbola Luis Milla.”

Sosok Luis Milla Aspas belakangan jadi perbincangan hangat di kalangan pencinta sepak bola Tanah Air. Arsitek asal Spanyol tersebut didapuk PSSI menukangi Timnas Indonesia level senior dan U-22.

Rekam jejak pelatih kelahiran Teruel, Spanyol, 12 Maret 1966 terhitung mentereng. Saat aktif bermain ia sempat berkostum Barcelona, Real Madrid, dan Valencia.

Di dunia kepelatihan kiprahnya terhitung apik. Ia membawa Timnas Spanyol U-21 jadi jawara Piala Eropa U-21 2011. Ander Herrera, Juan Mata, Thiago Alcantara, David de Gea, adalah anak-didik Luis Milla.

Milla cukup berpengalaman memegang timnas belia Negeri Matador. Ia sempat jadi pelatih Spanyol U-19 (2008-2010), U-20 (2009), U-21 (2010-2012), dan U-23 (2012).

Pelatih yang saat merumput berposisi sebagai gelandang bertahan tersebut berkesempatan melatih tiga klub Spanyol, Getafe (asisten), Lugo, dan Real Zaragoza. Sebelum ke Indonesia ia rempat bertualang ke Arab Saudi dengan menjadi pelait Al Jazira.

Milla diharapkan menularkan filosofi sepak bolanya ke Indonesia. Jadi pelatih Timnas Indonesia bukan pekerjaan mudah bagi Milla. 

Indonesia mengalami kemarau panjang prestasi di persaingan sepak bola internasional, terutama di level Asia Tenggara. Setelah menjadi juara SEA Games 1991, tak ada lagi trofi yang didapat Tim Merah-Putih.

Tugas pertama Luis Milla adalah memimpin skuat Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017 yang akan dihelat pada bulan Agustus mendatang. Tak hanya diberi beban target juara, Milla diharapkan menurunkan filosofinya ke pesepak bola muda Indonesia.

Lewat diskusi Bincang Taktik, Bola.com dan KickOff! Indonesia mencoba membedah secara mendalam dari sisi teknik dan taktikal seperti apa sosok Luis Milla. Besar harapan, dengan memahami cara bekerja sang mentor, pelaku sepak bola nasional bisa lebih mudah memahami filosofi sepak bola Milla yang akan dijadikan fondasi membangun style bermain sepak bola Indonesia.

Dalam acara diskusi kami menghadirkan sejumlah pembicara yang kompeten di bidangnya. Ada sosok Danurwindo yang menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI. Ia yang bersentuhan langsung dengan Milla dalam urusan area teknik di level timnas.

Di sisi lain ada figur Ricky Nelson, sosok pelatih muda yang tengah naik daun setelah mengantar tim muda Pusamania Borneo FC ke final Piala Presiden 2017. Noval Aziz, peneliti taktik dari KickOff! Indonesia akan ikut membedah style bermain Luis Milla di Timnas Junior Spanyol.

Diskusi Bincang Taktik kali ini rencananya akan live streaming di Vidio.com, Bola.com, dan Liputan6.com.

Untuk bisa ikut serta acara diskusi Bincang Taktik ini pembaca bisa mendaftarkan diri tanpa dipungut biaya. So, jangan ragu-ragu untuk ikut serta. Informasi lebih detail simak di bawah ini:

Bincang Taktik: Pelajaran Penting Filosofi Sepak Bola Luis Milla (Bola.com/GRAFIS: Adreanus Titus/ FOTO: Vitalis Yogi)

 

Video Populer

Foto Populer