Sukses


4 Pemain Termahal di Liga Top Eropa

Bola.com, Jakarta Bursa transfer awal musim 2016-2017 ditutup pada Rabu (31/8/2016) pukul 23:59 waktu setempat. Berbagai kejutan besar mewarnai 4 liga besar di Eropa, Premier League, Serie A, La Liga, dan Bundesliga.

Para klub asal Inggris yang bermain di Premier League menjadi yang paling aktif di bursa transfer awal musim 2016-2017. Total, ada 13 klub yang memecahkan rekor transfer mereka sendiri.

Klub-klub asal Premier League jika diakumulasikan menghabiskan dana sebesar 1,1 triliun poundsterling (Rp 192 triliun) di bursa transfer awal musim 2016-2017. Pengeluaran terbesar ada pada transfer Paul Pogba ke MU, John Stones ke Manchester City, dan Granit Xhaka ke Arsenal.

Duo klub asal Kota Manchester, Manchester United dan Manchester City, menjadi yang paling aktif di bursa transfer awal musim. City mendatangkan 7 pemain baru. Mereka adalag Ilkay Gundogan, Nolito, Oleksandr Zinchenko, Leroy Sane, Marlos Moreno, John Stones, dan Claudio Bravo.

Sementara itu, MU mendatangkan 4 pemain baru, yakni Eric Bailly, Zlatan Ibrahimovic, Henrikh Mkhitaryan, dan Paul Pogba. Nama terakhir berhasil memecahkan rekor transfer dunia.

Di sisi lain, raksasa Spanyol, Real Madrid, tak lagi aktif dalam memboyong berbagai bintang ternama pada bursa transfer awal musim. Los Blancos sejauh ini hanya mendatangkan penyerang Alvaro Morata dari Juventus.

Berikut Para Pemain Termahal dari Berbagai Liga di Eropa:

1. Paul Pogba (Termahal di Premier League)

Paul Pogba saat ini memegang rekor sebagai pemain termahal di dunia. Manchester United menebusnya dari Juventus dengan harga 89 juta poundsterling (Rp 1,5 triliun). Dia mengalahkan rekor transfer yang sebelumnya dipegang oleh Gareth Bale.

Banyak orang yang menertawakan keputusan MU membeli Pogba dengan amat mahal. Pasalnya, Pogba dulunya merupakan pemain akademi Setan Merah di masa kepemimpinan Sir Alex Ferguson.

Pogba bergabung bersama akademi MU pada 31 Juli 2009. Dia akhirnya dipromosikan ke tim utama MU pada tahun 2011. Namun, pemain bernama lengkap Paul Labile Pogba itu hanya 7 kali tampil membela tim senior MU.

Merasa tidak betah, Pogba akhirnya bergabung bersama Juventus pada tahun 2012. Bersama Juve, Pogba menjelma menjadi salah satu gelandang serang terbaik di dunia. Selama 4 musim, dia tampil 178 kali dan mencetak 34 gol.

Pogba membawa Juventus meraih 4 gelar Scudetto secara beruntun, 2 gelar Piala Italia dan Piala Super Italia. Pemain berusia 23 tahun itu sejauh ini sudah tampil dua kali membela MU pada ajang Premier League 2016-2017.

2. Gonzalo Higuain (Termahal di Serie A)

Juventus harus merogoh dalam koceknya untuk mendapatngkan bomber Gonzalo Higuain dari Napoli. Juve harus membayar sebesar 76 juta poundsterling (Rp 1,3 triliun) untuk mendapatkan servis pemain berkebangsaan Argentina itu.

Penampilan gemilang Higuain pada musim 2015-2016 menajdi alasan utama Juventus kepincut untuk meminangnya. Mantan penggawa Real Madrid itu musim lalu menciptakan 36 gol dari 35 pertandingan untuk Napoli pada ajang Serie A.

Namun, Higuain justru mendapatkan banyak kritik di awal kiprahnya bersama Juventus. Bukan karena tidak produktif dalam mencetak gol, melainkan karena bobot badannya yang melonjak drastis usai libur akhir musim.

Bahkan, Higuain sempat dijuluki babi kecil oleh Mantan pemain Barcelona, Robert Prosinecki. Pemain berusia 28 tahun itu sudah menciptakan 1 gol dari 2 laga Juventus di Serie A 2016-2017.

3. Andre Gomes (Termahal di La Liga)

Barcelona menjadi klub La Liga yang paling aktif di bursa transfer awal musim 2016-2017. Blaugrana mendatangkan 5 pemain baru. Namun, gelandang Andre Gomes menjadi yang termahal.

Pemain berkebangsaan Portugal itu diboyong Barca dari Valencia seharga 29 juta poundsterling (Rp 509 miliar). Dia menandatangani kontrak berdurasi selama 5 musim bersama Blaugrana.

Ada momen mengharukan saat Gomes secara resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Barcelona pada Rabu (27/7/2016). Gomes menandatangani kostum Barcelona pertamanya dan kemudian memberikannya kepada sang ayah, Casemiro Gomes.

Dia kemudian langsung memeluk Gomes dengan erat. Casemiro tampak menangis dan Gomes mengelus punggung sang ayah untuk menenangkannya. Mereka berpelukan selama sekitar dua menit.

Casemiro memang pendukung setia Barcelona. Alasan ini juga yang menyebabkan Gomes memilih bergabung bersama Barcelona dari Valencia dan menolak pinangan Real Madrid.

Hampir seluruh anggota keluarga Andre Gomes datang pada momen ini, di antaranya Maria Julieta selaku ibunya, Nuno sebagai saudara laki-lakinya, dan kekasihnya Lisa.

4. Mats Hummels (Termahal di Bundesliga)

Mats Hummels dibeli Bayern Munchen dari Horussia Dortmund seharga 29 juta poundsterling (Rp 509 miliar). Pemain berusia 27 tahun itu menandatangani kontrak berdurasi selama 5 musim.

Hummels merupakan pemain didikan akademi Bayern sejak 1995. Namun, dia hanya tampil sekali untuk tim senior Die Roten pada periode 2007-2009. Memasuki musim berikutnya, Dortmund membeli Hummels secara permanen dari Bayern.

Bersama Dortmund, Hummels menjadi andalan di lini belakang dan sukses mempersembahkan lima gelar juara, termasuk dua trofi Bundesliga pada 2010-2011 dan 2011-2012. Jelang musim ini usai, Hummels resmi direkrut Bayern dari Die Borussen.

Video Populer

Foto Populer