Sukses


Ini Rencana Cristiano Ronaldo Setelah Pensiun dari Lapangan Hijau

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo masih mampu menunjukkan kemampuan level atas meski sudah berusia 35 tahun. Pada dua musim terakhir, Cristiano Ronaldo menjadi bagian penting dari performa Juventus di liga domestik maupun Liga Champions.

Pada sisi lain, Cristiano Ronaldo sadar karier sebagai pesepak bola akan tetap berakhir. "Saya tahu itu. Saya tak terlalu terobsesi dengan latihan, tapi saya selalu ingin meraih kesuksesan. Dua hal itu sangat berbeda, dan saya sudah menyiapkan," katanya, di SportBible.

Ia mengaku tak ingin menjdi seorang yang 'gila', yakni menghabiskan seluruh karier di sepak bola. Cristiano Ronaldo membocorkan rencananya setelah pensiun dari lapangan hijau, yakni menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Beberapa waktu lalu, Forbes menurunkan fakta, gaya hidup Cristiano Ronaldo sudah mencerminkan nilai jual yang tinggi. Saat itu, status Cristiano Ronaldo adalah objek. Kini, seperti layaknya David Beckham, Cristiano Ronaldo sudah mulai merintis status baru sebagai pengusaha.

CR7 sudah memiliki beberapa brand fesyen papan atas, termasuk yang terbaru adalah parfum berlabel 'Play It Cool'. Walhasil, sederet koleksi brand dan toko yang sudah dimiliki membuat Cristiano Ronaldo tengah berupaya membangun kerajaan bisnis.

 

2 dari 3 halaman

Cinta Sepak Bola

"Saya masih cinta sepak bola karena senang memberi hiburan untuk fans. Pada sisi lain, saya harus sudah bersiap menapak ke level yang lain, dan saya sudah menyiapkan itu," tegas Cristiano Ronaldo.

Pesepak bola berusia 35 tahun itu mengaku sudah memikirkan zona pelaku bisnis sejak lima tahun lalu. Saat itu, ia sudah tergerak karena selalu menjadi objek dari sebuah bisnis besar, sementara dia tak bisa menentukan.

Marca menulis, lini bisnis Cristiano Ronaldo tergolong lengkap. Ia sudah punya brand khusus pakaian dalam, denim, sepatu, parfum, restoran, tempat fitnes, hotel sampai agensi digital.

 

3 dari 3 halaman

Nilai Jual

Nilai jual dan segmen pemasaran Cristiano Ronaldo juga tak akan sulit. Saat ini, ia menjadi atlet dengan pengikut terbanyak di Instagram. Data dari Hookit, sebuah lembaga penganalisa bisnis olah raga, mengungkapkan, sekali posting, Cristiano Ronaldo memiliki tarif hampir Rp12 miliar. Hal itu terkait interaksi CR7 yang mencapai angka 880 juta pada tahun lalu.

Sekadar catatan, Cristiano Ronaldo pernah mencatat rekor, yakni mendapat kontrak senilai 1 miliar dolar AS dari Nike pada 2016. Bagi Nike, kontrak itu menjadi yang ketiga setelah bersama LeBron James dan Michael Jordan.

Sumber : SportBible

Video Populer

Foto Populer