Sukses


Keuntungan Kocak Timnas Portugal dari Penundaan Piala Eropa 2020

Bola.com, Jakarta - UEFA resmi menunda Piala Eropa ke musim panas 2021. Hal iyu membuat negara-negara yang telah lolos memiliki tambahan waktu satu tahun untuk menyempurnakan skuad.

Negara seperti Inggris dan Belanda sangat diuntungkan dengan penundaan Piala Eropa 2020. Pasalnya, jika Piala Eropa tetap berlangsung sesuai jadwal, lini depan mereka tidak bisa tampil dengan kekuatan terbaik.

Timnas Inggris kehilangan Harry Kane, Marcus Rashford, dan Tammy Abraham. Sementara Belanda waswas jika tidak bisa memainkan Memphis Depay.

Timnas Portugal juga memiliki keuntungan tersendiri dengan penundaan turnamen akbar ini. Mereka memiliki waktu lebih lama menyandang status juara bertahan, setidaknya untuk satu tahun ke depan.

Portugal menjadi juara Piala Eropa edisi sebelumnya, 2016, setelah mengalahkan Timnas Prancis 1-0 di partai final.

Gol tunggal Eder di babak tambahan waktu memastikan Portugal meraih trofi pertama sepanjang sejarah Piala Eropa.

Penundaan ini juga membuat Timnas Portugal memegang status juara bertahan terlama kedua, setelah Spanyol. Tim Matador menyandang status juara bertahan Piala Eropa dari 2008 sampai 2016.

Namun, status itu berjalan "alami" lantaran Piala Eropa berlangsung normal. Spanyol memenangi Piala Eropa dalam dua edisi secara beruntun, 2008 dan 2012. Berbeda dengan yang terjadi pada Timnas Portugal kali ini, yang lebih bersifat "force majeure".

2 dari 2 halaman

Bagaimana Status Cristiano Ronaldo?

Di sisi lain, kapten sekaligus megabintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, akan berusia 36 tahun pada musim panas 2021. Ini akan menjadi teka-teki, apakah CR7 masih akan tetap tajam pada Piala Eropa 2021.

Namun, melihat statistik Ronaldo musim ini, penampilannya mungkin tak akan jauh berbeda. Ia saja masih bisa mengukir rekor di musim 2019-2020.

Ronaldo juga memiliki ambisi untuk meraih gelar top scorer di Seria A. Jika itu terjadi, ia menjadi pemain pertama yang menjadi pencetak gol terbanyak di kompetisi tertinggi Inggris, Spanyol, dan Italia.

Sumber: 101greatgoals

5 Duo Bek Sayap Terbaik di Liga Top Eropa, di Antaranya Pemain Liverpool dan Juventus

Video Populer

Foto Populer