Sukses


4 Pemain Spanyol yang Bisa bersinar di Euro 2024: Mulai dari Darah Muda hingga yang Berpengalaman

Bola.com, Jakarta - Timnas Spanyol menjadi favorit untuk melaju jauh di Euro 2024. Tim berjulukan La Furia Roja itu berhasil meraih tujuh kemenangan dari total delapan laga di fase kualifikasi dengan torehan 25 gol dan hanya kebobolan 5 kali.

Satu-satunya tim yang berhasil mengalahkan Spanyol saat Kualifikasi Euro 2024 adalah Skotlandia, di mana Spanyol kalah 0-2 ketika bertandang ke Hampden Park, Glasgow. Kekalahan itu kemudian dibalas oleh Spanyol dengan skor serupa, 2-0 ketika menjamu Skotlandia di Sevilla.

Dalam perjalanannya selama fase kualifikasi, Spanyol sempat beberapa kali meraih kemenangan besar, seperti 6-0 atas Siprus di Granada, 7-1 di markas Georgia, dan 3-0 saat menjamu Norwegia di Malaga.

Jauh sebelumnya, tepatnya pada 18 Juni 2023, Spanyol berhasil menjuarai UEFA Nations League 2023 setelah menang atas Kroasia lewat drama adu penalti.

Lalu bagaimana kira-kira performa La Furia Roja di Euro 2024 pada Juni dan Juli mendatang? Terutama karena tim asuhan Luis de la Fuente itu akan menghadapi Kroasia, Italia, dan Albania.

Berikut Bola.com mengulas empat pemain kunci yang berpotensi untuk bersinar dan membantu Spanyol melangkah jauh di Euro 2024:

2 dari 5 halaman

Rodri

Gelandang Manchester City ini telah memperlihatkan peran yang sangat krusial, baik di level klub maupun tim nasional.

Pemain benama lengkap Rodrigo Hernandez Cascante ini memegang peranan penting di lini tengah Man City ketika meraih treble pada musim 2022/2023, yaitu gelar Premier League, Piala FA, dan Liga Champions.

Bicara penampilannya bersama Timnas Spanyol, pemilik 48 caps bersama La Furia Roja itu menjadi pemain dengan menit bermain terbanyak di skuad Spanyol sepanjang Kualifikasi Euro 2024.

Rodri bermain selama 608 menit yang diraihnya dalam 7 pertandingan, di mana dalam semua pertandingan itu dia selalu menjadi starter.

Kehadirannya di lini tengah Spanyol akan menjadi salah satu yang krusial untuk menghadapi Kroasia, Italia, dan Albania di Euro 2024 nanti.

3 dari 5 halaman

Alvaro Morata

Kapten Timnas Spanyol saat ini, Alvaro Morata, boleh dibilang jadi salah satu pemain senior di skuad La Furia Roja. Sudah tampil dalam 69 pertandingan bersama Timnas Spanyol, Alvaro Morata sudah mencetak 34 gol.

Catatan 34 gol itu membuat Alvaro Morata menjadi satu-satunya pemain aktif yang berada di 10 besar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Timnas Spanyol. Ia berada di posisi kelima, di bawah David Villa, Raul, Fernando Torres, dan David Silva.

Bicara mengenai penampilan di Kualifikasi Euro 2024, Alvaro Morata menjadi salah satu dari dua pemain Timnas Spanyol dengan torehan gol terbanyak. Alvaro Morata mencatatkan empat gol sepanjang fase kualifikasi.

Jika mampu mempertahankan bentuk performa terbaiknya di lapangan hijau, bukan tidak mungkin pemain yang sudah pernah berkarier di Italia dan Inggris itu akan menjadi penentu keberhasilan Spanyol di Euro 2024 nanti.

4 dari 5 halaman

Joselu

Pemain yang satu ini tergolong cukup terlambat membela Timnas Spanyol. Usianya sudah 33 tahun dan baru mendapatkan panggilan pertamanya untuk membela La Furia Roja setahun yang lalu, yaitu pada 17 Maret 2023.

Bahkan ia menjadi debutan tertua dalam sejarah Timnas Spanyol dan sukses mencetak dua gol dalam dua menit untuk membantu La Furia Roja menang 3-0 atas Norwegia pada 25 Maret 2023.

Joselu memang tampil sangat baik setelah kembali ke Real Madrid, walau hanya berstatus sebagai pemain pinjaman dari Espanyol.

Pemain yang pernah bermain untuk Real Madrid Castilla pada 2009 dan menembus tim utama Real Madrid pada 2011 itu mampu memaksimalkan kesempatan kedua yang datang kepadanya pada tahun lalu.

Sejauh ini Joselu baru bermain lima kali untuk Timnas Spanyol, tetapi sudah mencetak lima gol hingga sejauh ini.

Empat gol di antaranya dicetak di Kualifikasi Euro 2024, membuatnya bersama Alvaro Morata menjadi tandem yang sama tajamnya untuk membantu Spanyol melaju ke putaran final di Jerman pada Juni dan Juli mendatang.

5 dari 5 halaman

Lamine Yamal

Jika Joselu mendapatkan debut pada usia 33 tahun dan menjadikannya sebagai debutan tertua dalam sejarah sepak bola Spanyol, Lamine Yamal sebaliknya. Pemain Barcelona ini saat ini tercatat sebagai pemain termuda dalam sejarah Timnas Spanyol.

Lamine Yamal berhasil menjalani debutnya dan mencetak gol dalam usia 16 tahun 57 hari ketika menghadapi Georgia di Kualifikasi Euro 2024, memecahkan rekor rekan setimnya di Barcelona, Gavi.

Menariknya, dalam empat pertandingan yang sudah dijalani Lamine Yamal bersama Timnas Spanyol sejauh ini, pemain Barcelona ini sudah mencetak dua gol.

Tentu akan sangat menarik menantikan aksinya di lini depan La Furia Roja bersama Alvaro Morata, dimana tentu saja Lamine Yamal bisa belajar banyak hal dari senior sekaligus kapten tim tersebut.

Sumber: Data Soccerway, Marca, Give Me Sports, InsideSport, The Athletics

Video Populer

Foto Populer