Sukses


Panaskan Mesin Jelang Lanjutan Liga 1 2022 / 2023, PSS Hajar Barito Putera dalam Uji Coba

Bola.com, Sleman - Sepak mula lanjutan Liga 1 2022/2023 semakin dekat. Kabarnya kompetisi teratas Liga Indonesia itu bakal dilanjutkan kembali pada Senin, (5/12/2022) besok.

Karena waktu yang kian mepet, kontestan klub pun ngebut memantapkan persiapan. Seperti yang dilakukan PSS Sleman. Jumat (2/12/2022) klub berjulukan Super Elang Jawa itu menggelar uji coba melawan Barito Putera di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Sleman.

Laga ini dimenangkan oleh PSS dengan skor 2-0. Dua gol PSS dicetak oleh Todd Ferre dan Hokky Caraka.

Meski menang, pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro menilai anak asuhnya masih terlihat grogi. Meski begitu Seto memaklumi karena sudah cukup lama kompetisi dihentikan akibat tragedi Stadion Kanjuruhan 1 Oktober lalu.

"Mungkin karena sudah lama tidak bermain di kompetisi resmi dan berhadapan dengan tim Liga 1 lainnya, ada beberapa pemain yang terlihat grogi pada pertandingan ini," ujar Seto seusai laga.

"Saya juga tidak melihat tentang skornya, akan tetapi tentang bagaimana proses mereka bermain. Harus kita sadari memang masih banyak sekali kekurangan-kekurangan yang harus kami perbaiki untuk ke depannya," sambungnya.

2 dari 4 halaman

Belum Ada Peningkatan

Pelatih berlisensi AFC Pro itu mengungkapkan skuad Super Elja belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Meski selama kompetisi terhenti timnya terus digeber latihan, namun hal tersebut masih dirasa kurang. Menurutnya ada banyak hal yang perlu diperbaiki.

"Tidak ada peningkatan, masih banyak evaluasi. Masih ada beberapa kesalahan-kesalahan dasar yang seharusnya tidak perlu terjadi. Contohnya seperti harus belajar bagaimana operannya tidak mempersulit teman. Jadi masih banyak sekali kekurangan dan hal itu akan kita perbaiki ke depannya," beber Seto Nurdiyantoro.

3 dari 4 halaman

Bahan Evaluasi

Pelatih asal Kalasan, Sleman itu menyatakan hasil uji coba bagus sebagai bahan evaluasi menuju kompetisi. Apalagi, lanjutan Seto, pada laga tersebut timnya belum begitu tampil baik. Dia bahkan menyebut semangat juang para penggawa Laskar Sembada belum terlihat.

"Tentu ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Nantinya hal ini akan menjadi sebuah pembelajaran dan evaluasi untuk ke depannya," kata mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu.

4 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

PSS Sleman langsung mengambil inisiatif menyerang sejak awal laga. Mereka bermain cukup agresif menggempur pertahanan lawan. Hasilnya, gelandang serang PSS, Todd Ferre berhasil menyarangkan gol pada menit delapan usai memanfaatkan umpan dari penyerang sayap PSS, Rifky Suryawan. Kedudukan 1-0 berakhir untuk keunggulan Super Elja di babak pertama.

Mengawali babak kedua, Laskar Sembada kembali menambah pundi-pundi golnya. Gol itu terciptas pada menit 53 setelah penyerang muda PSS, Hokky Caraka berhasil memanfaatkan umpan tarik dari bek kanan PSS, Ibrahim Sanjaya. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai.

Seperti diketahui, lanjutan Liga 1 putaran pertama akan dituntaskan dengan sistem bubble atau gelembung. Kompetisi digelar secara terpusat di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, tanpa penonton.

Ada lima stadion yang digunakan sebagai venue antara lain Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo), Stadion Sultan Agung (Bantul) dan Stadion dr Moch Soebroto (Magelang).

Video Populer

Foto Populer