Sukses


BRI Liga 1: Borneo FC Nikmati Latihan Selama Ramadan

Bola.com, Samarinda - Setelah libur sepekan, Borneo FC sudah kembali menjalani latihan sejak Kamis (21/3/2024). Skuad Pesut Etam berlatih intens di Borneo FC Training Centre, Samarinda, Kalimantan Timur.

Latihan rutin tersebut sebagai persiapan Borneo FC menghadapi lanjutan BRI Liga 1 2023/2024. Mereka bakal dijamu PSM Makassar pada pekan ke-30 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (29/3/2024) malam WIB.

Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra, mengatakan latihan berjalan cukup lancar sejauh ini. Tak ada kendala. Meski mayoritas pemain menjalankan ibadah puasa, mereka tetap melahap porsi latihan dengan penuh semangat.

"Sangat senang bisa kembali berlatih setelah enam hari libur. Jadi, senang bisa melihat semua orang kembali di sini untuk latihan," ujar Pieter Huistra.

"Saya meminta kepada semua orang di klub untuk mengganti pola, tapi semua orang senang dengan cara kami berlatih dan berbuka puasa setelahnya. Jadi, ini bekerja dengan baik sejauh ini," sambung pelatih Borneo FC itu.

 
2 dari 5 halaman

Update Kondisi Pemain Cedera

Juru taktik asal Belanda itu juga membeberkan kondisi terkini sejumlah pemain Borneo FC yang naik meja perawatan. Beberapa di antaranya yakni Leo Lelis, Agus Prasetyo, dan Wiljan Pluim. Nama terakhir masih berlatih secara terpisah.

"Semua orang rileks, semua orang mempunyai istirahat yang cukup. Beberapa pemain mempunyai sedikit cedera dan butuh sedikit waktu untuk sembuh," katanya.

"Jadi, semua orang dalam kondisi energi yang penuh dan membuat diri kami siap untuk lima laga terakhir di liga sekarang," sambung pelatih berusia 57 tahun itu.

3 dari 5 halaman

Jaga Konsistensi

Hal senada disampaikan asisten pelatih Borneo FC, Akhyar Ilyas. Dia berujar skuad Pesut Etam enjoy melakoni latihan selama Ramadan. Menurutnya, suasana tim cukup harmonis dan kondusif jelang Championship Series BRI Liga 1.

"Pastinya latihan dengan suasana yang lebih segar dan ini bagus untuk tim guna terus menjaga konsistensi sampai fase Championship Series tiba," ungkap Akhyar Ilyas.

Borneo FC masih menyisakan dua pertandingan selama Ramadan. Selain bersua PSM, Pesut Etam bakal menjamu Madura United pada pekan ke-31.

Akhyar Ilyas menegaskan kemenangan tetap menjadi target utama timnya untuk mengakhiri fase Regular Series di posisi puncak.

"Sebagai informasi tambahan juga, nanti saat lawan Madura United mendapat penyesuaian jadwal. Yang sebelumnya main tanggal 3 Maret, mundur ke tanggal 4 Maret," terangnya.

4 dari 5 halaman

Puncak Klasemen

Pesut Etam saat ini masih kukuh di puncak klasemen sementara BRI Liga 1 dengan torehan 69 poin. Mereka mencatatkan 21 kemenangan, enam imbang, dan dua kalah dari 29 laga.

Stefano Lilipaly dkk. unggul 18 poin dari rival terdekat Persib Bandung. Andai tak ada babak Championship Series, Borneo FC sudah bisa mengunci gelar juara BRI Liga 1 musim ini.

Sebab, dengan lima pertandingan tersisa, poin yang mereka raih tidak dapat terkejar oleh pesaing lainnya. Pencapaian Borneo FC di Liga 1 musim ini terbilang luar biasa. Mereka menunjukkan konsistensi permainan sejak awal musim.

Tidak hanya memuncaki klasemen sementara, Borneo FC juga menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit, yaitu 20 gol dan mencetak 49 gol.

Dari 18 laga terakhir, Pesut Etam tak tersentuh kekalahan dan membukukan 16 kemenangan serta dua hasil imbang.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer