Sukses


Bacaan Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Bola.com, Jakarta - Sebelum melakukan suatu hal, umat Islam dianjurkan untuk memanjatkan doa terlebih dahulu kepada Allah Swt. Doa adalah bentuk permohonan seorang hamba kepada Sang Pencipta.

BACA JUGA: Bacaan Niat Keluar Masuk Kamar Mandi Beserta Artinya Lengkap Dengan Adab-Adabnya

Dalam aktivitas apa saja sebaiknya diawali dengan doa, termasuk saat hendak masuk dan keluar kamar mandi. Seperti diketahui, kamar mandi adalah tempat kotor di mana jin dan sebangsanya tinggal.

Doa masuk dan keluar kamar mandi harus sering dibaca agar kita bersih dari segala pikiran kotor dan godaan setan yang ada di kamar mandi.

Rasulullah saw. dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah bersabda, "Sesungguhnya tempat buang hajat ini dihadiri (oleh setan), jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi".

Berikut bacaan doa masuk dan keluar kamar mandi yang bisa dipraktikkan, disadur dari Dream, Kamis (6/10/2022).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi

Kamar mandi atau WC merupakan tempat untuk membuang kotoran. Saat badan kotor, tempat yang dituju pertama kali adalah kamar mandi.

Umat Islam perlu mengikuti beberapa etika saat hendak masuk dan keluar kamar mandi. Hal ini penting diketahui agar kalian terhindar dari gangguan iblis dan senantiasa dilindungi Allah Swt., meski sudah keluar dari kamar mandi.

Berikut bacaan doa masuk kamar mandi dan artinya:

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillahi, Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaitsi.

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Keluar Kamar Mandi

Tak hanya etika saat akan masuk, saat keluar kamar mandi juga perlu mengikuti adab yang sudah diajarkan dalam agama Islam. Satu di antaranya membaca doa keluar kamar mandi.

Ketika akan keluar kamar mandi, dianjurkan untuk membaca doa berikut:

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi.

Artinya:

"Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan menyehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai bagian orang yang bertobat dan jadikanlah aku bagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina)."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Publsihed: 5/4/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer