Sukses


Arti Jurnal, Ketahui Pula Isi, Peran, dan Fungsinya

Bola.com, Jakarta - Jurnal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh orang-orang yang ahli dalam suatu bidang. Jurnal berisikan karya tulis ilmiah yang memuat hasil penelitian atau pemikiran seseorang.

Penulisan jurnal sebagian besar dilakukan dengan orientasi akademik. Jadi, target pembaca jurnal biasanya adalah akademisi, peneliti, mahasiswa, dan sejenisnya.

Dengan menulis jurnal, seorang peneliti dan penulis dapat menginformasikan berbagai penemuan atau ide-ide terbaru mengenai sebuah isu atau fenomena kepada khalayak setelah melalui proses seleksi dan revisi dari para editor dan mitra bestari jurnal.

Jurnal juga bisa dimaknai sebagai (buku) catatan harian yang merujuk pada catatan harian pribadi. Jurnal memiliki makna lain saat digunakan di bidang perdagangan dan ilmu komunikasi.

Dalam perdagangan, jurnal adalah buku yang dipakai untuk mencatat transaksi berdasarkan urutan waktu. Sementara dalam bidang komunikasi, jurnal adalah log atau catatan transaksi berbasis komputer yang terjadi di komputer atau di dalam jaringan.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lanjutan tentang jurnal, disadur dari Merdeka, Selasa (7/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Apa Isi Jurnal?

Isi jurnal adalah artikel ilmiah (research article), yakni tulisan yang berisi laporan sistematis mengenai hasil kajian atau hasil penelitian yang disajikan untuk masyarakat ilmiah tertentu, yang merupakan audiens khusus.

Hal itu bertujuan untuk menyampaikan hasil kajian dan kontribusi penulis artikel kepada mereka untuk dipikirkan, dikaji kembali, dan diperdebatkan, baik secara lisan maupun secara tertulis.

Adapun yang dimaksud dengan laporan yang sistematis adalah laporan yang disusun dengan mengikuti struktur dan format yang berlaku dalam suatu jurnal ilmiah.

Sedangkan yang dimaksud dengan hasil kajian adalah hasil pemikiran intensif tentang suatu topik.

Hasil penelitian umumnya lebih spesifik, karena harus melibatkan data yang dipublikasikan di jurnal ilmiah, laporan dari surat kabar atau majalah, wawancara, laporan saksi mata, dokumen, dan lain sebagainya.

Jurnal dikenal sebagai sebuah tulisan khusus yang membahas suatu hal tertentu, misalnya suatu artikel ilmiah pada sebuah bidang ilmu tertentu.

Jurnal adalah tulisan yang dibuat oleh orang yang kompeten dalam bidangnya, dan diterbitkan oleh sebuah instansi maupun lembaga.

Artikel yang ditulis untuk jurnal biasanya akan direview oleh pakar di bidang studi tertentu sesuai dengan topik yang ditulis dalam artikel.

3 dari 3 halaman

Peran dan Fungsi Jurnal

Berikut ini adalah beberapa peran dan fungsi jurnal ilmiah yang perlu diketahui:

1. Sarana komunikasi akademik antara para ilmuwan (dosen/guru).

2. Penyebaran (diseminasi) hasil-hasil penelitian.

3. Pengembangan budaya akademik di perguruan tinggi.

4. Sebagai penukaran informasi untuk menghasilkan ide-ide baru akan ilmu pengetahuan dan teknologi. Aspek-aspek penting lainnya keberadaan jurnal di perguruan tinggi antara lain:

  • Dapat dijadikan sarana pelatihan menulis para dosen.
  • Sebagai sumber pengetahuan baru.
  • Dapat digunakan sebagai sarana perolehan angka kredit.
  • Sebagai pengangkatan citra perguruan tinggi.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Edelweis Lararenjana. Published: 22/7/2022).

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer