Sukses


Jelang PLN Mobile Proliga 2024, Gresik Petrokimia Mengandalkan Pedro Lilipaly Sebagai Juru Taktik

Bola.com, Gresik - Klub voli putri, Gresik Petrokimia, masih mengandalkan Pedro Lilipaly. Pelatih berusia 51 tahun itu didapuk menangani Gresik Petrokimia dalam ajang PLN Mobile Proliga 2024.

“Pelatih kami masih tetap coach Pedro Lilipaly, karena sudah ada bonding dengan teman-teman pemain,” kata Nanda Kiswanto, manajer tim voli Gresik Petrokimia.

Pedro Lilipaly berhasil mengantarkan Gresik Petrokimia meraih gelar juara Livoli Divisi Utama 2023 lalu untuk pertama kalinya setelah menunggu 18 tahun. Meski baru menjalani debut sebagai pelatih kepala akhir tahun lalu, Pedro Lilipaly bukanlah nama asing bagi Gresik Petrokimia.

Dia sudah menjabat asisten pelatih tim sejak Proliga 2022 lalu. Sepak terjangnya dikancah olahraga voli regional maupun nasional cukup dikenal. Pada tahun 2017, dia pernah membawa tim voli Putri Sidoarjo menjadi juara liga remaja voli U-17.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Awalnya Sebagai Asisten Pelatih

Pada tahun 2022, dirinya ditunjuk menjadi asisten pelatih Gresik Petrokimia. Karirnya kian meningkat di tahun 2023, saat dipercaya menjadi asisten pelatih untuk Timnas Voli Putri Indonesia.

Sebagai asisten pelatih, Pedro Lilipaly pun turut membantu Timnas Voli Putri Indonesia menyabet medali perunggu di SEA Games 2023 Kamboja. Itu jadi salah satu alasan kuat manajemen Gresik Petrokimia mempercayakan tim padanya.

Di Proliga 2024, Gresik Petrokimia kembali mengandalkan beberapa pemain binaan ketika juara Livoli tahun lalu. Seperti diantaranya Mediol Stiovanny Yoku, Dhea Cahya Pitaloka, Putri Nur Hidayanti Agustin, hingga Ajeng Nur Cahaya.

3 dari 4 halaman

2 Anggota Timnas Indonesia

Selain itu, Gresik Petrokimia juga telah merekrut dua pemain muda yang pernah bergabung dengan Timnas Indonesia yakni Aulia Suci Nurfadila dan Shintia Alliva Mauludina.

“Pemain asing sudah dalam kesepakatan tapi masih belum bisa dirilis resmi. Karena masih harus menunggu kepastian dokumen ITC, FIVB, surat keluar dari klub lama, sampai Kitas dari Kemnaker yang belum clear,” ujar Nanda Kiswanto.

Untuk menambah kekuatan, tim milik PT Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, sudah menjalin kesepakatan dengan dua pemain asing. Salah satunya adalah Polina Rahimova.

4 dari 4 halaman

Tunggu Pengumuman

ASP Agency, agen sang pemain, telah mengumumkan bergabungnya opposite asal Azerbaijan-Ukraina itu lewat Instagram pada Selasa (26/3/2024) lalu. Meski begitu, sampai saat ini Gresik Petrokimia belum merilis secara resmi. Mereka masih menyelesaikan urusan administrasi.

Gresik Petrokimia sendiri mulai melakukan persiapan dengan menggelar latihan malam hari selama Ramadan lalu. Mereka kini masih libur Idulfitri dulu sebelum kembali ke agenda tim.

Proliga 2024 sendiri akan dimulai pada 25 April 2025 ini. Artinya, hanya tersisa waktu dua pekan saja bagi klub-klub kontestan untuk mematangkan persiapan sebelum bertempur di ajang tersebut.

Video Populer

Foto Populer