Sukses


3 Kemenangan Barcelona dengan Skor Tipis di Jerman

Bola.com, Jakarta - Barcelona melakoni laga tak mudah setiap kali datang ke tanah Jerman, terutama saat bertanding di zona turnamen antarklub Eropa. Sejarah pertarungan El Barca di negeri Adolf Hitler tersebut dihiasi beberapa drama ataupun hasil akhir dengan skor tipis.

Berikut ini 3 pertandingan Barcelona saat berstatus tamu bagi klub asal Jerman di zona turnamen antarklub Eropa.

1. Borussia Monchengladbach 1-2 Barcelona (28 September 2016)
Laga berlangsung di Stadion im Borussia-Park, pada Matchday 2 Grup C Liga Champions 2016-2017. Barcelona datang dengan membawa modal kemenangan telak, 7-0 atas Celtic FC pada partai pembuka.

Sebelum terbang ke Gladbach, Barcelona juga berpesta lima gol ke gawang Sporting Gijon pada lanjutan La Liga. Nyatanya, penampilan tersebut bukan jaminan. El Barca mendapat perlawanan sengiti dari tuan rumah.

Fans Barcelona terkejut saat tim kesayangan mereka kebobolan pada menit ke-34 via aksi menawan Thorgan Hazard. Ragam usaha dilakukan armada tim tamu untuk membalas, namun selalu mentok dengan ketatnya pertahanan Gladbach.

Satu jam waktu pertandingan, Barcelona belum juga mencetak gol balasan. Kerja keras baru terbayar pada menit ke-65. Pemain pengganti, Arda Turan menghancurkan deadlock saat merobek jala tuan rumah pada menit ke-65.

Gerard Pique menjadi pahlawan bagi Los Azulgrana saat mencetak gol pada menit ke-73. Skor 2-1 bagi Barcelona bertahan sampai babak kedua selesai. Pelatih Barcelona, Luis Enrique mengakui pasukannya harus bekerja ekstra untuk membongkat pertahanan Gladbach.

2 dari 3 halaman

Vs Schalke

2. Schalke 0-1 Barcelona (1 April 2008)
Pertemuan kedua tim terjadi pada Leg 1 babak perempat final Liga Champions 2007-2008. Berlaga di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Barcelona tampil menghentak sejak menit pertama. Sinyal positif terjadi saat tim tamu unggul terlebih dulu pada menit ke-12 via bomber, Bojan Krkic.

Situasi tersebut membuat Barcelona berada di atas angin. Sayang, mereka tak bisa mengembangkan permainan, dan justru beberapa kali harus berjibaku menyelamatkan gawang dari serbuan lawan.

Sampai 90 menit, skor 1-0 tetap bertahan. Barcelona lolos ke babak semi final setelah menang 1-0 pada pertemuan kedua di Estadio Camp Nou. Gol tunggal dihasilkan Yaya Toure pada menit ke-42.

Sayang, langkah El Barca terjegal Manchester United, yang menaklukkan mereka pada fase semi final. Barcelona ditahan imbang 0-0, sebelum takluk 0-1 pada leg 2 di Stadion Old Trafford. Gol kemenangan Setan Merah berasal dari sepakan Paul Scholes pada menit ke-14.

3 dari 3 halaman

Vs Bayer Leverkusen

3. Bayer Leverkusen 1-2 Barcelona (27 November 2002).
Pertarungan kedua tim terjadi pada putaran kedua fase grup Liga Champions 2002-2003. Barcelona tertinggal lebih dulu setelah bomber Bayer Leverkusen, Dimitar Berbatov menjebol jala Los Azulgrana pada menit ke-39.

Reaksi cepat terlihat usai rehat babak pertama. Javier Saviola membuat skor berimbang pada menit ke-48. Setelah terus menekan sepanjang sisa pertandingan, gol kemenangan hadir pada dua menit jelang bubaran.

Pemain sayap berkebangsaan Belanda, Marc Overmars menajdi penentu kemenangan, sekaligus menghadirkan tiga angka dramatis. Langkah Barcelona terhenti pada semi final, setelah disingkirkan Juventus dengan skor aggregat 2-3.

Sumber: World Football

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer