Sukses


5 Pemain Impor yang Punya Kans Menyabet Predikat Terbaik di BRI Liga 1 Musim Ini: Banyak Debutan!

Bola.com, Jakarta - Pesona pemain asing di kompetisi sepak bola Indonesia memang menjadi daya tarik tersendiri di setiap musimnya. Namun, yang menarik di BRI Liga 1 2021/2022, cukup banyak pemain asing yang baru kali pertama berkarier di Indonesia langsung tampil menggebrak.

Jika menengok ke belakang, mulai dari Liga 1 2017 hingga 2019, harus diakui bahwa pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia selalu menjadi milik pemain asing. Bukan karena itu menjadi hak mereka, tapi memang kualitas pemain-pemain yang diboyong ke Indonesia memang jempolan.

Pada Liga 1 2017 misalnya. Gelandang asal Portugal yang membawa Bhayangkara FC menjadi juara, Paulo Sergio, menjadi pemain terbaik saat itu, sementara top scorer saat itu adalah Sylvano Comvalius yang mencetak 37 gol sekaligus memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu musim di kompetisi sepak bola Indonesia.

Kemudian pada 2018, Rohit Chand yang membawa Persija Jakarta menjadi juara Liga 1 2018 juga terpilih menjadi pemain asing. Alexandar Rakic yang memperkuat PS Tira, yang kini berubah nama menjadi Persikabo 1973, menjadi top scorer dengan 21 gol.

Sementara pada 2019, Renan Silva yang memperkuat Borneo FC terpilih menjadi pemain terbaik Liga 1 2019. Sementara Marko Simic sukses jadi pencetak gol terbanyak pada musim itu dengan 28 gol.

Praktis penghargaan individual yang berhasil diraih pemain lokal saat itu hanyalah pemain muda terbaik, di mana secara berturut-turut sejak 2017 hingga 2019 ada Rezaldi Hehanussa, Osvaldo Haay, dan Todd Rivaldo Ferre yang menyabet penghargaan tersebut.

Harus diakui bahwa di BRI Liga 1 2021/2022 ini, persaingan untuk bisa menjadi pemain terbaik kembali bakal diperebutkan oleh para pemain asing. Satu yang juga menarik, kebanyakan dari mereka juga berstatus debutan, meski ada pula yang sudah berpengalaman main di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Siapa saja mereka? Berikut 5 kandidat pemain asing yang layak untuk menjadi terbaik di BRI Liga 1 2021/2022:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Taisei Marukawa (Persebaya)

 

Pemain asing asal Jepang ini datang ke Persebaya Surabaya bukan sebagai striker. Pemain berusia 25 tahun kelahiran Hiroshima ini merupakan gelandang serang yang ternyata sangat atraktif di lapangan hijau.

Sebagai pemain nomor 10, Taisei Marukawa sangat piawai memainkan si kulit bundar. Sudah 14 gol, yang 3 di antaranya lewat titik putih dan sebagian tercipta dari eksekusi tendangan bebas, menjadi bukti nyata kontribusi Marukawa untuk Persebaya. Jangan lupakan juga torehan 9 assist yang sudah dibuatnya sejauh ini.

Dengan kontribusi yang luar biasa, di mana 23 gol lahir berkat peran pentingnya, Taisei Marukawa digadang-gadang bisa menjadi pemain terbaik BRI Liga 1 2021/2022 pada akhir musim nanti.

 

3 dari 7 halaman

Youssef Ezzejjari (Persik)

Satu lagi debutan di BRI Liga 1 2021/2022 yang tampil sangat apik bersama klubnya. Youssef Ezzejjari, pemain asal Spanyol yang kini membela Persik Kediri merupakan mesin gol yang sangat ampuh bagi Macan Putih.

Sudah 17 gol dicetaknya untuk Persik pada musim ini dan menempatkan dirinya berada di peringkat kedua daftar top scorer sementara BRI Liga 1, terpaut dua gol dari Ilija Spasojevic yang berada di puncak daftar tersebut.

Ezzejjari memang tampil luar biasa. Sayangnya, performa itu tidak dibarengi performa konsisten dari klubnya. Persik Kediri saat ini berjuang di papan tengah, mencetak 29 gol dan kebobolan 30 gol dalam 28 laga yang sudah dimainkan.

Jika melihat Ezzejjari yang sudah mencetak 17 gol dari total 29 gol Persik Kediri, bisa dikatakan lebih dari 55 persen gol Persik lahir dari pemain asing debutan di Indonesia itu.

 

4 dari 7 halaman

Carlos Fortes (Arema FC)

Daftar debutan yang layak menjadi pemain terbaik BRI Liga 1 2021/2022 belum berakhir. Setelah pemain Persebaya dan Persik, kini ada striker dari klub Jawa Timur lainnya, Arema FC, yang juga layak menjadi pemain terbaik pada akhir musim nanti.

Pemain asal Portugal ini sempat diragukan dalam beberapa pertandingan pertama Arema FC di BRI Liga 1. Namun, Carlos Fortes mampu memberikan bukti nyata kontribusinya bagi Singo Edan dalam mengarungi musim ini.

Sudah 16 gol diciptakan Carlos Fortes untuk Arema FC sepanjang musim ini dan dirinya masih bisa bersaing untuk menyabet penghargaan top scorer pula pada akhir musim nanti.

Satu hal yang pasti, peran luar biasa di lini depan Arema FC yang diperlihatkannya membuktikan Carlos Fortes layak menjadi kandidat untuk pemain terbaik BRI Liga 1 2021/2022.

 

5 dari 7 halaman

Ciro Alves (Persikabo 1973)

Setelah tiga debutan yang gemar mencetak banyak gol untuk timnya masing-masing, kali ini ada wajah lama yang masih memperlihatkan performa luar biasa di kompetisi sepak bola Indonesia.

Ciro Alves, pemain asal Brasil yang sudah berkarier di Indonesia sejak 2019. Pemain yang beroperasi di sisi sayap ini memiliki begitu banyak kelebihan yang sulit ditandingi.

Dribel bola yang baik, kecepatan yang tinggi, serta kemampuan untuk menempatkan diri dan akurasi tembakan membuatnya menjadi pemain yang lengkap di skuad Persikabo 1973.

Musim ini menjadi musim yang paling apik bagi Ciro Alves. Jika pada Liga 1 2019 ia mencetak 14 gol pada akhir musim, kini ia sudah mencetak 16 gol hingga pekan ke-28 BRI Liga 1 2021/2022.

Bahkan Greg Nwokolo, pemain naturalisasi yang sudah cukup lama berkarier di Indonesia, sempat mengunggah keyakinannya bahwa Ciro Alves layak menjadi pemain terbaik pada akhir musim BRI Liga 1 nanti.

6 dari 7 halaman

Adilson Maringa (Arema FC)

Setelah tiga debutan yang gemar mencetak gol plus wajah lama yang juga punya kontribusi yang sama, kini kita kembali ke kategori debutan tapi bukan berposisi di lini serang tim.

Adilson Maringa, kiper asing yang direkrut Arema FC pada awal musim ini merupakan satu-satunya pemain dalam daftar ini yang berposisi di bawah mistar gawang.

Kendati tidak bisa diukur dari jumlah gol seperti yang dibuat oleh empat pemain sebelumnya, kemampuan Adilson Maringa dalam mengawal gawang Arema FC memang patut diacungi jempol.

Statistik membuktikan Adilson Maringa punya kualitas untuk menyabet penghargaan sebagai pemain terbaik BRI Liga 1 2021/2022. Kiper asal Portugal itu mencatatkan 62 penyelamatan di bawah mistar gawang Arema FC.

Tak hanya itu saja, Arema FC juga menjadi tim nomor dua untuk urusan kebobolan paling sedikit di BRI Liga 1 2021/2022 dan itu tak lepas dari peran besar Maringa yang juga sudah mencatatkan 13 clean sheet.

7 dari 7 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer