Sukses


Siapa Pengganti Jose Mourinho di Manchester United?

Bola.com, Manchester - Manajemen Manchester United mengambil keputusan krusial dengan memecat Jose Mourinho jelang jadwal padat yang akan dihadapi klub. Kekalahan 1-3 dari Liverpool disebut menjadi pemicu pengambilan keputusan tersebut.

Jose Mourinho kembali kehilangan pekerjaannya pada tengah musim. Sebelumnya, ia mengalami nasib serupa di Chelsea.

Performa buruk klub pada musim 2018-19 menjadi penyebab pemecatan tersebut. Manchester United menjalani start terburuk sejak 1990 setelah mengumpulkan 26 poin dari 17 laga pertama Premier League.

Pada laga melawan Liverpool, Manchester United seperti bukan klub papan atas Inggris. Manchester United tercatat hanya menguasai 36 persen penguasaan bola sepanjang pertandingan.

Selain itu, hubungan yang buruk dengan sejumlah pemain menjadi penyebab kemunduran performa klub. Mourinho bertikai dengan Paul Pogba, Luke Shaw, David de Gea, Antonio Valencia, Eric Bailly hingga Anthony Martial.

Kini, Manchester United wajib mencari pengganti yang tepat agar bisa memperbaiki performa klub. Saat ini, ada beberapa nama calon yang tidak terikat dengan klub mana pun, di antaranya adalah Zinedine Zidane, Antonio Conte dan Laurent Blanc.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

 

2 dari 5 halaman

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane. (AFP/Matthias Balk)

Zinedine Zidane menjadi calon terfavorit. Prestasinya bersama Real Madrid membuat manajemen Manchester United kepincut untuk mengontraknya.

Saat ini, Zidane tidak terikat dengan klub mana pun setelah mengundurkan diri dari Real Madrid pada akhir musim 2017-18. Namun, perwakilan Zidane sempat mengatakan kalau kliennya tidak tertarik berkarier di Inggris.

Peluang: 70 persen

 

3 dari 5 halaman

Antonio Conte

Antonio Conte. (AFP/Glyn Kirk)

Antonio Conte memiliki pengalaman di Premier League setelah menangani Chelsea selama dua musim. Pada musim perdananya, Conte mengantarkan Chelsea meraih gelar Premier League.

Prestasi tersebut dapat menjadi alasan yang realistis bagi manajemen Manchester United untuk memperkerjakan Conte.

Peluang: 80 persen

4 dari 5 halaman

Laurent Blanc

Laurent Blanc. (AFP/Frank Fife)

Laurent Blanc menyiratkan kalau ia tertarik untuk menangani Manchester United. Blanc cukup akrab dengan tradisi klub karena pernah membela klub tersebut pada periode 2001-2003, sebelum akhirnya gantung sepatu.

Namun, rekam jejak karier Blanc dinilai masih belum cukup meyakinkan untuk menangani Manchester United. Ia pernah menangani timnas Prancis dan PSG. Saat ini, ia tidak terikat dengan klub mana pun.

Peluang: 50 persen

5 dari 5 halaman

Calon lain

Michael Carrick bersama Jose Mourinho. (AP Photo / Boris Grdanoski)

Mencari manajer pada tengah musim merupakan hal yang riskan. Manchester United tidak bisa membajak manajer yang masih terikat dengan klub lain.

Opsi yang bisa diambil adalah memilih manajer yang kurang berpengalaman. Manchester United pernah menunjuk Ryan Giggs untuk menjadi manajer interim setelah memecat David Moyes.

Langkah serupa bisa kembali terulang dengan menunjuk Michael Carrick sebagai manajer interim. Beberapa calon lain yang masuk kategori ini adalah Sam Allardyce, Gary Neville, Roy Keane hingga Nicky Butt.

Peluang: 10 persen

Video Populer

Foto Populer