Sukses


Contoh Hewan Herbivora, Pahami Pengertian dan Ciri-cirinya

Bola.com, Jakarta - Herbivora merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, terutama anak sekolah.

Pada umumnya, herbivora dipelajari dalam pelajaran biologi. Herbivora adalah sebutan untuk golongan hewan yang sumber makanannya berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Umumnya, hewan herbivora merupakan hewan darat. Hal ini dikarenakan sumber makanan hewan ini biasanya tersedia di daratan.

Selain memakan berbagai jenis tumbuhan seperti rumput atau ilalang, ada pula hewan herbivora yang mengonsumsi bagian-bagian tertentu dari tumbuhan, seperti daun, buah, tunas, umbi, biji, dan lain sebagainya.

Biasanya hewan herbivora tidak memiliki gigi taring, dan cenderung memiliki gigi geraham yang besar dan berfungsi untuk mengunyah makanannya.

Berbagai jenis hewan herbivora tersebar di seluruh dunia, banyak di antaranya yang dipelihara oleh manusia.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai herbivora beserta contoh hewannya, kamu bisa membaca artikel di bawah ini.

Berikut contoh hewan herbivora, pahami pula pengertian dan ciri-cirinya, seperti disadur dari Merdeka, Kamis (8/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pengertian Herbivora

Hewan berdasarkan jenis makanannya dapat diklasifikasikan menjadi tiga golongan, yaitu hewan pemakan tumbuhan, hewan pemakan daging, dan hewan pemakan segalanya yakni tumbuhan dan daging.

Herbivora merupakan hewan yang makanannya berupa tumbuhan, seperti rumput, daun-daunan, biji-bijian, dan buah-buahan.

Hewan herbivora mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari karena sering dipelihara oleh manusia, sebab bukan termasuk binatang buas seperti binatang pemakan daging.

Hewan herbivora juga sebagian besar memiliki habitat di daerah daratan karena sumber makanannya ada di daratan.

Pada umumnya, hewan yang termasuk golongan herbivora adalah hewan yang hidup di tempat-tempat seperti padang rumput, hutan, dan juga persawahan.

Hewan herbivora juga hidup dengan cara berkelompok dengan sesama jenisnya, sebagian berkeluarga seperti gajah dengan anak anaknya.

Hewan herbivora sebagian besar jinak, jadi hewan herbivora kebanyakan menjadi mangsa oleh hewan karnivora. Selain itu, hewan herbivora biasa dijadikan hewan buruan oleh manusia karena dagingnya yang enak dan dan baik dikonsumsi oleh manusia.

3 dari 4 halaman

Ciri-ciri Hewan Herbivora

Agar tidak keliru mengenali jenis hewan berdasarkan sumber makanannya, penting bagi kamu mengetahui apa saja ciri-ciri hewan yang sesuai kategori yang ada. Berikut ciri-ciri umum hewan herbivora:

  • Makanan utama hewan ini adalah rumput ataupun tumbuh tumbuhan, sayuran pun mereka mau memakannya.
  • Hewan ini berdarah panas.
  • Hewan herbivora berkaki empat.
  • Kebanyakan hewan ini hidup di daratan.
  • Termasuk ke dalam mamalia atau hewan menyusui.
  • Termasuk hewan yang memiliki tulang belakang.
  • Kebanyakan adalah mangsa bagi hewan karnivora.
4 dari 4 halaman

Hewan Herbivora

Sapi

Sapi merupakan hewan yang diternak dengan tujuan untuk diambil susu atau dagingnya. Sapi merupakan hewan herbivora sehingga untuk memeliharanya, peternak biasanya cukup memberinya makan berupa rumput atau ilalang dan adakalanya juga diberi campuran dedak dengan air.

Kambing

Sama seperti sapi, kambing biasa diternak juga untuk diambil susu atau dagingnya. Kambing merupakan hewan herbivora yang memakan dedaunan.

Kuda

Kuda umumnya dipelihara atau diternak oleh manusia untuk dimanfaatkan tenaganya. Namun, ada pula peternakan kuda yang memproduksi susu kuda. Sama seperti sapi, kuda umumnya memakan rumput dan ilalang.

Gajah

Gajah merupakan binatang mamalia yang berukuran besar. Gajah umumnya memakan rerumputan dan ilalang. Ketika makan. gajah mengambil makanannya dengan menggunakan belalainya lalu memasukkannya ke mulut.

Jerapah

Jerapah merupakan tergolong hewan herbivora karena memakan daun-daunan. Hal tersebut sesuai keadaan fisiologis dari hewan yang tingginya bisa mencapai 5,5 meter ini. Leher jerapah yang panjang membantunya meraih daun-daun yang ada di pohon yang tinggi.

Rusa

Rusa termasuk hewan herbivora karena memakan rumput dan daun. Sama seperti hewan jenis herbivora lainnya, rusa juga mempunyai susunan gigi geraham yang memudahkannya untuk mengunyah makanan.

Kelinci

Kelinci adalah hewan mamalia yang dapat ditemukan di hampir seluruh dunia. Usia hewan ini berkisar antara 5-10 tahun. Dalam setahun, kelinci bisa melahirkan sampai lima kali.

Kelinci merupakan hewan pemakan tumbuhan. Dalam satu menit, hewan ini bisa mengunyah makanan sebanyak 120 kali.

Kanguru

Kanguru banyak ditemukan di Australia dan Indonesia bagian timur. Kanguru merupakan hewan berkelompok yang memiliki kantong di bagian perut.

Hewan herbivora ini berjalan dengan cara melompat. Dalam satu jam, kanguru bisa menempuh jarak 70 kilometer dengan berjalan melompat. Usia rata-rata hidup hewan ini sekitar 9-18 tahun.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 6/10/2020)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer