Sukses


Manfaat Hutan bagi Kehidupan dan Lingkungan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Hutan adalah suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi, antara lain pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur, dan lain sebagainya serta menempati daerah yang cukup luas.

Munurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hutan berarti tanah luas yang ditumbuhi pohon-pohon (biasanya tidak dipelihara orang).

Hutan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida, habitat hewan, modulator arus hidrologika, dan pelestari tanah serta merupakan satu di antara aspek biosfer bumi yang paling penting.

Keberadaan hutan membawa dampak yang positif baik bagi manusia atau lingkungan dan makhluk hidup lainnya.

Hutan dan manusia saling memengaruhi baik secara positif maupun negatif. Hutan menyediakan jasa ekosistem bagi manusia dan berfungsi sebagai tempat wisata.

Hutan juga dapat memengaruhi kesehatan masyarakat. Selain itu, masih banyak manfaat hutan bagi keberlangsungan hidup manusia dan lingkungan.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat hutan bagi manusia dan lingkungan, seperti dilansir dari lamanĀ dlh.semarangkota.go.id, Jumat (10/9/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Hutan

  • Berperan Sebagai Paru-Paru Dunia

Hutan merupakan wilayah yang luas dan ditumbuhi banyak jenis tumbuhan. Hal tersebut yang menjadikan hutan memiliki daya serap karbon dioksida yang tinggi.

Tak hanya itu, hutan merupakan pemasok oksigen paling besar di permukaan bumi. Tentunya oksigen yang dihasilkan oleh hutan akan sangat bermanfaat bagi manusia dan hewan untuk bernapas. Tidak heran hutan mendapat julukan sebagai paru-paru dunia.

  • Menjaga dan Mempertahankan Kesuburan Tanah

Fungsi hutan tak hanya untuk memasok oksigen, akan tetapi seluruh tumbuh-tumbuhan yang ada di dalamnya juga turut berperan dalam menyuburkan tanah.

Lewat daun-daun yang berguguran kemudian membusuk dan terurai di atas permukaan, akan menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah. Jika tanah subur, kita dapat mengolahnya menjadi lahan penanaman pohon kembali.

3 dari 4 halaman

Manfaat Hutan

  • Sebagai Sarana Tempat Tinggal Makhluk Hidup

Jutaan manusia dan hewan terdeteksi memilih hunian di dalam hutan. Maka itu, apabila hutan rusak atau hilang, otomatis manusia dan hewan pun kehilangan rumahnya.

Hutan sebagai sarana tempat tinggal makhluk hidup merupakan satu di antara fungsi yang terus dijaga kelestariannya.

  • Menjadi Sumber Keanekaragaman Hayati

Berbagai macam tumbuhan dan tanaman yang berkembang biak di hutan menjadi sumber keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi manusia.

Apakah dimanfaatkan sebagai sumber makanan atau sumber obat-obatan, tumbuhan pada hutan harus terus dilestarikan agar tidak punah hingga masa yang akan datang.

4 dari 4 halaman

Manfaat Hutan

  • Mencegah Terjadinya Bencana Alam

Ketika hutan kita gundul, tidak ada akar yang menahan air dalam tanah. Akibatnya bencana alam, seperti tanah longsor dan banjir, bisa saja sewaktu-waktu terjadi.

Untuk menghindarinya, kita harus selalu melakukan reboisasi atau penanaman kembali agar hutan tetap lebat dan subur serta tidak menimbulkan dampak buruk bagi manusia atau lingkungan sekitar.

Ā 

Sumber: Web Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang

Video Populer

Foto Populer