Sukses


PSG Sudah Bersiap Melanjutkan Hidup Tanpa Kylian Mbappe

Bola.com, Paris - Kylian Mbappe dikabarkan telah setuju bergabung ke Real Madrid pada musim panas 2024. Meskipun belum secara resmi dikonfirmasi, PSG sedang bersiap melanjutkan hidup tanpa megabintang tersebut.

Dalam pertandingan melawan AS Monaco akhir pekan lalu, Sabtu (2/3/2024) diganti, Kylian Mbappe diganti pada jeda babak pertama saat kedua tim masih bermain tanpa gol.

Namun, alih-alih duduk bersama rekan setimnya di bangku cadangan PSG, Mbappe justru memilih untuk bergabung dengan ibunya di tribune.

"Suatu saat nanti kami harus mulai terbiasa bermain tanpa Kylian, saya harus mengambil keputusan terbaik untuk tim,” ujar manajer PSG, Luis Enrique, setelah pertandingan, seperti dikutip dari BBC

Pandit sepak bola Eropa, James Horncastle, percaya keputusan yang diambil Luis Enrique didasarkan atas pertimbangan masa depan klub. Ia tertarik membayangkan PSG tanpa bintang Prancis tersebut dan lebih berfokus mempromosikan pemain akademi di masa depan.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perlu Dikaji Ulang

Namun, PSG masih berada di jalur juara untuk memperebutkan sejumlah trofi musim ini. Oleh sebab itu, kebijakan tidak memanfaatkan bakat Mbappe secara maksimal sebelum ia hengkang perlu dikaji ulang.

Mbappe telah mencetak 26 gol di semua kompetisi untuk PSG musim ini. Sebanyak 21 gol di antaranya ia torehkan di Ligue 1 dan menempatkannya di daftar teratas pencetak gol terbanyak.

PSG sednag dalam jalur untuk mempertahankan gelar Ligue 1, unggul sembilan poin atas Brest yang berada di posisi kedua. Meskipun raihan gelar di kompetisi domestik mudah diraih, PSG belum menemukan keberhasilan Liga Champions hingga saat ini.

Dengan catatan prestasinya yang mentereng di pentas Eropa, tampak miris bagi PSG untuk tidak mendapatkan minimal satu gelar “si kuping lebar” dari salah satu pemain terbaik dunia tersebut sebelum ia pergi. Pemain berusia 25 tahun ini telah mencetak 44 gol dalam 68 penampilan dalam kompetisi Liga Champions selama kariernya.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Takut Menarik Keluar Mbappe

Klub Paris ini telah menempatkan satu kakinya di perempat final berkat unggul 2-0 pada leg pertama 16 besar Liga Champions lawan Real Sociedad. Mereka dapat memastikan tempat di 8 besar apabila mampu menuntaskan laga di Reale Arena, Rabu (6/3/2024) dini hari WIB.

Eks manajer Barcelona, Luis Enrique, tidak takut untuk menempatkan Kylian Mbappe di bangku cadangan atau menggantinya pada paruh pertama. Perengkuh gelar Piala Dunia 2018 tersebut kini telah digantikan dalam dua pertandingan terakhir untuk PSG. Ia digantikan setelah 65 menit dalam hasil imbang 1-1 dengan Rennes setelah gagal mencetak gol.

Dalam pertandingan sebelumnya, yakni kemenangan 2-0 atas Nantes, Mbappe juga memulai dari bangku cadangan. Pada laga tersebut ia berkontribusi dengan mencetak gol kedua PSG dalam kemenangan 2-0.

 

4 dari 4 halaman

Ikuti Jejak Neymar dan Messi

Kepergian Kylian Mbappe musim panas ini akan membuatnya mengikuti jejak Neymar dan Lionel Messi yang meninggalkan PSG dalam 12 bulan terakhir. Itu akan menunjukkan bahwa tim ibu kota Prancis tersebut tidak lagi diperkuat nama-nama megabintang seperti sebelumnya.

Menurut laporan wartawan Prancis, Julien Laurens, ada lima nama yang menjadi incaran PSG untuk direkrut musim panas ini, yaitu winger AC Milan Rafael Leao, striker Napoli Victor Osimhen, gelandang Manchester City Bernardo Silva, gelandang Newcastle United Bruno Guimaraes, dan bek tengah Lille Leny Yoro. (Rayhan Nur Hakim)

Sumber: BBC

Video Populer

Foto Populer