Sukses


Persebaya Akan Ubah Komposisi demi Kalahkan Persija Lagi

Bola.com, Surabaya - Persebaya mulai fokus mempersiapkan pertandingan pekan kedua Shopee Liga 1 2020. Tim Bajul Ijo dijadwalkan bertandang ke markas Persija Jakarta, Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu malam (7/3/2020).

Persebaya berusaha melupakan kegagalan memetik kemenangan dalam laga pembuka Liga 1 2020. Di pekan pertama, tim asuhan pelatih Aji Santoso itu ditahanĀ  1-1 saat menjamu Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (29/2/2020).

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, berencana mengubah komposisiĀ starting elevenĀ untuk menghadapi tim Macan Kemayoran. Gelandang Aryn Williams kemungkinan bakal absen karena mengalami cedera ringan.

"Aryn (Williams) kemarin sedikit ada benturan, yang akhirnya dia diganti. Kami juga masih lihat perkembangan pemain sampai latihan hari Selasa dan Rabu," kata Aji Santoso.

Di laga kontra Persik, Aji menurunkan duet stopper Hansamu Yama dan Arif Satria. Penampilan keduanya tidak buruk karena hanya kebobolan satu gol. Tetapi, tim lawan banyak menggempur pertahanan Persebaya.

Satu di antara opsi yang bisa digunakan pelatih berusia 49 itu adalah dengan menurunkan stopper muda Rizky Ridho. Pemain berusia 19 tahun ini tampil mengesankan saat Persebaya melakoni turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020.

Meski masih muda, Rizky berani berduel dengan striker Persija, Marko Simic, saat kedua tim berjumpa dalam partai puncak turnamen itu pada 20 Februari 2020. Hanya, dia tidak mendapat kesempatan menit bermain kontra Persik.

"Kami lihat nanti, karena kami kan juga punya lima bek tengah. Peluang Ridho terbuka lebar, tinggal nanti kami lihat siapa yang fit, kami akan mainkan," imbuh pelatih asli Malang itu.

2 dari 2 halaman

Bangkitkan Mental

Aji berusaha membangkitkan mental pemain Persebaya setelah hanya meraih hasil imbang melawan Persik. Beruntung, tim asal Kota Pahlawan itu punya catatan apik kontra Persija, selain kemenangan di laga final Piala Gubernur Jatim 2020.

Musim lalu, Persebaya berhasil mempermalukan Persija di hadapan pendukung lawan dalam lanjutan Liga 1 2019. Tim Bajul Ijo membawa pulang poin penuh setelah menang dengan skor 2-1 di Stadion Gelora Bung Karno (17/12/2019).

"Jadi, sekarang kami berusaha memaksimalkan persiapan dua hari untuk melawan Persija. Mudah-mudahan, di Jakarta, kami bisa mengulangi kesuksesan musim kemarin," tutur mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Di sisi lain, ada kemungkinan duel Persija versus Persebaya ini akan dimainkan tanpa penonton atau dipindah ke lokasi lainĀ terkait kabar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau ulang izin keramaian di wilayahnya menyusul terdekteksinya virus Corona.

Video Populer

Foto Populer