Sukses


Peminjaman Pemain Berlanjut, Indikasi PSM Hanya Sekadar Ikut Lanjutan Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Makassar - Langkah manajemen PSM Makassar meminjamkan pemain pilar ke klub Liga 2 terus berlanjut. Terbaru, Juku Eja melepaskan dua pemain, Leo Guntara dan Irsyad Maulana, ke Semen Padang.

Kepastian ini diunggah ke instagram resmi PSM Makassar pada Kamis (24/9/2020) jam 23.00 WITA. Sebelumnya, Ferdinand Sinaga sudah berkostum PSMS Medan serta Dedi Gusmawan yang dipinjamkan ke Sulut United.

Jumlah pemain hengkang diyakini akan bertambah seiring dengan gencarnya sejumlah klub Liga 2 menghubungi manajemen PSM yang terkesan terbuka dengan opsi peminjaman. Nama-nama seperti Abdul Rahman dan Osas Saha paling sering dikaitkan dengan pintu keluar dari Juku Eja.

Kecuali Abdul Rahman baru pulih dari cedera, nama-nama yang disebut diatas kerap dimainkan oleh pelatih PSM Bojan Hodak di laga Piala AFC dan Shopee Liga 1 2020.

Kekuatan Juku Eja kian tergerus menyusul belum munculnya empat pemain asing mereka dalam latihan reguler, yakni Serif Hasic (Bosnia), Hussein El Dor (Lebanon), Giancarlo Rodridues (Brasil) dan Wiljam Pluim (Belanda) plus Ezra Walian, penyerang naturalisasi yang tengah berada di Belanda.

Masa persiapan mepet dan hanya mengandalkan pilar yang tersisa plus mempromosikan sembilan pemain Akademi PSM jadi indikasi kuat bahwa Juku Eja hanya sekadar ikut berpartisipasi dalam lanjutan Liga 1 2020.

Belum lagi, kemungkinan besar mereka tak didampingi Bojan yang statusnya juga belum jelas. Saat ini, skuat Juku Eja ditangani Herrie Setiawan, sang asisten pelatih, yang didampingi Bahar Muharram dan Syafril Usman serta pelatih kiper, Hendro Kartiko.

Langkah PSM ditanggapi beragam oleh kalangan suporter. Seperti ditulis @irawnsyah.17 di akun instagram PSM Makassar.

"Keadaan ini bukan salah PSM dan manajemen. Bayangkan saja, pemasukan tim tak ada karena pertandingan tanpa penonton padahal gaji pemain harus dibayar. Cuma dua pilihan, lepas pemain untuk mengurangi beban tim atau memaksakan tampil dengan materi terbaik tapi keuangan klub hancur."

Ada juga kalimat menyindir untuk PSM Makassar dari @srhmthmawawo: "Selamat berbelanja di PSM Mart kakak. Tidak minat beli pemain asing? Berhubung ada promo cuci gudang bulan ini?"

2 dari 3 halaman

Sudah Diprediksi

Sementara itu, pentolan suporter Juku Eja, Andi Coklat, mengaku sejak awal sudah memprediksi manajemen PSM Makassar akan melakukan langkah meminjamkan pemain. Apalagi sudah menjadi rahasia umum, sebelum Liga 1 2020 terhenti karena pandemi COVID-19, pembayaran gaji pemain pun tersendat.

Menurut Coklat, secara bisnis, apa yang dilakukan manajemen PSM sudah tepat.

"Yang aneh adalah dalam situasi seperti ini masih ada narasi PSM akan berprestasi lebih baik dari musim sebelumnya," tegas Coklat.

Eks jenderal lapangan The Macz Man ini merujuk fakta, dari nama-nama pemain yang sudah ikut berlatih hanya ada tiga pemain yang reguler jadi starter sebelum kompetisi terhenti, yakni Asnawi Mangkualam, Rizky Pellu dan M. Arfan.

"Belum lagi durasi persiapan yang sangat mepet."

PSM akan melakoni laga perdananya menghadapi Persiraja Banda Aceh di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, 4 Oktober mendatang.

"Kita lihat saja nanti. Semoga PSM bisa tampil optimal pada laga nanti," pungkas Coklat.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer