Sukses


5 Pemain Klub Luar Negeri yang Bisa Jadi Pembeda Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Ajang SEA Games 2021 sebentar lagi akan dilangsungkan di Vietnam mulai Mei mendatang. Seperti biasanya, cabang sepak bola selalu jadi primadona. Tahun ini kondisi pun serupa.

Timnas Indonesia U-23 digawangi pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Indonesia masih berburu medali emas di cabang olahraga tersebut. Apalagi Indonesia sudah cukup lama puasa medali emas di ajang SEA Games.

Terakhir kali medali emas mampir ke Tanah air dari cabang olahraga sepak bola terjadi di SEA Games 1991. Atau lebih dari 30 tahun yang lalu.

Tahun ini peluang untuk mengakhiri puasa medali emas itu tetap ada. Peluang itu sepertinya jadi lebih besar jika lima pemain ini dipanggil oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-23.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Elkan Baggott (Ipswich Town)

Peluang Elkan Baggott untuk membela Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021 cukup terbuka. Saat ini Baggott lebih sering bermain di tim U-23 Ipswich Town.

Tim tersebut berlaga di kompetisi regional di Inggris. Seharusnya tidak ada beban bagi Ipswich untuk melepas pemain keturunan Indonesia-Inggris ini.

Jika bisa bergabung, Baggott akan memberikan opsi menarik bagi Shin Tae-yong di SEA Games nanti. Shin bakal punya satu pemain yang sangat bisa diandalkan dalam duel udara.

Selain itu, Baggott belakangan mulai mendapat kesempatan untuk berlatih di tim senior Ipswich. Pengalaman itu akan sangat berharga bagi dirinya.

3 dari 6 halaman

Egy Maulana Vikri (FK Senica)

Egy terus berusaha meningkatkan kariernya di klub Slovakia, FK Senica. Di musim ini, Egy punya peran sangat penting.

Ia mampu tampil 19 kali di semua ajang. Hebatnya, Egy juga mampu mencetak dua gol dan empat assist untuk Senica.

Egy memang saat ini jadi bagian penting di skuad FK Senica. Namun, klub itu dikabarkan sedang tidak dalam kondisi finansial yang bagus.

Jika kondisi itu masih berlanjut sampai bulan depan, peluang Egy untuk membela Timnas Indonesia U-23 di Vietnam cukup terbuka.

4 dari 6 halaman

Witan Sulaeman (FK Senica)

Kondisi Witan Sulaeman tak jauh berbeda dengan Egy. Sejak datang ke Senica, pemain asal Palu ini mulai bisa mengunci tempat di skuad utama.

Pada bulan Mei nanti, tenaga Witan tentu akan dibutuhkan oleh FK Senica. Klub yang identik dengan warna biru itu tentu akan berpikir seribu kali untuk melepas salah satu pemain andalan di lini tengah mereka ini.

Witan Sulaeman sudah tampil empat kali untuk Senica sejak digaet pada Januari lalu. Ia sudah mencetak satu gol sejauh ini.

Ia tampak bisa lebih beradaptasi ketimbang saat ia masih bermain di Serbia dan Polandia pada tahun lalu.

5 dari 6 halaman

Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners)

Agak disayangkan jika pemain satu ini tetap dipanggil ke skuad Timnas Indonesia U-23 di SEA Games tahun ini. Sebab, Asnawi tengah fokus berlaga di kompetisi kasta kedua Korea Selatan.

Apalagi ajang SEA Games bukanlah ajang resmi yang masuk kalender FIFA. Kondisi itu membuat klub pemilik pemain tak wajib melepas pemainnya.

Namun, jika bisa bergabung tentu Asnawi akan menjadi tambahan yang menarik di lini belakang Garuda Muda.

Asnawi bakal memberikan rasa aman di sisi kanan pertahanan. Ia juga bakal menularkan mentalitas pemenang yang ia pelajari di Korea Selatan.

6 dari 6 halaman

Natanael Siringoringo (Kelantan FC)

Winger kelahiran Medan 22 tahun yang lalu ini punya karier yang menarik. Ia memperkuat klub kasta kedua Malaysia, Kelantan FC sejak tahun 2021 lalu.

Siringoringo bisa dikatakan sebagai salah satu winger andalan di klub itu. Di musim ini ia sudah mencetak satu gol untuk Kelantan di Malaysia Premier League.

Jika bisa mempertahankan penampilannya, seharusnya Shin Tae-yong layak memberikan kesempatan bagi pemuda satu ini di SEA Games Vietnam nanti.

Stok winger Timnas Indonesia U-23 memang melimpah sejauh ini. Namun, memberikan kesempatan kepada pemain yang sudah tertempa mentalnya di kompetisi luar negeri bukanlah keputusan yang buruk.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer