Sukses


3 Bek dengan Statistik Terbaik dari Klub Papan Bawah BRI Liga 1: Layak Jadi Rebutan Musim Depan?

Bola.com, Jakarta - Sejumlah klub yang saat ini tengah tersungkur di papan bawah klasemen BRI Liga 1 2023/2024 menyimpan permata tersembunyi yang bisa menjadi target incaran di bursa transfer musim depan.

Meskipun posisinya di klasemen cukup memprihatinkan karena beredar di zona merah, klub-klub ini sebetulnya memiliki pemain bertahan yang memiliki statistik oke. Catatan inilah yang patut jadi perhatian khusus.

Sebab, jika nantinya klub-klub papan bawah ini harus terdegradasi dari kasta tertinggi, para pemain asing ini berpotensi jadi komoditas transfer yang layak diperebutkan untuk BRI Liga 1 musim depan.

Setidaknya, ada tiga bek asing asal klub papan bawah yang mampu mengukir statistik mengesankan sepanjang BRI Liga 1 2023/2024. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 4 halaman

Anderson Salles (Bhayangkara FC)

Bek asing andalan Bhayangkara FC, Anderson Salles, menjadi salah satu pemain yang tampil cukup konsisten di BRI Liga 1 2023/2024. Sayangnya, The Guardian malah tersungkur di zona merah dan menghadapi ancaman degradasi.

Bek berusia 36 tahun itu memang telah jadi tumpuan utama Bhayangkara FC sejak direkrut pada 2021 lalu. Pada musim ini, dia berhasil menyumbangkan dua gol dari total 29 penampilannya.

Statistiknya juga cukup oke. Salles menduduki peringkat kedua catatan intercept dengan mengukir 118 sapuan sepanjang musim. Dalam aspek intersep, dia menghasilkan 132 kali intersep dan duduk di urutan ketujuh.

Selain itu, statistik lainnya yang cukup baik dari pemain asal Brasil ini berada di sektor block. Sepanjang musim, dia mengukir 19 kali blok. Jumlah ini termasuk yang tertinggi ke-9 di BRI Liga 1 2023/2024.

 

3 dari 4 halaman

Javlon Guseynov (Persita Tangerang)

Pemain bertahan berikutnya yang layak masuk dalam radar buruan klub-klub BRI Liga 1 pada bursa transfer yang akan datang ialah Javlon Guseynov. Dia merupakan tulang punggung Pendekar Cisadane meski timnya dalam kondisi tersungkur.

Sepanjang musim, pemain berpaspor Uzbekistan itu mengukir satu gol dan satu assist dari 28 pertandingan. Dia hanya beberapa kali absen. Itu pun karena larangan bermain akibat akumulasi kartu.

Dari segi statistik, penampilannya lumayan menjanjikan. Javlon Guseynov jadi pemain yang mengukir jumlah sapuan terbanyak ke-6 dengan 98 kali clearances. Dia juga terhitung kuat dalam duel udara.

Sebab, Guseynov menghasilkan 20 kali header won dan duduk di urutan ke-8. Pemain berusia 32 tahun ini juga sangat baik dalam melakukan intersep. Sebab, catatannya mencapai 137 kali intercept dan jadi pemain dengan catatan terbanyak keempat.

Satu aspek lainnya yang memperlihatkan keunggulan pemain ini berada dalam sektor passing. Dia menghasilkan total 132 passing dan menempati urutan ke-10 terbanyak di BRI Liga 1 2023/2024.

4 dari 4 halaman

Charles Almeida (Arema FC)

Ancaman degradasi yang membayangi Arema FC sepanjang musim ini memang patut membuat pemainnya ketar-ketir. Kalaupun Singo Edan benar-benar turun kasta, salah satu bek yang layak diburu ialah Charles Almeida.

Performa bek asal Brasil ini terhitung konsisten. Setidaknya itu terbukti dari 27 penampilannya di BRI Liga 1 2023/2024. Dia hanya tercatat tiga kali absen memperkuat Singo Edan pada musim ini.

Statistiknya juga membuktikan bahwa pemain ini punya kualitas. Statistik terbaiknya berada dalam aspek sapuan. Pemain berusia 28 tahun itu mengukir 101 clearances dan ini jadi jumlah terbanyak keempat di BRI Liga 1.

Selain itu, dia juga sukses menghasilkan 22 block untuk menempati peringkat keempat terbanyak. Yang terakhir, dia menempati peringkat keempat jumlah passing terbanyak dengan 1.048 pass.   

Video Populer

Foto Populer