Sukses


Keutamaan Membaca Al-Qur'an Surah Al-Anfal Ayat 72, Ketahui Isi Kandungannya

Bola.com, Jakarta - Membaca Al-Qur'an merupakan satu di antara cara yang bisa dilakukan umat muslim untuk mendapat pahala dari Allah Swt.

Jumlah surah yang adal di alam Al-Qur'an adalah 114. Setiap surah yang ada dalam Al-Qur'an memiliki makna dan keutamaan bagi pembacanya.

Satu di antara surah dalam Al-Qur'an yang memiliki keutamaan ketika membacanya adalah surat Al-Anfal, tepatnya pada ayat 72.

Surah Al-Anfal ayat 72 berisi tentang sahabat anshor yang sering membantu, menolong, serta menyediakan segala keperluan kaum muhajirin, seperti menyediakan tempat bermukim hingga membagi hartanya.

Dari kisah sahabat ansar dan muhajirin, umat muslim dapat meneladani perilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari. Sesama umat muslim harus saling bahu membahu, agar bisa meringankan beban saudara muslim lainnya.

Berikut ini keutamaan membaca Al-Qur'an surah Al-Anfal ayat 72 dan makna di dalamnya, disadur dari Dream, Kamis (1/12/2022).

2 dari 4 halaman

Bacaan Surat Al-Anfal Ayat 72

Inna ladziina aamanuu wahaajaruu wajaahaduu bi-amwaalihim wa-anfusihim fii sabiili laahi walladziina aawaw wanasharuu ulaa-ika ba'dhuhum awliyaau ba'dhin walladziina aamanuu walam yuhaajiruu maa lakum min walaayatihim min syay-in hattaa yuhaajiruu wa-ini istansharuukum fii ddiini fa'alaykumu nnashru illaa 'alaa qawmin baynakum wabaynahum miitsaaqun walaahu bimaa ta'maluuna bashiir

Terjemahan

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah maka tidak ada kewajiban sedikit pun bagimu melindungi mereka, sampai mereka berhijrah. (Tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah terikat perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Anfal: 72)

3 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Surah Al-Anfal Ayat 72

Adapun keutamaan membaca surah Al-Anfal ayat 72 adalah:

  1. Bisa mendapatkan hidayah yang sempurna dari Allah.
  2. Bisa dicintai sesama manusianya, lebih-lebih dicintai oleh Allah.
  3. Akan mendapatkan kemudahan dalam setiap mengerjakan amal kebaikan.
  4. Mendapatkan kebahagiaan, baik lahir ataupun batin.
  5. Hati akan makin tenang, bersih, serta tenteram.
  6. Akan dijauhkan dari sifat-sifat tercela.
4 dari 4 halaman

Kandungan Surat Al-Anfal Ayat 72

Isi kandungan surah Al-Anfal ayat 72 adalah sebagai berikut:

  1. Kaum muhajirin dan ansar telah memberikan teladan dalam mujahadah nafs. Maka itu hubungan antara mereka di Kota Madinah tidak bisa disamakan dengan masyarakat Islam lainnya.
  2. Hubungan antara sesama muslim di Madinah sangat erat, bahkan seperti satu keturunan sehingga tidak lagi membedakan kewajiban dan haknya. Hubungan antara mereka dengan kaum muslim di Madinah hanya karena diikat atas dasar keimanan saja.
  3. Kaum muhajirin mengalami penyiksaan, kekejaman, kekerasan yang dilakukan oleh kaum kafir, tetapi mereka tetap sabar dalam iman.
  4. Kaum anshor berjanji kepada Nabi Muhammad untuk bersama-sama berjuang, serta bersedia untuk menolong baik dari harta, jiwa, dan sebagainya. Demi keberhasilan perjuangan Islam.
  5. Saling tolong-menolong, saling melindungi, serta hidup berdampingan antarkaum ansar dan kaum muhajirin.
  6. Semua apa yang dikerjakan oleh hambanya di dunia, Allah mengetahui serta melihatnya.
  7. Kaum ansar dan muhajirin sama-sama berjihad dengan jiwa dan hartanya atas dorongan keimanan kepada Allah.
  8. Ada peristiwa menarik ketika hijrah, antara orang muslim Makkah dan Madinah di antaranya. Kaum muhajirin ikut hijrah bersama Nabi Muhammad ke Madinah, sedangkan kaum ansar menyambut serta menolong kaum muhajirin.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Ulyaeni Maulida. Published: 4/2/2021)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer