Sukses


Tahan Imbang Belgia, Ujian Mentalitas Pemain Muda Timnas Inggris Jelang Euro 2024

Bola.com, London - Gelandang Timnas Inggris, Jude Bellingham mendapat pujian atas sikap pantang menyerahnya oleh manajer Inggris, Gareth Southgate.

Pemain berusia 21 tahun berhasil menyelamatkan wajah Inggris dari kekalahan pada laga persahabatan melawan Belgia di Wembley, Rabu (27/3/2024) dini hari WIB.

Tim yang berada di peringkat ketiga FIFA itu menjadi salah satu tim favorit untuk memenangkan Euro 2024. Inggris pun meningkatkan persiapannya dengan dua pertandingan persahabatan sengit melawan Brasil dan Belgia.

Brasil sukses mencetak gol di menit akhir pada akhir pekan lalu untuk memberikan kekalahan pertama bagi Inggris dalam 15 bulan terakhir. Catatan tersebut hampir saja makin diperparah oleh Belgia dalam pertandingan di Wembley dini hari tadi.

Pemain tengah Belgia, Youri Tielemans, membuka skor di awal laga memanfaatkan kesalahan Jordan Pickford. Tidak lama berselang, Ivan Toney berhasil mengonversi penalti pada penampilan debutnya di timnas senior. Namun, Tielemans kembali memberi keunggulan untuk Belgia usai memaksimalkan blunder bek Inggris, Lewis Dunk.

2 dari 4 halaman

Mainoo Istimewa

Pemain debutan inggris lainnya, Ezri Konsa dan Kobbie Mainoo yang masih berusia 18 tahun juga memberikan kesan positif. Mainoo berhasil tampil gemilang dalam laga yang berakhir imbang 2-2 setelah Bellingham menyelamatkan Inggris lewat golnya di penghujung laga.

"Aku suka karena aku tahu cacian yang akan kita terima jika kita kalah dalam dua pertandingan berturut-turut," ucap gelandang Real Madrid tersebut kepada Channel 4.

Bellingham juga menyebut bahwa dua pertandingan persahabatan yang dijalani Inggris ini akan membantu skuadnya menuju Euro 2024. Ia juga merasa orang-orang akan bersikap negatif terhadap hasil yang diperoleh Three Lions dalam dua laga tersebut.

"Kalian harus tetap rasional. Kami memiliki banyak pemain yang melakukan debut dan banyak pemain yang belum pernah bermain bersama. Kami menciptakan banyak peluang. Seharusnya aku sudah mencetak gol sebelumnya. Aku senang bisa membayar kepercayaan tim," imbuh Bellingham.

3 dari 4 halaman

Puji Jude Bellingham

Pelatih Inggris, Gareth Southgate pun turut memberi pujian. Menurutnya, Jude Bellingham menjadi sorotan dalam pertandingan tersebut berkat tekad dan golnya di menit akhir.

"Sikap kompetitif, keinginan untuk tidak kalah, keinginan untuk menang pada akhirnya menjadi penentu dalam mendapatkan gol di menit akhir,” ungkap Southgate.

Aksi gemilang Bellingham pada dini hari tadi membawa harapan Euro 2024 untuk timnas Inggris. Kendati demikian, Three Lions menghadapi kesulitan dalam dua laga persahabatan itu karena penuh tantangan dan diwarnai dengan cedera.

4 dari 4 halaman

John Stones Cedera

Dalam pertandingan yang sengit melawan Belgia dini hari tadi, John Stones keluar dari lapangan lebih cepat. Bek Manchester City ditarik ke luar lapangan pada menit ke-10 setelah diduga terdapat masalah dengan otot adduktor.

Southgate memiliki banyak hal yang dapat dipertimbangkan sebelum mengumumkan skuad awalnya pada 21 Mei. Kemudian, skuad tersebut akan kembali dikerucutkan menjadi 23 pemain pada 8 Juni yang siap membela Inggris di Euro 2024.

"Dalam hal mengetahui 23 pemain, saat ini ada begitu banyak yang tidak diketahui dalam hal siapa yang mungkin tersedia. Jadi, ya, penampilan ini sangat penting bagi para pemain untuk melihat apakah mereka bisa bermain melawan lawan tingkat tinggi," pungkas Southgate. (Rayhan Nur Hakim)

Video Populer

Foto Populer